Rabu, 10 Januari 2018

Ubi Cilembu Di Kaliwungu Manisnya Mengigit


Ubi Cilembu Di Kaliwungu Manisnya Mengigit - Ubi Cilembu adalah ubi jalar, yang berasal dari ras lokal daerah Pamulihan, Sumedang Jawa Barat. Ubi Cilembu sudah populer sejak tahun 1990-an, umumnya ubi cilembu disajikan di bakar, di rebus, di oven, atau di kukus. Ubi Cilembu juga dikenal dengan nama 'Umbi Madu', karena ketika kita mengkonsumsinya keluar lengket seperti madu dan rasanya manis. Manisnya ubi Cilembu membuat yang mengonsumsinya, mendapatkan tenaga ekstra.

ubi cilembu ubi cilembu jogja ubi cilembu bakar ubi cilembu untuk diabetes ubi cilembu untuk bayi ubi cilembu adalah ubi cilembu kukus ubi cilembu bogor ubi cilembu berasal dari mana ubi cilembu di solo ubi cilembu di semarang ubi cilembu sumedang ubi cilembu pdf ubi cilembu asli ubi cilembu di jogja ubi cilembu purwokerto ubi cilembu di karawang ubi cilembu klaten ubi cilembu terdekat ubi cilembu rebus ubi cilembu kalori ubi cilembu asam urat ciri ubi cilembu asli supplier ubi cilembu asli jual ubi cilembu asli ubi cilembu untuk asam lambung ubi cilembu untuk asam urat bolu ubi cilembu alamat jual ubi cilembu asli si madu agen ubi cilembu apakah ubi cilembu bagus untuk diet resep ubi cilembu untuk anak apakah ubi cilembu baik untuk diet alamat ubi cilembu artikel ubi cilembu


Karena kandungan gulanya tinggi, ubi cilembu mudah sekali gosong. Ubi cilembu juga sebaiknya jangan direbus, mengapa? Karena aroma madunya akan hilang dan memudar. Itu sebabnya mengapa banyak di jalur pantura, banyak sekali ubi Cilembu dijajakan, dengan cara dibakar dan di oven. Tetapi banyak juga ubi Cilembu yang dibuat makanan keripik, selai, dodol, keripik, syrup dan lain sebagainya.

Ubi Cilembu di Kendal Kaliwungu


Sudah dua kali saya mencicipi ubi Cilembu yang ada di Kendal, tepatnya berada di Jl. Raya Timur Kaliwungu. Yang bersebelahan dengan pasar pagi, Kaliwungu dekat dengan kereta. Jika anda berada dari arah Jakarta, berarti posisi warung ubi Cilembu di sisi kiri jalan. Begitu sebaliknya dari arah Semarang berarti di kanan jalan.


ubi cilembu ubi cilembu jogja ubi cilembu bakar ubi cilembu untuk diabetes ubi cilembu untuk bayi ubi cilembu adalah ubi cilembu kukus ubi cilembu bogor ubi cilembu berasal dari mana ubi cilembu di solo ubi cilembu di semarang ubi cilembu sumedang ubi cilembu pdf ubi cilembu asli ubi cilembu di jogja ubi cilembu purwokerto ubi cilembu di karawang ubi cilembu klaten ubi cilembu terdekat ubi cilembu rebus ubi cilembu kalori ubi cilembu asam urat ciri ubi cilembu asli supplier ubi cilembu asli jual ubi cilembu asli ubi cilembu untuk asam lambung ubi cilembu untuk asam urat bolu ubi cilembu alamat jual ubi cilembu asli si madu agen ubi cilembu apakah ubi cilembu bagus untuk diet resep ubi cilembu untuk anak apakah ubi cilembu baik untuk diet alamat ubi cilembu artikel ubi cilembu


Harga sekilonya pas saya membeli kalau tidak salah Rp 18 / 20 ribu waktu itu. Dan dapetnya banyak banget, sehari nggak habis karena dimakan saya sendiri waktu ngekost di Kaliwungu.

Rasa dari ubi Cilembu yang saya beli, manis banget! Saya langsung suka, apalagi waktu itu saya membeli dalam cuaca sehabis hujan. Ketika kulitnya saya hilangin, ada lelehan berbentuk seperti madu itulah sebab mengapa ubi cilembu juga dikenal dengan nama ubi madu. Isi daging ubi Cilembu, kenyal, padat dan banyak. Kan ada tuh, yang dari luar bentuknya gede ketika kita kupas mlompong isinya.

Warnadari ubi Cilembu, ialah krem saat mentahnya dan ketika masak setelah dioven atau bakar jadi kuning. Saya justru demen kalau banyak lelehan madunya, artinya ubi Cilembu tersebut manis.

Kandungan gizi ubi Cilembu

·       Kadar gula alami ada pada ubi Cilembu, dalam artian cocok sekali untuk penderita diabetes yang umumnya menghindari makanan manis. Aman deh, sebagai pengganti nasi.

·       Buat kamu yang lagi diet, nih! Ubi Cilembu ternyata setara dengan 4 gram serat. Yang artinya cukup untuk menjaga tubuh dengan energinya. Kebutuhan dari pagi, siang dan malam. Saya sendiri telah membuktikan, kalau ubi Cilembu bisa membuat saya nggak lapar. Waktu beli emang lagi males makan nasi, akhirnya malam makan ubi. Keesokan paginya aku makan ubi lagi, Alhamdulillah nggak kekurangan energi.

·       Ubi Cilembu mencegah paru-paru dan kanker mulut, keren banget ya? Udah dibuktikan dengan adanya penelitian di Harvard University, penderita kanker dan paru-paru disuruh mengonsumsi ubi cilembu dan 32 persennya sembuh.

ubi cilembu ubi cilembu jogja ubi cilembu bakar ubi cilembu untuk diabetes ubi cilembu untuk bayi ubi cilembu adalah ubi cilembu kukus ubi cilembu bogor ubi cilembu berasal dari mana ubi cilembu di solo ubi cilembu di semarang ubi cilembu sumedang ubi cilembu pdf ubi cilembu asli ubi cilembu di jogja ubi cilembu purwokerto ubi cilembu di karawang ubi cilembu klaten ubi cilembu terdekat ubi cilembu rebus ubi cilembu kalori ubi cilembu asam urat ciri ubi cilembu asli supplier ubi cilembu asli jual ubi cilembu asli ubi cilembu untuk asam lambung ubi cilembu untuk asam urat bolu ubi cilembu alamat jual ubi cilembu asli si madu agen ubi cilembu apakah ubi cilembu bagus untuk diet resep ubi cilembu untuk anak apakah ubi cilembu baik untuk diet alamat ubi cilembu artikel ubi cilembu


·       Vitamin A dalam ubi Cilembu, bisa menjaga daya imun tubuh kita. Betakaroten dan antioksidannya, menangkal radikal bebas yang menyebabkan kita mengalami  penuaan dini. Dih ... banyak banget sih manfaat ubi Cilembu. Sayang banget nih, buat yang nggak demen ama ubi heheh ... dan masih banyak manfaat lainnya.

Pengen nyoba juga rasa ubi Cilembu alias ubi madu? Kalian bisa beli di Jl Raya Timur Kaliwungu ya, buat yang tinggal di Seputaran Kendal. Letaknya bersebelahan dengan pasar Pagi. Selamat hunting!


Salam 

13 komentar:

  1. Jadi inget pas hamil kemarin pengen ubi Cilembu

    BalasHapus
  2. Wah favoritku ini😍

    BalasHapus
  3. Ubi cilembu kesukaan saya bgt. Pas dimakan pas hujan2 bareng teh anget tanpa gula ;)

    BalasHapus
  4. Di semarang dan kendal juga ada ya ubi cilembu, tapi lebih enak ubi cilembu yang di bandung aslinya 😊

    BalasHapus
  5. Di semarang dan kendal juga ada ya ubi cilembu, tapi tetep lebih enak ubi cilembu asli yang di bandung 😊

    BalasHapus
  6. Wah,, aku malah baru ngerti mbak :D

    BalasHapus
  7. Waah enak nih ubi cilembu, anak2ku aja pada suka

    BalasHapus
  8. Banyak kandungan gizinya ya, sayangnya aku lebih suka ubi yg biasa itu Nyi. Yang warna ungu atau ubi jawa itu

    BalasHapus
  9. Skrg di sini juga makin banyak yg jualan mbak. Katanya lgsg diekspor dr cilembu. Kalo nanem di sini rasanya beda. Hehe

    Ubinya maknyus memang. Cocok buat teman di jalan. Pengganjal perut.

    BalasHapus
  10. Eh bisa nih mampir Kaliwungu kalo lagi jalan ke Pekalongan untuk makan ubi Cilembu,, enak euy

    BalasHapus
  11. aduh jd pengen makan ubi cilembu

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!