Senin, 16 Juli 2018

Brongkos Daging Alun-Alun Sukorejo



Brongkos Daging Alun-Alun Sukorejo - Makanan dengan nama Brongkos, sudah sering saya dengar tetapi baru kali ini saya mencicipinya. Enak dan lezat, bahkan seporsi nasi berserta lauk brongkos tandas tidak bersisa. Apa karena saya yang kelaperan, hehehe ...

brongkos brongkos daging brongkos jogja brongkos ayam brongkos adalah brongkos tahu brongkos handayani brongkos kambing brongkos koyor brongkos telur brongkos sayur brongkos diah didi brongkos handayani jogja brongkos solo brongkos itu apa brongkos pisang brongkos bu padmo brongkos warung ijo bu padmo brongkos ati ampela brongkos temanggung brongkos sukorejo  brongkos daging brongkos jogja brongkos ayam brongkos adalah brongkos tahu brongkos handayani brongkos kambing brongkos koyor brongkos telur brongkos sayur brongkos diah didi brongkos handayani jogja brongkos solo brongkos itu apa brongkos pisang brongkos bu padmo brongkos warung ijo bu padmo brongkos ati ampela brongkos temanggung brongkos sukorejo brongkos alkid brongkos alkid handayani brongkos alkid handayani kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta brongkos ati brongkos ala diah didi brongkos anjing brongkos apa brongkos artinya arti brongkos alas brongkos aneka brongkos alamat brongkos bu padmo alas brongkos blitar bumbu brongkos ayam resep brongkos ati ampela sayur brongkos adalah nasi brongkos adalah brongkos bu padmi brongkos blitar brongkos bu padmo jogja brongkos bu rini brongkos bumbu brongkos bu seti yogyakarta city special region of yogyakarta brongkos bu prih brongkos buncis brongkos blitar jatim brongkos bu carik brongkos babi brongkos berasal dari brongkos bersholawat brongkos bantul brongkos bu padmo harga brongkos bu sri brongkos bu padmo alamat bumbu brongkos daging sapi bumbu brongkos tahu
Pengen ke sini lagi, nagih brongkosnya


Brongkos yang ada di warung nasi depan alun-alun Sukorejo ini, memang terkenal enak gengs. Kalau kalian kebetulan lewat, dan pernah nyobain biasanya bakalan balik lagi. Sepintas sih brongkos mirip rawon, karena sama-sama menggunakan daging dan warnanya cokelat. Tetapi kuahnya beda dengan rawon yang saya cicipi di H.Masduki Pekalongan. Brongkos lebih kental kuahnya, sementara rawon lebih encer. Kalau saya amati memang keduanya berbeda, pada kekentalan dan rasa. Rasa dari kuah brangkos lebih berat, kalau rawon enteng. Mungkin karena santen yang ada di brongkos, lebih banyakan dari rawon.

Mengenal kuliner Brongkos


Setelah melakukan beberapa kali browsing daerah asal brongkos sebenarnya, belum begitu jelas. Ada dari Demak, Jogja dan lain-lain tetapi dari segi penyajian juga berbeda ditiap kota untuk brongkosnya. Tetapi katanya brongkos sendiri, diambil dari bahasa Inggris dan Perancis lho gengs! Berawal dari brown dan horst, yang mana artinya daging cokelat. Lidah orang Jawa tahu sendiri gimana? Dalam pengucapan masih sedikit sulit, makanya jadi brongkos.

brongkos brongkos daging brongkos jogja brongkos ayam brongkos adalah brongkos tahu brongkos handayani brongkos kambing brongkos koyor brongkos telur brongkos sayur brongkos diah didi brongkos handayani jogja brongkos solo brongkos itu apa brongkos pisang brongkos bu padmo brongkos warung ijo bu padmo brongkos ati ampela brongkos temanggung brongkos sukorejo  brongkos daging brongkos jogja brongkos ayam brongkos adalah brongkos tahu brongkos handayani brongkos kambing brongkos koyor brongkos telur brongkos sayur brongkos diah didi brongkos handayani jogja brongkos solo brongkos itu apa brongkos pisang brongkos bu padmo brongkos warung ijo bu padmo brongkos ati ampela brongkos temanggung brongkos sukorejo brongkos alkid brongkos alkid handayani brongkos alkid handayani kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta brongkos ati brongkos ala diah didi brongkos anjing brongkos apa brongkos artinya arti brongkos alas brongkos aneka brongkos alamat brongkos bu padmo alas brongkos blitar bumbu brongkos ayam resep brongkos ati ampela sayur brongkos adalah nasi brongkos adalah brongkos bu padmi brongkos blitar brongkos bu padmo jogja brongkos bu rini brongkos bumbu brongkos bu seti yogyakarta city special region of yogyakarta brongkos bu prih brongkos buncis brongkos blitar jatim brongkos bu carik brongkos babi brongkos berasal dari brongkos bersholawat brongkos bantul brongkos bu padmo harga brongkos bu sri brongkos bu padmo alamat bumbu brongkos daging sapi bumbu brongkos tahu


Dulunya di Jogja sendiri brongkos jarang ditemukan, karena hanya dikonsumsi untuk anggota kerajaan dan mereka yang mempunyai turunan darah biru. Namun berbeda sekarang, Brongkos sudah bisa dinikmati masyarakat umum. FYI gengs, brongkos termasuk salah satu menu favoritnya Sultan Hamengkubuwono X lho! Menu darah biru cuy!

Karena saya lebih suka daging sapi dibandingkan dengan ayam, saya menikmati brongkos yang saya santap di daerah Sukorejo ini. Warung yang saya jambangi ini penuh sesak, bahkan kami harus antri untuk dapat menikmatinya. Sahabat saya Gita bilang, “Di sini brongkosnya enak Mba”. Setelah saya buktikan sendiri rasanya, duh bikin ketagihan dan pengen kembali lagi ke sana. Apalagi pas keceplus sama cabe rawitnya, ketika mengunyah nasi dan dagingnya, beuuuh! Endes Gengs! Semoga ada rezeki dan waktu luang untuk kembali bertandang.


brongkos brongkos daging brongkos jogja brongkos ayam brongkos adalah brongkos tahu brongkos handayani brongkos kambing brongkos koyor brongkos telur brongkos sayur brongkos diah didi brongkos handayani jogja brongkos solo brongkos itu apa brongkos pisang brongkos bu padmo brongkos warung ijo bu padmo brongkos ati ampela brongkos temanggung brongkos sukorejo  brongkos daging brongkos jogja brongkos ayam brongkos adalah brongkos tahu brongkos handayani brongkos kambing brongkos koyor brongkos telur brongkos sayur brongkos diah didi brongkos handayani jogja brongkos solo brongkos itu apa brongkos pisang brongkos bu padmo brongkos warung ijo bu padmo brongkos ati ampela brongkos temanggung brongkos sukorejo brongkos alkid brongkos alkid handayani brongkos alkid handayani kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta brongkos ati brongkos ala diah didi brongkos anjing brongkos apa brongkos artinya arti brongkos alas brongkos aneka brongkos alamat brongkos bu padmo alas brongkos blitar bumbu brongkos ayam resep brongkos ati ampela sayur brongkos adalah nasi brongkos adalah brongkos bu padmi brongkos blitar brongkos bu padmo jogja brongkos bu rini brongkos bumbu brongkos bu seti yogyakarta city special region of yogyakarta brongkos bu prih brongkos buncis brongkos blitar jatim brongkos bu carik brongkos babi brongkos berasal dari brongkos bersholawat brongkos bantul brongkos bu padmo harga brongkos bu sri brongkos bu padmo alamat bumbu brongkos daging sapi bumbu brongkos tahu
tandas bersih brongkosnya


Kalau kalian udah coba brongkos belum gengs? Sharing yuk, rasa brongkos yang pernah kamu cobain dan dimana letak warung makannya. Siapa tahu saya bisa menyambanginya kapan-kapan ketika jalan-jalan.

7 komentar:

  1. piring terakhir udah mendekati kinclong. Hehehe
    eh ya lho ku pikir ini rawon tapi beda kuah ya.

    BalasHapus
  2. Ya ampun itu makannya langsung ludes gitu udah pasti enak nih ya mba brongkosnya. MAu ah skali skali mencobanya. Sambalnya pedes, mba?

    BalasHapus
  3. Aku baru dengar mbak brongkos ini :D

    BalasHapus
  4. Aku kurang suka rawon mbak, tapi brongkos ini siapa tau lebih enak ya karena kuahnya kental.

    BalasHapus
  5. Masyaallah cakep yaa apa deh namanya. kalau gak inget lagi diet mah bisa nambah dua piring nih kayaknya. mantap jiwa mba:D

    BalasHapus
  6. Baru tahu nih aku sama brongkos. Jadi penasaran rasanya gimana

    BalasHapus
  7. Ya ampuuun hahahaah ternyata makanan ini campuran Inggris dan Perancis tooo, haha iso jd Brongkos ya nyebutnya :D
    Mendadak ngebayangin zaman penjajahan dulu hehe.
    Tengkyu ulasannya mbak, jd tau sejarah jg :D

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^