Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku Anak Timun Mas Dongeng 3D Nusantara

 

Resensi Buku Anak Timun Mas Dongeng 3D Nusantara - Membaca buku anak Dongeng 3D Nusantara, Timun Mas. Mengingatkan saya dengan cerita-cerita legenda di Indonesia. Yang sudah lama sekali terlupakan. Coba dongeng nusantara apa yang masih kamu ingat sampai sekarang, teman?




buku cerita timun mas isi buku timun mas jumlah halaman buku timun mas resensi buku timun mas identitas buku timun mas ringkasan cerita timun mas ukuran buku timun mas cerita rakyat timun mas singkat
Cover Buku Anak Timun Mas Dongeng 3D Nusantara




           

Dongeng menurut KBBI sendiri, memiliki arti cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dengan kata lain, dongeng merupakan kehidupan yang diciptakan dan dituliskan oleh kata-kata.

 

Cerita timun mas sendiri, sangat dihafal mati oleh anak-anak. Yang mana menceritakan sebuah timun emas, yang di dalamnya berisi seorang bayi dan ditemukan oleh Petani. Bagaimana dengan buku dongeng 3D Nusantara Timun mas ini? Apakah memiliki cerita yang sama? Mari kita baca review buku ini.

 

 

Identitas Buku Anak Timun Mas (Golden Cucumber Girl)

 

 

Judul               : Timun Mas (Golden Cucumber Girl)

Penulis            : Lilis Hu

Ilustrasi           : Lia S. Associates

Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer

Tanggal Rilis   : 29 Januari 2019

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 62 Halaman

Harga : Rp38.500

 

 

 

Sinopsis Buku Anak Timun Mas (Golden Cucumber Girl)

 

 

Dalam ketimun ajaib ditemukan seorang bayi

Membuat Pak Tani dan Bu Tani bersuka hati

Namun raksasa jahat datang pada suatu hari

Akankah kebahagiaan mereka tersebut abadi?

 

A magic cucumber lay hidden with baby it glowered within

Both farmer and wife found hearts doting fondly loving delight

Shattering fine day came giant so evil with purpose of sin

Shall happiness return ever yonder from horrid dark plight?

 

 

Resensi Buku Anak Timun Mas



buku cerita timun mas isi buku timun mas jumlah halaman buku timun mas resensi buku timun mas identitas buku timun mas ringkasan cerita timun mas ukuran buku timun mas cerita rakyat timun mas singkat
Ilustrasi Timun Mas di Buku Anak Timun Mas Dongeng 3D Nusantara




Dongeng Nusantara Timun mas, yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer ini ditulis ulang oles Lilis Hu. Menariknya ditulis dengan dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Anak maupun orang tua jadi bisa belajar bersama. Selain itu saya paling suka gambar-gambarnya. Ini yang dinamakan gambar 3D dalam dongeng kali ya, jadi seakan benar-benar hidup gitu. Nyata.

 

            Cerita Timun Mas dimulai dari sebuah desa yang memiliki tanah yang keras. Hidup sepasang suami istri yang rajin bekerja. Mereka memberi nama anaknya dengan Timun Mas. Dia anak yang baik, cantik, dan tidak manja.

 

            Timun Mas sebenarnya bukan anak sepasang petani tersebut, tetapi berasal dari buah mentimun ajaib yang berwarna emas dan tumbuh di kebun milik pak tani dan bu tani.

 

            Bermula dari Pak Tani yang bekerja di sawah seperti biasanya, dan menemukan celah-celah tanaman yang mengeluarkan cahaya. Di situlah timun mas diketemukan. Timun raksasa, yang diselimuti dedaunan berwarna emas.




buku cerita timun mas isi buku timun mas jumlah halaman buku timun mas resensi buku timun mas identitas buku timun mas ringkasan cerita timun mas ukuran buku timun mas cerita rakyat timun mas singkat
Isi dalam Buku Anak Timun Mas Dongeng 3D Nusantara


 

Ternyata dalam mentimun berisi seorang bayi

Bayi gemuk yang lucu sedang tertidur

Pak Tani dan Bu Tani yang belum memiliki bayi

Merawat bayi Timun Mas dengan rasa syukur

 

The cucumber contained a baby miraculously

A cute chubby baby she laid fast asleep

The farmers had longed for blessedly

Now grateful with child they cared for complete

 

(halaman 12)

 

            Sampai Timun Mas tumbuh besar, sehat, kuat, dan cantik jelita tidak ada masalah yang terjadi. Eh datang raksasa jahat bernama Buto Ijo yang ingin memakan Timun Mas. Orang tua Timun Mas khawatir, mereka menyuruh Timun Mas untuk lari menjauh menyelamatkan diri.

 

            Timun Mas dibekali jarum peniti, segenggam garam, dan sepotong terasi sebagai senjata penangkal. Benda tersebut adalah benda pusaka yang diberikan seorang peri, yang pernah dirawat oleh Bapak dan Ibu tani tersebut.

 

            Dapatkan Timun Mas menyelamatkan diri dari sergapan Buto Ijo yang ganas? Apakah yang terjadi dengan jarum peniti tersebut? Bagaimana jarum peniti, garam, dan sepotong terasi bisa menyelamatkan Timun Mas? Jawabannya ada dalam buku Dongeng 3D Nusantara Timun Mas.

 

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Dongeng Nusantara Timun Mas Adalah

 



buku cerita timun mas isi buku timun mas jumlah halaman buku timun mas resensi buku timun mas identitas buku timun mas ringkasan cerita timun mas ukuran buku timun mas cerita rakyat timun mas singkat
Cover belakang Buku Anak Timun Mas Dongeng 3D Nusantara



 

  • Kisah Timun Mas mengajari untuk selalu berbakti kepada orang tua, agar hidup menjadi berkah
  • Pak Tani dan Ibu Tani mengajari kita agar rajin dalam bekerja dan mengerjakan segala sesuatu
  • Pak Tani dan Ibu Tani juga telah membantu banyak orang, termasuk peri yang pernah terluka
  • Kisah Timun Mas memberikan pelajaran, untuk selalu menjadi orang yang baik dan lain sebagainya.

 

Selamat membaca, Dongeng Nusantara Timun Mas. Tidak hanya berisikan cerita yang manis, tetapi juga gambar-gambar yang apik. Cerita serupa dengan Timun Mas, ada juga Review Buku Anak Elpa Bilang Maaf.

19 komentar untuk "Resensi Buku Anak Timun Mas Dongeng 3D Nusantara"

  1. Suka kangen baca Dongeng, apalagi kalau dikasih text dalam bahasa inggris juga, berasa keren haha.. Tapi kembali lagi sih, selalu ada pelajaran dibalik sebuah dongeng.

    BalasHapus
  2. Kok aku tetiba rindu dongeng Nusantara kayak gini ya?
    Menarik bgt dijadikan bonding Ibu dan anak ini mah.... dongeng sebelum tidur :D

    BalasHapus
  3. inget banget deh masa SD aku bikin karya tulisan di kertas karton besar gitu cerita tentang dongen timun mas.

    BalasHapus
  4. Jadi inget jaman SD suka baca-baca buku dongeng, kayanya anak sekarang harus lebih dikenalkan lagi dengan buku dongeng ya

    BalasHapus
  5. Ini cerita klasik banget yang akrab ketika saya masih kecil. Harapannya anak-anak saya dan generasi seterusnya juga akan tetap akrab dengan cerita ini

    BalasHapus
  6. Huwaa jadi kangen baca dongeng-dongeng nusantara. Kalau nggak salah dulu pernah difilmkan ya mbak Timun Emas. Btw kalo di film-nya Ghibli Studio yang setipe sama Timun Emas judulnya Princess Kaguya, bedanya si anak muncul dari bambu. Hehe.

    BalasHapus
  7. Jadi ingat ikutan acara festival literasi bacaan anak minggu lalu, kata narasumbernya buku harus menyesuaikan perkembangan teknologi dan zaman, termasuk buku timun mas ini ya pakai teknologi 3D biar anak-anak makin tertarik baca buku

    BalasHapus
  8. Aku suka cerita timun mas ini tapi seinget aku kayaknya belum pernah aku bacain cerita Timun Mas ini, baca postingan ini kepikiran buat baca ke si kecil

    BalasHapus
  9. Waktu SD suka banget sama cerita kaya Timun Mas Gini. Memang bacaan yang cocok untuk anak-anak maupun orang tua ya mba katena ada nilai baik di dalamnya.

    BalasHapus
  10. Buku yang selalu saya bacakan untuk anak nih, jadinya anak sampai hapal cerita timun mas.

    BalasHapus
  11. Aku juga suka dengan cerita Timun Mas. Sejak kecil, aku paling suka dengan dongeng nusantara seperti ini. Btw, ini keren ya 3D begitu, anak-anak sekarang pasti suka nih.

    BalasHapus
  12. wahh dongeng ini legend banget
    dulu aku juga di dongengin ini sama papaku, wah skrg ada bukunya ya, wah bisa nih aku bacain juga dongeng ini ke anak anakku

    BalasHapus
  13. Nuhun, Nyi..
    Anakku aku ceritain persis yang kamu tulis di sini, mereka so happy.
    Dan semoga, dengan menceritakan anak-anak kisah rakyat, bisa mengambil pelajaran yang baik.

    BalasHapus
  14. Waah buku dongeng timun mas ini dulu buku favorit di perpustakaan SD. Tapi jaman dulu bukunya masih sederhana. Sekarang colourfull dan pakai dua bahasa yaa..

    BalasHapus
  15. timun mas ini salah satu dongeng legend waktu kecil ya, dan memang banyak pesan di dalamnya yang bisa diturunkan dari generasi ke generasi. Eh jadi penasaran deh dengan 3Dnya, pasti anak2 jadi bakal terpancing ya imajinasinya mba

    BalasHapus
  16. wah bagus ini versi bahasa Indonesia dan Inggris dalam satu buku. Gambar-gambar ilustrasinya juga bagus. Kalau begini, anak-anak pasti bakal tertarik buat baca buku dongeng

    BalasHapus
  17. Ini salah satu dongeng rakyat kesukaan saya dan anak-anak, ini bagus ya bilingual dan apik ilustrasinya buat anak-anak

    BalasHapus
  18. Duh favorit ini waktu kecil. Pas banget lagi bingung cari cerita utk si bontot minta dongeng mau tidur hihiih

    BalasHapus
  19. Eh, dongen Timun Mas masih ada sampek sekarang ya. Jadi nostalgia...

    BalasHapus