Jumat, 19 Januari 2018

Sepenggal Kisah yang Tertinggal dari Pecel Lele


Sepenggal Kisah yang Tertinggal dari Pecel Lele - Pecel lele, apa yang ada di benak kamu kalau ngebaca atau dengar menu makanan ini? Antara pecel dan lele pastinya kan? Pecel lele  adalah satu dari sekian makanan khas yang ada di Jawa Tengah. Biasanya penyajiannya ada lele, sambal dan lalapan. Lelenya digoreng kering, tapi makin ke sini lelenya juga ada yang menyajikan dengan digoreng tepung. Kala disuruh milih suka yang mana? Saya pilih yang digoreng kering soalnya renyah dan dagingnya benar-benar masak.

pecel lele  pecel lele lela pecel lele lamongan pecel lele terdekat pecel lele dekat sini pecel lele mubarok pecel lele pak jo pecel lele santan pecel lele enak pecel lele lela depok pecel lele bandung pecel lele lela galaxy pecel lele lela kota depok jawa barat pecel lele lela margonda pecel lele enak di tangerang pecel lele lela tebet pecel lele lela delivery pecel lele jakarta pecel lele kremes pecel lele lela tutup pecel lele lela bogor pecel lele adalah pecel lele ayam pecel lele artinya pecel lele abdul jati pecel lele ayam penyet pecel lele aligator pecel lele amos pecel lele ayo mampir pecel lele ayam brayan jaya pecel lele alam sutera pecel lele angel pecel lele ampang pecel lele adventure pecel lele aas rolani pecel lele ayam goreng sambal pecel lele asli lamongan pecel lele shah alam pecel lele lela antapani pecel lele lela antapani bandung pecel lele mubarok alamat


Food Story of pecel lele

Nggak semua kisah yang tertinggal dalam ingatan harus dilupakan bukan? Begitu juga dengan sejarah pecel lele dari masa ke masa, di tengah masyarakat Lamongan kuno. Ketika Sunan Giri, salah satu dari kesembilan wali menyebarkan ajaran Agama Islam ke Jawa dan sampai ke kota Lamongan. Sunan Giri singgah ke rumah Mbok Rondo, di desa Barang Lamongan. Pusaka yang beliau bawa ke mana-mana dilepaskannya, supaya tidak menarik perhatian. Beliau tidak sadar jika salah satu senjata yang dilepaskannya telah hilang. Dibantu oleh penguasa Lamongan, Ronggo Hadi mengutus pemuda sakti dengan nama Bayapati untuk melaksanakan titah pencarian pusaka yang hilang tersebut.


Bayapati sukses mendapatkan pusaka? Tentu saja, tetapi ada ujian kembali yang datang, ada salah satu murid dari Sunan Giri yang justru ingin merebut pusaka tersebut. Bayapati segera menceburkan diri ke sungai yang penuh dengan ikan lele, untuk menyelamatkan dirinya.

Joko Luwuk sang murid yang menjadi penghianat tersebut, mengira Bayapati telah meninggal karena dimakan ikan lele nyatanya kebalikannya. Keegoisan membuat seseorang jadi serakah, Joko Luwuk juga demikian hingga dia berucap sumpah, bahwa anak keturunannya tidak akan makan hingga kapanpun. Meski cerita sudah terlewati berabad lalu, ada juga yang masih percaya ada juga yang lebih memilih untuk menikmati lezatnya ikan lele apalagi jika disandingkan dengan sambal hehehe ...

Pecel lele Lamongan di sepanjang jalan

Tidak di Jawa Tengah, di Jawa Timur dan di Bali saya sering menjumpai pecel lele dijajakan oleh pedagang kaki lima. Banyak sekali yang menawarkan menu khas ini. Kalau ditelisik pecel lele artinya dari khas mana, menurut cerita berasal tentunya menjadi khasnya Jawa Timur dimana letak kota Lamongan berada. Dan di Lamongan sendiri pecel dikenal dengan sebutan 'pecek', yang berarti lauk yang dipenyet dengan sambal atau istilah tenar sekarang 'penyetan'.


pecel lele  pecel lele lela pecel lele lamongan pecel lele terdekat pecel lele dekat sini pecel lele mubarok pecel lele pak jo pecel lele santan pecel lele enak pecel lele lela depok pecel lele bandung pecel lele lela galaxy pecel lele lela kota depok jawa barat pecel lele lela margonda pecel lele enak di tangerang pecel lele lela tebet pecel lele lela delivery pecel lele jakarta pecel lele kremes pecel lele lela tutup pecel lele lela bogor pecel lele adalah pecel lele ayam pecel lele artinya pecel lele abdul jati pecel lele ayam penyet pecel lele aligator pecel lele amos pecel lele ayo mampir pecel lele ayam brayan jaya pecel lele alam sutera pecel lele angel pecel lele ampang pecel lele adventure pecel lele aas rolani pecel lele ayam goreng sambal pecel lele asli lamongan pecel lele shah alam pecel lele lela antapani pecel lele lela antapani bandung pecel lele mubarok alamat

Pecel lele Madiun

Waktu saya singgah ke tempat saudara di Madiun, saya sempat mencoba nasi pecel leleMadiun. Penampilan pecel lele Madiun sendiri berbeda dengan yang disajikan di Kendal, kemungkinan ini sesuai kekhasan masing-masing daerah. Jadi lelenya digoreng tepung, ada juga yang digoreng kering lantas pecelnya bukan berasal dari lalapan.  Tetapi dari pecel sayuran dengan sambal kacangnya, selain itu diberi tambahan kerupuk tepung. Sama-sama enaknya sih, kalau bagi saya sendiri. Saya suka penyajiannya yang menggunakan daun pisang dipincuk ala kadarnya, nafsu makan seakan naik. Tapi berat tubuh nggak melar-melar ini, hahaha ... ada yang salah dengan tubuh saya? Aih ... jangan nyuruh saya minum combantrin ya #ups


Salam

13 komentar:

  1. Kalo di melayu pecel namanya pecal, pake ketupat n mie kuning. Sambal kacangnya beda dan teksturnya masih kasar. Sbg orang jawa timur asli belum bisa moveon sm pecel madiun wkwk

    BalasHapus
  2. Aku seumur umur belum pernah makan Lele bahkan mba karena takut liatnya hihi. Cuma bapak dan adik laki2 ku suka bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku awalnya juga nggak suka mba hahaha
      gimana gitu rasanya wkwkwk tp yang kering doyan

      Hapus
  3. Enaknyaaa punya badan yang ga gampang melar, Nyii...
    Bersyukuurr banget.

    Suami aku niih...penggemar lele akut!
    Tapi aku rada geleuh masaknya.

    Jadi jarang masak sendiri, kalo pingiiin banget, beli aja gitu...barang tiga atau empat biji.
    Enyaakkk...
    Uda lengkap sama lalap dan sambel.

    Maknyuuss~~

    BalasHapus
  4. Baru tau pecel lele ada sejarahnya 😅

    Saya suka makan lele kalau beli di tukang pecel lele tapi kalau masak lele sendiri saya justru geli dan ga mau makan, haha

    BalasHapus
  5. pecel lele emang makanan yang Indonesia banget ya.. hihi

    BalasHapus
  6. Kesukaanku, pecel lele lamongan hihi :)

    BalasHapus
  7. Haduh jadi lapar baca ini. Favorit banget ini waktu masih tinggal di Jogja dulu. Saya sukanya yang digoreng kering, terus nasinya nasi uduk. Biasanya sampe kepala-kepalanya juga saya makan karena crunchy banget hihihi...

    BalasHapus
  8. Ada temenku yang setiap kita keluar nyari makan, dia maunya pecel lele melulu. Sampe aku dan temen-temen lainnya yang bosan mbak, hihi.

    BalasHapus
  9. Ngiler lihat foto pecek lele madiunnya mbk. Nyobain ah heheh
    Anakku suka makan lele. Di sini aa juga jual pecel lele. Tapi enggak pakai peyek

    BalasHapus
  10. Enak ya pecel lele. Ibuku suka banget ini

    BalasHapus
  11. Baca kaya ginian tengah malem jadi laper pengen ke warung sebelah wkwk

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!