Sabtu, 21 Juli 2018

Nunut Sholat di Masjid Besar Sukorejo



Nunut Sholat di Masjid Besar Sukorejo - Perjalanan yang panjang yang kami tempuh ke Magelang, mengantarkan saya singgah sejenak untuk melaksanakan sholat di masjid besar Sukorejo ini. Bangunannya yang sederhana tapi memikat, simple dan terawat kebersihannya itu kesan pertama saya melihat.  Tempat wudhunya juga bersih, di dalam ruangannya juga nyaman. Mukena yang saya pinjam juga, harum baunya membuat betah. Apalagi dalam masjid bagian wanita, duh ... luar biasa adem. Bikin betah.

masjid agung masjid agung surabaya masjid agung demak masjid agung tuban masjid agung gresik masjid agung sidoarjo masjid agung banten masjid agung kediri masjid agung sumenep masjid agung malang masjid agung lamongan masjid agung madiun masjid agung bandung masjid agung palembang masjid agung bangkalan masjid agung ponorogo masjid agung magetan masjid agung pacitan masjid agung cirebon masjid agung jember masjid agung aceh masjid agung al akbar masjid agung an nur kota batu masjid agung al azhar masjid agung al hidayah masjid agung an-nur kediri jawa timur masjid agung al hidayah malang masjid agung ampel masjid agung al fattah mojokerto masjid agung al munawwar tulungagung masjid agung al falah masjid agung annur masjid agung al aqsha klaten masjid agung arosbaya masjid agung al ikhlas masjid agung al hidayah donowarih masjid agung al furqon masjid agung at tin masjid agung adalah masjid agung al aqsha klaten kabupaten klaten jawa tengah


Masjid besar Sukorejo ini juga biasa disebut dengan Masjid Kauman Sukorejo, status tanahnya sendiri wakaf dengan luar tanah 500 dan luas bangunan 430. Lokasi tepatnya di Jl. Kauman Sukorejo, tidak jauh dari alun-alun kota Sukorejo. Letak yang saling berdekatan antara alun-alunsukorejo, warung makan Brongkos Daging tidak jauh. Sembari jalan-jalan, sembari makan pun kita tidak akan meninggalkan ibadah wajib. Hmmm ... perjalanan yang sempurna ya Gengs!

Yang menarik dari masjid agung Sukorejo



masjid agung masjid agung surabaya masjid agung demak masjid agung tuban masjid agung gresik masjid agung sidoarjo masjid agung banten masjid agung kediri masjid agung sumenep masjid agung malang masjid agung lamongan masjid agung madiun masjid agung bandung masjid agung palembang masjid agung bangkalan masjid agung ponorogo masjid agung magetan masjid agung pacitan masjid agung cirebon masjid agung jember masjid agung aceh masjid agung al akbar masjid agung an nur kota batu masjid agung al azhar masjid agung al hidayah masjid agung an-nur kediri jawa timur masjid agung al hidayah malang masjid agung ampel masjid agung al fattah mojokerto masjid agung al munawwar tulungagung masjid agung al falah masjid agung annur masjid agung al aqsha klaten masjid agung arosbaya masjid agung al ikhlas masjid agung al hidayah donowarih masjid agung al furqon masjid agung at tin masjid agung adalah masjid agung al aqsha klaten kabupaten klaten jawa tengah



Ada lemari jam tua

Jadi saya sempat mengintip tempat imam untuk sholatnya, tapi saya urung mengambil gambar hehehehe ... saya justru terpikat dengan jam yang bentuknya sama besar dengan lemari. Ada di sudut kanan, dimana selalu mengingatkan kita dengan waktu yang sejenak ini maka jangan pernah meninggalkan yang wajib. Jam besarnya sangat antik, kemungkinan peninggalan dari jaman dahulu.

Ada kolam ikan dan taman bunga


masjid agung masjid agung surabaya masjid agung demak masjid agung tuban masjid agung gresik masjid agung sidoarjo masjid agung banten masjid agung kediri masjid agung sumenep masjid agung malang masjid agung lamongan masjid agung madiun masjid agung bandung masjid agung palembang masjid agung bangkalan masjid agung ponorogo masjid agung magetan masjid agung pacitan masjid agung cirebon masjid agung jember masjid agung aceh masjid agung al akbar masjid agung an nur kota batu masjid agung al azhar masjid agung al hidayah masjid agung an-nur kediri jawa timur masjid agung al hidayah malang masjid agung ampel masjid agung al fattah mojokerto masjid agung al munawwar tulungagung masjid agung al falah masjid agung annur masjid agung al aqsha klaten masjid agung arosbaya masjid agung al ikhlas masjid agung al hidayah donowarih masjid agung al furqon masjid agung at tin masjid agung adalah masjid agung al aqsha klaten kabupaten klaten jawa tengah


Sementara dekat dengan tempat wudhu dibangun taman beberapa bunga yang berjejer dan kolam ikan yang menampakkan kesegarannya karena terdengar riak airnya. Kolamnya sedang dibangun setengah jadi, di situ juga ada para pekerja yang masih mengerjakan sisanya. Saya jadi penasaran akan jadi seperti apa nantinya.

Ada pohon yang kayak di daerah Arab sana


Kurang tahu ini pohonnya namanya apa, tapi dari bentuk dan daunnya lucu. Kurang lebih sama kayak yang di Arab sana, yang mana beberapa teman yang pergi ke Makah sana ada beberapa foto tanaman seperti ini. Atau saya yang sok tahu, makanya iseng ngejpret ini pohon karena cabangannya banyak, serta ada serabut yang menjuntai turun. Tanaman ini juga Cuma satu doang di depan masjid, nambah kesan eksotis banget nih masjid. Pengen tahu sebenarnya sejarahnya dulu gimana tapi perjalanan harus terus dilanjutkan. Semoga bisa menambah informasi kalau kalian lagi singgah di alun-alun, nggak perlu bingung untuk mencari tempat sholat karena masjidnya dekat banget. Salam!

masjid agung masjid agung surabaya masjid agung demak masjid agung tuban masjid agung gresik masjid agung sidoarjo masjid agung banten masjid agung kediri masjid agung sumenep masjid agung malang masjid agung lamongan masjid agung madiun masjid agung bandung masjid agung palembang masjid agung bangkalan masjid agung ponorogo masjid agung magetan masjid agung pacitan masjid agung cirebon masjid agung jember masjid agung aceh masjid agung al akbar masjid agung an nur kota batu masjid agung al azhar masjid agung al hidayah masjid agung an-nur kediri jawa timur masjid agung al hidayah malang masjid agung ampel masjid agung al fattah mojokerto masjid agung al munawwar tulungagung masjid agung al falah masjid agung annur masjid agung al aqsha klaten masjid agung arosbaya masjid agung al ikhlas masjid agung al hidayah donowarih masjid agung al furqon masjid agung at tin masjid agung adalah masjid agung al aqsha klaten kabupaten klaten jawa tengah
aula masid Agung Sukorejo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!