Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapapun Bisa Jadi Brand Owner Bisnis Kosmetik Asal Tekun

Mirror, mirror on the wall

Siapa yang paling cantik di sini?

 

Sudahkah anda bercermin? Apakah yang terjadi dengan kulit wajah anda? Segar, terawat, sehat, atau justru kusam? Sudah saatnya anda bertindak dan melakukan perawatan untuk wajah, pun lakukan gaya hidup dengan sehat dan seimbang.

 

Siapapun Bisa Jadi Brand Owner Bisnis Kosmetik Asal Tekun



Perawatan kecantikan disebut-sebut sebagai salah satu peluang yang menjanjikan. Oleh sebab itu banyak brand kecantikan berlomba-lomba menjadi yang terdepan.

 

Seorang perempuan rela merogoh kocek besar lho untuk membeli produk kecantikan dan skincare agar penampilannya makin sempurna. Jadi tidak heran jika pangsa pasar bisnis kosmetik sangat luas. Terlebih menjaga kesehatan kulit adalah investasi masa depan.

 

Siapa yang tidak ingin punya kulit wajah sehat, cantik, dan berseri?

 

Nah jika anda sebagai pemakai sekaligus ingin berbisnis kosmetik tidak ada salahnya mencoba. Ini dia langkah awal memulainya.

 

5 Tips Bisnis Kosmetik untuk Pemula

 

1. Memulai dengan menjadi reseller

 

Langkah pertama saat anda memutuskan untuk berbisnis kosmetik, lakukan dengan menjadi reseller atau dropshiper. Tapi pastikan bahwa kualitas produk tersebut baik, aman, dan punya BPOM. Bisa juga pilih yang dipakai oleh selebriti atau orang ternama.

 

Mengapa demikian? Karena penjualannya akan jauh lebih mudah daripada produk yang sama sekali belum terkenal.

 

Keuntungan menjadi reseller atau dropshiper anda tidak perlu untuk mengemas barang, kaena sudah dihandle oleh pihak pertama. Memudahkan bukan? Tinggal fokus dalam mencari konsumen saja.

 

 

2. Berjualan secara online

 

Jualan jaman sekarang sudah sangat mudah, cukup melalui ponsel yang tersambung ke internet anda sudah bisa jualan produk kecantikan. Bisa melalui media sosial, marketplace, dan lingkungan sekitar.

 

 

3. Membuka toko juga tidak ada salahnya

 

Ini yang sering terjadi pada reseller atau dropshiper yang sudah menuai keuntungan besar, mereka mulai membuka toko kosmetik sendiri di rumah. Tidak ada salahnya berlaku demikian, karena bisa jadi tetangga dekat akan mampir dan membeli produkmu.

 

4. Persiapkan sampel untuk dicoba calon pembeli

 

Jenis kulit manusia berbeda-beda, kurang lebihnya da lima jenis perbedaan tersebut. Maka apa yang anda pakai belum tentu cocok untuk orang lainnya.

 

Siapapun Bisa Jadi Brand Owner Bisnis Kosmetik Asal Tekun



Sebaiknya sediakan sampel untuk dicoba calon pembeli yang mampir ke toko anda, dengan memberikan sample siapa tahu yang awalnya nggak jadi beli karena sudah mencoba jadi membeli.

 

5. Buatlah packaging yang menarik dan aman

 

Salah satu yang membuat menarik minat konsumen adalah pengemasan yang menarik, apalagi untuk usia remaja. Jika packaging tidak bisa diubah, maka buatlah inovasi dengan mempercantik paper bagnya.

 

Ketika melakukan pengiriman jangan lupa gunakan bubble wrap agar aman, hal ini berguna agar pelanggan merasa senang dan puas.

 

Semoga 5 tips untuk berbisnis kosmetik di atas, dapat memberikan gambaran untuk anda. Dan jika sudah menguasai dalam jualan online bisnis kosmetik, tidak ada salahnya anda menjadi brand owner sekarang. Bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini.

 

5 Tips Sukses Membangun Bisnis Kosmetik dan Kecantikan

 

 

Bisnis yang paling meroket di tahun ini menurut The NPD Group, perusahaan yang berfokus market research mengabarkan jika bisnis kosmetik merupakan penyumbang terbesar sebanyak 45 persen dari total keuntungan industri ritel.

 

Hal ini memberikan kesempatan untuk siapa saja dalam memulai bisnis kosmetik, tapi jangan sampai menjadi bumerang karena terlalu banyaknya pesaing. Anda harus mengambil konsep yang unik dan kreatif agar menang dalam persaingan tersebut. Apa saja tips suksesnya? Ini dia :

 

 

1. Mengikuti trend tidak masalah tapi pahami juga kebutuhan konsumen

 

Brand yang uptodate lebih dipilih ketimbang yang tertinggal, maka lakukan riset dengan trend yang sedang berkembang. Amati brand kosmetik sejenis, pantau juga rubik fashion, video YouTube, dan lain sebagainya agar banyak trend anda kantongi dan terapkan. Cari tahu hal uptodate apa dan inovasikan.

 

2. Bangun image dan lekatkan brand dengan baik

 

Brand anda ingin dikenal seperti apa? Citra apa yang sedang ingin dibangun? Misalnya brand kosmetik yang mengusung bahan alami, brand yang ramah lingkungan, dan lain sebagainya.

 

3. Berikan kemudahan pada konsumen menemukan brand

 

Banyak channel untuk berbelanja di era digital ini, bisa melalui media sosial maupun marketplace, pastikan target konsumen anda menemukan sasaran. Jalin juga kerjasama diberbagai bidang yang relevan dengan bisnis kosmetik yang sedang digeluti. Hal ini membuat brand bisa dikenal lebih banyak lagi orang.

 

4. Jalin kerjasama dengan produsen kosmetik dan prioritaskan keamanannya

 

Terpenting yang jangan sampai dilewatkan adalah keamanan produk kosmetik itu sendiri, pastikan standar keamanannya terjamin. Ada izin dari BPOM dan MUI halal. Pantau juga bahan-bahan yang digunakan.

 

siapapun-bisa-jadi-brand-owner-bisnis-kosmetik-asal-tekun



Jalin kerjasama dengan produsen kosmetik juga hal yang penting nih, sekarang udah ada PT ADEV Natural Indonesia yang merupakan jasa maklon kosmetik dan personal care dengan slogan 'Solusi Bisnis Kosmetik'.

 

Sebagai informasi PT ADEV Natural Indonesia memiliki pabrik kosmetik golongan A dan selalu mengembangkan produk-produk kosmetik yang berkualitas, berstandar BPOM, dan mengikuti standar CPKB.

 

PT ADEV Natural Indonesia berlokasi di Bogor dan mampu memproduksi berbagai produk perawatan tubuh maupun kosmetik. Dari sabun batang sebagai produk unggulan, haircare, skincare, bodycare, men’s corner (produk perawatan khusus pria), sampai kosmetik untuk bibir.

 

Memang @adev.official ini spesial maklon kosmetik yang terpercaya, jadi jangan salah pilih partner kerjasama.

 

5. Pilih brand ambassador yang tepat

 



Dalam memilih brand ambassador produk kecantikan, akan membantu mempromosikan produk lebih luas maka pilih yang memiliki fans besar dan citra positif.


18 komentar untuk "Siapapun Bisa Jadi Brand Owner Bisnis Kosmetik Asal Tekun"

  1. Adev ini memang sangat membantu mewujudkan impian orang-orang yang ingin jadi owner dari bisnis kosmetiknya sendiri ya.
    Terlebih, zaman sekarang kosmetik lagi sangat digandrungi, pokoknya kencengin marketingnya aja :D

    BalasHapus
  2. wah ternyata gak sesulit yang dibayangkan ya, menarik juga nih kalo punya brand sendiri tapi butuh modal gede juga

    BalasHapus
  3. Wah mantap ya, bersama PT ADEV kita jadi bisa punya brand skincare sendiri yang bisa dicustom sesuai keinginan kita

    BalasHapus
  4. Wah langsung termotivasi bikin bisnis kosmetik nih, apalagi semuanya dipermudahkan dengan hadirnya Adev.

    BalasHapus
  5. setuju nih mbaa.. dimulai dulu dari reseller nanti kalo udah dapet pangsa pasar bisa membangun bisnis sendiri yaa mba. Bisnis kosmetik emang bener2 jadi pilihan yang tepat sih apalagi udah ada PT. Adev yang menaungi.. jadi memudahkan banget

    BalasHapus
  6. wah mantep banget nih tips nya Mbak. Jadi pengen juga punya brand kosmetik sendiri. mudah2an ya bisa terwujud. Pilih produsen kosmetiknya juga harus tepat ya kaya PT ADEV ini.

    BalasHapus
  7. Keren banget dehh pokoknya apalagi produk lokal sebagus itu pastinya deh sip

    BalasHapus
  8. Makasih banget tipsnya, kebetulan aku emang mau lagi rintis usaha sendiri

    BalasHapus
  9. Zaman sekarang peluang usaha banyak ya, mau jualan apa aja bisa dan tanpa modal juga udah bisa.

    Apalagi jualan kosmetik, pasti ada aja pasarnya karena dasarnya semua perempuan ingin cantik. Kuncinya konsisten dan fokus kalau mau mengembangkan bisnis..

    BalasHapus
  10. wah bermanfaat banget ini tipsnya.ternyata ga terlalu sulit ya kalo kita mau bikin brand sendiri

    BalasHapus
  11. Adev ini menawarkan paket pemula gak sih, mbak? Hehehe lumayan kan kalau baru mulai bisa dengan modal yang kecil dulu

    BalasHapus
  12. Wow kalo punya modal pengen nih bikin bisnis begini. Siapa tau bisa nyaingin Felicya Angelista haha.. Kudu siapin modal sm riset2 dulu nih.

    BalasHapus
  13. Setuju yang bagian mengikuti trend, tapi tidak mengenyampingkankebutuhan pelanggan. Bener si krn pelanggan adalah raja ya kan ya

    BalasHapus
  14. Dari dulu kepikiran pengen banget coba bisnis kosmetik sendiri tapi maju mundur, baca artikel ini jadi optimis lagi pengen cobain

    BalasHapus
  15. Aku pengen sih bikin brand sendiri suatu hari nanti
    Tapi yg sulit bukan bikin produknya tapi memasarkan produknya.
    Bisa dibantu jg gak sih soal pemasaran

    BalasHapus
  16. dari lama tuh sebenernya pengin bikin brand sendiri, meski bukan kosmetik. Dulu juga sempet jualan kosmetik, jadi reseller brand besar gitu kayak membernya yang bantu marketingnya mereka. Tapi ya begitu, magernya ini

    BalasHapus
  17. Waaah menarik banget adev ini bisa mewujudkan cita cita beautypreneur untuk punya brand sendiri. Makasih banyak reviewnya kak. Jadi tertarik untuk punya brand sendiri 🥰

    BalasHapus