Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku Anak Rara Jonggrang Dongeng 3D Nusantara


Resensi Buku Anak Rara Jonggrang Dongeng 3D Nusantara - Rara Jonggrang atau Roro Jonggrang merupakan cerita Nusantara, dari Jawa Tengah. Masih ada yang kenal kisah ini? Nah, Bhuana Ilmu Populer menerbitkan dalam bentuk bilingual book yang ditulis oleh Lilis Hu.



buku dongeng pdf buku dongeng anak pdf judul buku dongeng kumpulan buku dongeng buku dongeng sebelum tidur baca buku dongeng buku cerita dongeng pendek




 

Jadi anak dapat belajar cerita sejarah, sekaligus belajar bahasa Inggris. Selain itu gambar yang ada di dalamnya berbentuk 3D, garapan Archipelago Legend oleh ilustrator Loa S. Associates. Anak-anak akan terhibur melihatnya.

 

 

Detail Judul Buku Dongeng Anak Rara Jonggrang
 

 

Judul                : Rara Jonggrang

Penulis             : Lilis Hu

Ilustrasi           : Lia S. Associates

Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer

Tanggal Rilis   : 18 Desember 2016

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 62 Halaman

Harga              : Rp44.000

 

 

Sinopsis Buku Anak Rara Jonggrang Dongeng 3D Nusantara


 

Prabu Bondowoso menginginkan Rara Jonggrang, sebagai istri Rara Jonggrang meminta dua sumur dan seribu candi. Demi Rara Jonggrang, Prabu Bondowoso menyanggupi.

Dapatkah Rara Jonggrang melepaskan diri?

 

King Bondowoso was hasty and eager to marry Rara Jonggrang She ordered for two wells and one thousand temples be built overnight He smiled confidently and agreed to her outrageous plan Will ever she found freedom, an escaped from this plight?

 

 

Review Baca Buku Dongeng Anak Rara Jonggrang 




buku dongeng pdf buku dongeng anak pdf judul buku dongeng kumpulan buku dongeng buku dongeng sebelum tidur baca buku dongeng buku cerita dongeng pendek


 

 

Ada seorang raksasa perkasa yang saktinya luar biasa. Tidak ada yang menandingi, sehingga ia diangkat menjadi seorang raja. Dia bernama Prabu Baka.

 

Meski Prabu Baka raksasa, ia punya putri yang amat cantik bernama Rara Jonggrang. Wujud putri Prabu Baka, sesosok manusia yang cantik jelita.

 

Di tempat lain ada kerajaan lain yang sangat istimewa, bernama Penging. Rajanya mempunyai kekuatan batin, yang bisa mendatangkan tenaga gaib sebagai pengiring.

 

Melihat kerajaan lain sangat makmur, Prabu Baka murka. Ia ingin menguasai kerajaan Penging, Prabu Baka yang serakah dan kejam menyerang dan menghabisi semua yang melawan. Banyak rakyat yang menderita dengan ulahnya tersebut.

 

Raja Penging tidak tinggal diam begitu saja, ia mengutus Prabu Bondowoso untuk membalas penderitaan rakyatnya yang tersakiti agar bisa bebas kembali. Berangkatlah Prabu Bondowoso untuk berperang. Ia punya ajian bandung. Yang mana kebal dari segala macam benda tajam dan keras. Jadi rintangan apa pun yang menyakitinya, bisa ditebas dengan gampang. Akhirnya setelah bertarung dengan sengit, Prabu Baka pun tewas. Rara Jonggrang sebagai anak, sangat cemas.

 

Kabar kemenangan Bondowo, sampai ke Raja Penging ia pun diberikan hadiah menempati istana Prambanan dan diberikan kekuatan batin yang dimiliki oleh Raja Penging. Prabu Bondowoso amat senang, ia juga ingin meminang Rara Jonggrang. Sayangnya Rara Jonggrang tidak mau, tetapi ia juga tidak bisa meloloskan diri.

 

Lalu Rara Jonggrang meminta seribu canti, beserta dua buah sumur (halaman 26)

 

Bila Prabu Bodwoso dapat memenuhi semua permintaan putri. Rara Jonggrang bersedia berjanji untuk dijadikans ebagai istri.  (halaman 28)

 

Tentu saja Prabu Bondowoso menyanggupinya dong, ia lantas meminta bantuan bala tentara dari berbagai alam untuk membantunya membuat seribu candi. Apakah akan berhasil? Ternyata satu demi satu candi berhasil dibangun, Roro Jonggrang mengamati dari jauh. Ia harus menggagalkan rencana Prabu Bondowoso membuat seribu candi. Berhasilkan ia menggagalkan rencana tersebut? Apakah janji akan ditepati? Atau justru diingkari? Temukan jawabannya dalam buku anak Rara Jonggrang Dongeng 3D Nusantara.

 

Membaca cerita Rara Jonggrang, seakan bernostalgia dengan cerita legenda di masa lalu. Kalau nggak salah ingat dahulu juga ada tayangannya, tapi saya lupa. Pembangunan seribu candi, dengan perjuangan dalam semalam untuk mendapatkan putri menjadi istri yang diimpi-impikan. Buku anak Rara Jonggrang ini termasuk buku dongeng sebelum tidur atau juga buku cerita dongeng pendek yang seru sekali untuk diceritakan ulang.



buku dongeng pdf buku dongeng anak pdf judul buku dongeng kumpulan buku dongeng buku dongeng sebelum tidur baca buku dongeng buku cerita dongeng pendek


 

 

Pelajaran yang Dapat Diambil dari Cerita Rara Jonggrang


 

  • Dalam mempunyai keinginan, kita tidak boleh serakah. Semua harus dimiliki, sehingga membuat orang lain membenci
  • Raja yang adil dan makmur, justru sangat dicintai. Maka jadilah orang yang baik agar banyak orang yang mencintai
  • Menepati janji itu adalah hal yang paling penting, untuk menjadi seseorang yang dipercaya.
  • Mengingkari janji merupakan perbuatan yang tidak terpuji. Maka harus dihindari
  • Kita dapat belajar sejarah masa lampau, dari sebuah buku atau dongeng yang ada. Sehingga kita bisa menceritakannya ulang. Dongeng nusantara termasuk cerita yang harus dijaga dan dikenal oleh orang Indonesia sebagai warganegaranya.

 

            Ada juga dongeng Nusantara Timun Mas, yang bisa dibaca di blog ini juga lho. Selamat membaca review buku yang lain,  yuk tingkatkan minat membaca! Karena dengan membaca kita bisa keliling dunia. Salam.

8 komentar untuk "Resensi Buku Anak Rara Jonggrang Dongeng 3D Nusantara"

  1. Penuh dgn muatan inspirasi ya.
    Gambarnya baguuuss banget
    Pasti buibu muda hepi kalo bacain buku ini utk anaknya

    BalasHapus
  2. Bukunya menarik banget. Anak jadi mengenal cerita rakyat, gambarnya menarik, dan tersedia dalam dua bahasa.

    BalasHapus
  3. Buku Roro Jongrang dengan cerita platform membantu pembaca menikmati versi literasi lain.

    BalasHapus
  4. Semoga tidak hanya dongeng roro jonggrang yang dijadikan buku, masih banyak dongeng yang menyimpan pesan mendidik untuk anak seperti malin kundang, akan menarik jika disajikan dalam bentuk 3d.

    BalasHapus
  5. Menarik banget ini. Bangga deh, cerita rakyat Indonesia sudah dibuatkan ke dalam buku dongeng menarik, ilustrasi gambar keren, dan bahkan sudah berbentuk 3D.

    BalasHapus
  6. Rara Jonggrang salah satu dongeng yang saya sukai karena cerdik

    Dia mampu memperdaya Prabu Bondowoso,

    simbol perempuan yang enggak semonggo dawuh, tapi punya daya upaya

    BalasHapus
  7. Wah... ilustrasinya cakep♡ seru ya buku anak-anak sekarang, bisa baca cerita rakyat sekaligus belajar bahasa inggris. Harusnya anak-anak semakin terpacu nih buat lebih semangat membaca.

    BalasHapus
  8. Cerita roro jongrang bikin kita terhibur nih. Anak jadi tahu dogeng nusantara dan hikmah ceritanya

    BalasHapus