Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi


Sehat dan Bersih Saat Menstruasi - Dalam rangka memeringati Hari Kebersihan Saat Menstruasi yang jatuh pada tanggal 28 Mei, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia bersama Betadine Indonesia menyelenggarakan zoominar, dengan tema 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi'.




darah menstruasi adalah siklus menstruasi adalah cara menghitung siklus menstruasi fase menstruasi adalah gejala saat menstruasi penyebab menstruasi
Sehat dan Bersih Saat Menstruasi




 

Ada 1.000 perempuan Indonesia yang mengikuti zoominar tersebut di lansir dari press release Betadine Indonesia. Sesuai dengan tujuan yang ingin memberikan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Selaras dengan hal ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat  dan sesuai kebutuhan.

 

 

Nara sumber yang hadir dalam mengdukung acara ini ada

 

 

  • Prof Dr.dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH. Beliau adalah Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), MPH
  • Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. Beliau adalah Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, wilayah Jakarta
  • Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi OktaviaHandayani, M. Epid
  • Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia.
  • Serta host cantik Novita Angie.

 

Apa saja yang beliau-beliau sampaikan dalam rangka zoominar, 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi'? Semoga rangkuman di bawah ini dapat memberikan kebermanfaat ya! Tapi buat yang nggak ikut bisa juga intip Youtube Betadine Indonesia, yang menyiarkan secara live.




darah menstruasi adalah siklus menstruasi adalah cara menghitung siklus menstruasi fase menstruasi adalah gejala saat menstruasi penyebab menstruasi


 

Apa Itu Menstruasi?

 

  • Adalah kondisi yang normal dan wajar terjadi pada seorang perempuan. Keluarnya ‘darah’ selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intimnya, satu periode setiap bulannya (setiap 28, atau 21 – 35 hari)
  • Menandakan seorang perempuan sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak), karena haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi. Darah yang dikeluarkan sebetulnya merupakan lapisan dalam
  • rongga rahim yang dipersiapkan sebagai tempat
  • menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin

 

Apa itu Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)?

 

Manajemen Kebersihan Menstruasi merupakan pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada perempuan, ketika datangnya menstruasi. Artinya dapat menggunakan pembalut yang bersih, dan menggantinya sesering mungkin. Pada akses membuangnya, sudah tahu bagaimana cara membuang yang baik pembalut tersebut dan membersihkan diri sampai keadan menjadi nyaman.

 

Jika itu semua diterapkan dengan baik, masalah kesehatan area kewanitaan akan menjadi baik. Tetapi jika kebalikannya, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang buruk, seperti: infeksi saluran reproduksi, infeksi jamur, keputihan, bau tak sedap vagina, infeksi saluran kemih, dan peningkatan risiko kanker serviks. Begitu ungkap Prof Dr.dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH. Beliau adalah Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), MPH.

 

 

Cara Menjaga Kebersihan Masa Menstruasi

 

 

Cara Menjaga Kebersihan Masa Menstruasi
Cara Menjaga Kebersihan Masa Menstruasi



  • Mencuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan memasukan ke dalam kantong plastik
  • Buang pembalut yang sudah dipake ke tempat sampah
  • Jika menggunakan pembalut cuci ulang, cuci setelah digunakan
  • Mengganti pembalut setiap 4-5 jam sekali, atau kalau sudah basah dan merasa tidak enak segera ganti
  • Mandi dua kali sehari, agar kebersihan dan kesegaran terjaga
  • Cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengganti pembalutnya
  • Menggunakan air yang mengalir saat membersihkanya dan perhatikan ketika membersihkan. Dari arah belakang ke depan agar Miss V bersih dan terjaga kesehatannya
  • Apabila menggunakan cairan pembersih vagina, pilih yang sesuai dengan pH normal ya, skala 3,5-4,5.

 

 

Pesan dari Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. Beliau adalah Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, wilayah Jakarta

 

 

 

Bu Anna mewanti-wanti kepada seluruh Ibu di seluruh Indonesia, untuk mengedukasi anak perempuan tentang kesehatan dan bersih saat menstruasi. Karena kadang masih banyak Ibu yang tertutup perihal penyampaian tersebut, ada yang bilang tabu, bagaimana harus memulai pembicaraan menstruasi tersebut, Ibu sendiri juga kurang pengetahuan.

 

Sumber informasi yang diharapkan biasanya pertama dari orangtua, terutama Ibu, teman/saudara perempuan, guru di sekolah, petugas kesehatan, dan dari membaca buku, nonton film/video, artikel di internet dan lain sebagainya. Jika hal ini tidak dibicarakan khawatir pada saat mendapatkan, anak permpuan merasa cemas, malu, marah, ada rasa ketidaksiapan, pun kesalahpahaman. Namun jika sebaliknya, keadaan remaja akan jauh lebih siap, dan dapat mengurangi masalah kesehatan mental.

 

Hepi banget ikutan zoominar ini, saya jadi belajar banyak dan memersiapkan diri menjadi seorang ibu. Sebagai seorang anak, tumpuan utama saya juga ke Ibu sih, apa-apa dan minta pendapat selalu Ibu dahulu. Jadi penting banget seroang Ibu belajar lebih banyak. Kalau ternyata punya nya anak laki-laki juga tidak emngapa, justru harus juga diberi pengertian. Agar anak laki-laki ini nantinya tidak mengejek, mempermalukan, atau justru bisa membantu misal salah satu teman perempuannya bocor. Bisa membantu menutupi roknya, atau membawakan minuman hangat ketika salah satu teman di sekolahnya lemah dan lesu tersebab menstruasi.

 


darah menstruasi adalah siklus menstruasi adalah cara menghitung siklus menstruasi fase menstruasi adalah gejala saat menstruasi penyebab menstruasi



 

Pesan dari Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi OktaviaHandayani, M. Epid

 

 

Ibu Dwi Oktavia Handayani, berpesan, “Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.”

 

 

Pesan dari Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia


 

Beliau mengungkapkan, “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”



darah menstruasi adalah siklus menstruasi adalah cara menghitung siklus menstruasi fase menstruasi adalah gejala saat menstruasi penyebab menstruasi
Rangkaian Lengkap untuk Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan



 

 

Rangkaian Lengkap untuk Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan

 


Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan. Salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi.

 

Dalam hal ini BETADINE Feminine Wash menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. Untuk pembelian semua produk kesehatan dan kebersihan dari betadine, bisa langsung loh ke Betadine Official.

 

Allhamdulillah lengkap banget ya, apa yang disampaikan. Kalau ada zoominar sejenis saya juga masih ingin nimbrung, biar makin tahu dan paham. Soalnya pengen jadi Ibu yang baik untuk anak-anaknya nanti, aamiin. Terima kasih sudah singgah ya Teman-teman ke blogku. Salam!

91 komentar untuk "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi"

  1. Cara menjaga kebersihan ini yang penting diedukasikan sama anak perempuan. Lucu banget kalo inget pertama kali si kaka mendapat haid, untungnya udah dibekali hal2 seperti di atas jadinya ga panik, kek mengganti pembalut setiap 4- 5 jam sekali tapi tanpa dicuci dan berserakan di kamar mandi, hahaaa. Suka ngakak kalo inget, katanya lupaa..

    BalasHapus
  2. saya termasuk salah satu yang parno kalau mens mba, ga mau sembarangan pipid jadi bawa cleansing wipes kemana2 :)

    BalasHapus
  3. acara yg sarat faedah banget ya.
    bener2 menambah insight dan wawasan seputar perempuan, menarche dan menstruasi

    BalasHapus
  4. Penting banget ya perempuan tau tentang menstruasi, apalagi sudah masuk pra remaja. Orang tuanya pun harus tau juga, supaya bisa sama2 dengan anak belajar ttg menstruasi dan cara menghadapinya

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah Mbak Nyi.. kemaren di kesempatan Zoominar itu juga saya baru tau banyak hal tentang menstruasi untuk pertama kalinya. Semoga nanti bisa mengapikasikan langsung kepada anak-anak. Eh buat adek perempuan dulu deh kayaknya, anak perempuan belum punya hhehehe

    BalasHapus
  6. Diskusi tentang menstruasi ini mutlak dan kudu dilakukan antara Ibu dan buah hati.
    Untunglah ada zoominar bergizi seperti ini
    jangan menganggap hal yang tabu buat ngomongin tentang menstruasi ya, karena ini hal yang penting untuk dibahas demi kesehatan juga

    BalasHapus
  7. Kalau kata mamahku dulu "jadi perempuan itu harus selalu bersih termasuk saat menstruasi" jadi jaman dulu pas pertama datang bulan itu mamahku bawel banget soal kebersihan daerah intim wanita.

    BalasHapus
  8. seru banget acaranya ya mba nyiii.. manajemen kebersihan saat menstruasi penting banget biar terhindar dari penyakit. dan anak remaja wajib banget dapet edukasi kayak gini biar makin paham

    BalasHapus
  9. Kalau sedang menstruasi, saya malah jadi semakin rajin bebersih. Abis kayaknya berasa gerah pakai pembalut dalam waktu lama. Makanya heran juga kalau sampai ada mitos gak boleh mandi saat menstruasi, ya

    BalasHapus
  10. Manajemen Kebersihan Menstruasi perlu banget diedukasi apalagi di sekolah seringkali kendala Sanitasi air yang buruk. Perlu juga bawa tissue bersih khusus kewanitaan kalau pergi ke luar rumah

    BalasHapus
  11. pas lagi menstruasi tu kebersihan wajib banget di jaga emang yaaaa, , soal ganti pembalut beberapa jam setelah pake juga nih wajib banget biar tetep nyaman aktifitas hihi

    BalasHapus
  12. Makin banyak perempuan Indonesia yang teredukasi mengenai menstruasi maka hal ini akan membuat hidup kita bisa terhindar dari penyakit pada organ wanita

    BalasHapus
  13. Makasih mbaakkk sudah berbagi pengetahuan sekece ini. Pengetahuan ini buat bekal aku nih saat bocilku sudah mengalami menstruasi nanti.

    BalasHapus
  14. Inilah pentingnya edukasi via event daring ya, supaya makin banyak.perempuan menyadari seharusnya bagaimana tatacara selama menstruasi

    BalasHapus
  15. aku juga dapat banyak banget ilmu dan fakta dari webinar ini mbak. Kita beruntung bisa menjadi salah satu dari seribu pesertanya...

    BalasHapus
  16. Penting banget untuk lebih aware tentang hal ini, saya juga jadi diingatkan utk lebih perhatian tentang masalah ini kepada tiga anak gadis nih...

    BalasHapus
  17. Acara webinar ini bagus banget dan Keren ya Mba. Memang engga perlu tabu buat menbicarakan soal menstruasi terutama dengan anak perempuan agar mereka paham kebersihan dan kesehatan saat menstruasi.

    BalasHapus
  18. Sepakat untuk mengedukasi anak perempuan serta ibunya menurutku terkait pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan menstruasi

    BalasHapus
  19. Di rumah kami juga pakai pembersih kewanitaan Betadine, paling suka yang foam itu mbak.
    Manajemen kebersihan menstruasi wajib diketahui oleh semua perempuan, khususnya ibu supaya bisa mengedukasi lingkungannya khususnya anaknya dgn baik soal menstruasi ini ya.

    BalasHapus
  20. ternyata selain pilah-pilih pembalut, penting juga pakai produk seperti betadine feminine saat menstruasi yaaa biar lebih bersih dan sehat di area kewanitaan kita

    BalasHapus
  21. Sehat dan bersih saat menstruasi memang perlu yah mba mengingat risikonya jg gak main-main terhadap area kewanitaan

    BalasHapus
  22. edukasi kayak gini penting banget, ternyata buat laki2 juga ya, supaya tau.
    aku udah lumayan sounding ke anak aku yg pertama walau masih kelas 1 sd hihi
    pembalut biasanya udah lepek banget ya kalau udah kena air juga, aku nggak tahan pas jaman dulu pakai pembalut.. sering ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi pas hari pertama kedua ya, bisa 4-5 kali ganti pembalutnya, saking deresnya

      kukira pake tampon aman, ternyata enggak juga kalau MKM kita gak dijalankan

      Hapus
  23. Alhamdulillah sekarang ada BETADINE® Feminine Wash. Jadi andalan buat bantu bersih-bersih area kewanitaan, baik saat sedang haid, maupun untuk pemakaian sehari-hari. Bersih-bersih pakai cairan pembersih begini, buatku penting, bagian dari MKM. Kalau nggak pakai rasanya ada yang kurang. Hal ini juga kuajarkan pada anak perempuanku. Semoga lebih banyak lagi perempuan yang menerapkan MKM dengan baik. Terima kasih ulasan acara webinarnya, ya mbak.

    BalasHapus
  24. bisa ISK juga ya ini, banyak nggak enaknya kalau nggak bersih. Saat haid harus jaga kebersihan area kewanitaan ya, jangan sampai kelamaan pembalutnya dipakai, untuk yg masih pakai pembalut. Kalau menspad kudu bersih maksimal saat nyuci ya mba. noted

    BalasHapus
  25. Baca ini jadi reminder buat aku sih untuk ganti pembalut paling nggak 4 jam sekali. Soalnya kadang kalo lagi di luar suka lupa ganti huhuhu

    BalasHapus
  26. Selain mendapat info lbh detil ttg MKM melalui seminar ini aku juga baru tahu ttg Betadine Feminine Wash lho..hihi..kemana saja aku ya.. Syukurlah sekarang sdh tahu jenis2nya bahkan juga di mn bisa mendapatkannya hehe..

    BalasHapus
  27. Dari seminar ini aku juga diingetin lagi agar harus jaga kebersihan saat haid.
    Ilmunya banyak dan bermanfaat banget buat aku

    BalasHapus
  28. Dari dulu feminine wash yg aku pake selalu dr Betadine :). Udh percaya lama... Awalnya pake yg khusus mestruasi, Trus yg daily use juga. Tisu wanitanya selalu aku bawa pas traveling mba. Krn kdg kan ada tuh negara yg toiletnya cm pake tisu, ga ada air buat cebok. Aku jijik yg begitu. Makanya tisu basah kewanitaan Betadine ini selalu aku bawa biar tetep bersih di manapun ;)

    BalasHapus
  29. Asik banget memang bisa ikutan webinar yang membahas masalah kewanitaan. Para pakarnya pula yang membahas. Mantap deeeh! Jadi semakin yakin dengan apa yg menjadi fakta dan membuang jauh² mitos terkait menstruasi.

    BalasHapus
  30. Obrolan soal menstruasi kadang suka dianggap tabu, padahal penting sekali untuk dibahas supaya para perempuan terutama yang baru mengalami haid lebih paham dan tahu bagaimana merawat diri dan kesehatan saat menstruasi.

    BalasHapus
  31. pentingnya edukasi sejak dini sangat bagus banget buat anak perempuan agar mengurangi resiko dan hidup selalu sehat dan bersih saat mentruasi

    BalasHapus
  32. Acara webinar yang bermanfaat banget nih. Terus nara sumbernya juga kece, memberikan pengetahuan tentang pentingnya MKM.

    BalasHapus
  33. Manajemen Kebersihan Menstruasi ini perlu banget ya disebarluaskan ke seluruh penjuru Indonesia, agar masyarakat bisa lebih aware lagi akan kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  34. Setuju, ga cuma anak putri., anak-anak kami yang cowok pun kami edukasi tentang menstruasi. Biar bisa menghargai teman perempuan dan paham saat bundanya ga bisa shalat atau puasa. Dengan pengetahuan memadai, anak akan tumbuh percaya diri apalagi pas menarke ga akan bingung. Syukurlah Betadine feminine care bisa bantu jaga kesehatan organ intim wanita yang memang banyak ancaman virus atau bakteri. Semoga acara ini menyebarkan informasi positif ke banyak pembaca.

    BalasHapus
  35. Sekarang bukan zamannya lagi merasa tabu atau tertutup saat membicarakan mengenai menstruasi ya. Sudah saatnya memberikan wawasan mengenai kebersihan saat menstruasi pada semua kalangan, baik anak perempuan maupun anak laki-laki.

    BalasHapus
  36. Selama ini saya sudah melakukan beberapa hal mengenai MKM. Seperti mencuci bersih pembalut yang sudah dipakai sebelum membungkus dan membuangnya. Tapi untuk mengganti seenggaknya 4 kali kayaknya masih belum dah. Aku sih gantinya 3 kali sehari. Duh,,,

    BalasHapus
  37. Bener banget, area wanita harus diperhatikan kebersihannya. Dan terus kasih edukasi dimulai sejak dini ya soal menjaga kebersihan ini

    BalasHapus
  38. Waah lengkap banget penjelasannya bisa buat bekal akubyang punya dua putri..dan setuju area kewanitaan itu wajib dijaga kebersihannya dengan seksama

    BalasHapus
  39. Bener banget nih masih ada aja ibu yang tertutup untuk tidak membicarakan menstruasi pada anaknya sejak dini padahal ini penting banget ya. tapi di sekolah anakku sudah diajarkan juga nih jadi gak cuma orangtua yang mengedukasi tapi pihak sekolah juga

    BalasHapus
  40. Waaah tema Hari Kebersihan Menstruasi ini sukses banget ya, edukasi tentang kebersihan, cara menggunakan menstrual pad (4-5 jam sekali harus diganti) dan lain lain dikupas tuntas sampe cara edukasi anak juga!

    semoga para perempuan Indonesia menjadi semakin aware terhadap organ intimnya yang satu ini

    BalasHapus
  41. Kalo bicara merek, gak usah ragu deh ama merek ini sebab udah teruji ya selama ini soal produk personal hyiene nya, kami juga pake produk merek ini untuk obat kumur dan luka, yang ini pastinya mantap dan terjamin juga deh

    BalasHapus
  42. Iyaya Nyi..
    Perempuan itu sering banget menganggap enteng mengenai kebersihan organ intim.
    Padahal ketika terjangkit sakit sperti aku beberapa kali mengalami ISK, mungkin juga karena pola kebersihannya tidak aku terapkan dengan baik.

    Mulai disiplin setelah informasi yang bagus sekali dari webinar bersama Betadine.

    BalasHapus
  43. Banyak banget ya mbak ilmu yang didapat dari zoominar tentang kesehatan dan kebersihan saat menstruasi gini. Aku jarang banget bisa ikut zoominar. Masih repot sama bocil kadang

    BalasHapus
  44. Iya jangan sampai merasa tabu ngobrol menstruasi sekarang. Karena banyak bekal informasi dari berbagai sumber tentang hal ini. Dan bisa menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  45. aku juga ikutan webinar ini mbak
    dari webinar ini, aku jadi tahu banyak informasi seputar menstruasi ini

    BalasHapus
  46. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    BalasHapus
  47. Menjaga kebersihan badan saat menstruasi ini penting sekali ya mbk. Kadang urusan pembalut ini masih banyak yang abai, aku beberapa kali lihat sampah pembalut kotor di toilet umum

    BalasHapus
  48. Sepakat bangett! Orang tua musti memberi edukasi perihal menstruasi secara detail supaya anak perempuannya paham, ngga bingung apa dg apa saja yg harus dilakukan saat dia haid.

    BalasHapus
  49. Wiwin | pratiwanggini.net5 Juni 2021 22.12

    Saat-saat menstruasi bakalan selalu menjadi saat-saat memberikan perhatian ekstra kepada diri sendiri. Jangan sampai kan ya kesehatan reproduksi kita terganggu hanya karena salah manajemen.

    BalasHapus
  50. Aku jd banyak insight baru jg mb pas ikut webinar ini. Terutama ttg komunikasi sm anak. Kadang tuh sk ceplas ceplos gak karuan aja. Skrg mau ditingkatin lg.

    BalasHapus
  51. Ternyata pakai cairan pembersihan justru bagus ya krn pH-nya sama dengan organ kewanitaan, ketimbang pakai sabun mandi.
    Webinarnya bergizi banget ngobrolin hal yang gak biasa. Moga edukasi ttg menstruasi kyk gini ada lbh banyak lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak semua cairan pembersih mbak. Harus dicek dulu apakah pHnya sama dengan pH area intim nggak. Kalau sama... Baru deh aman.

      Hapus
  52. Bagus ya acaranya. Baru tahu ada manajemen kebersihan menstruasi tuh. Aku pun baru tahu kalau harus ganti pembalut tiap 4 jam. Engga boleh dibersihan pakai sabun mandi, dll. Banyak lah yg aku baru tahu.

    BalasHapus
  53. Manajemen menstruasi ini memang perlu ya biar area kewanitaan tetap bersih dan sehat

    BalasHapus
  54. Tugas penting seorang ibu nih menyampaikan info yg bener dan jelas. Jangan sampe krn kita merasa tabu anak jd dapet info dr tempat lain. Alhamdhulilah masuk kelas 5 nadia udh aku sounding soal mens. Nah beneran aja menjelang kenaikan kelas 6 datang lah tamu bulanan. Jd tinggal ngajarin cara cuci pembalut dna pastinya ga lupa mrngingatkan utk terus jaga kebersihan

    BalasHapus
  55. Ini jadi perhatian nggak hanya untuk daku pribadi tetapi juga saat nanti berumahtangga kemudian hamil lalu punya anak bisa mengedukasi dia nantinya saat tiba waktunya

    BalasHapus
  56. Iyaa, pengetahuan tentang menstruasi penting untuk diketahui anak remaja agar mereka bersiap saat tibanya tiba dan dari ibu bisa dapat informasi tentang manajemen kebersihan menstruasi lebih valid

    BalasHapus
  57. seru banget ya pastinya webinarnya dapat ilmu banyak dari acara ini, apalagi urusannya membahas perempuan dalam menjaga kebersihan area wanitanya saat menstruasi, ini penting banget pastinya

    BalasHapus
  58. Webinar nya lengkap dan materi yang disampaikan juga bermanfaat. Jadi memang harus banyak di-share ya untuk bantu orang tua yang bingung gimana ngobrolin menstruasi dengan anak-anaknya

    BalasHapus
  59. Belajar dr pengalaman dulu saya malu kalo mau cerita" ke ibu saya. Sekarang sdah menjadi seorang ibu sy harus bnyak mempersiapkan ilmu agar nanti anak prempuan sy mau menceritakan segala yg di alaminya terlebih dalam hal menstruasi ini.

    BalasHapus
  60. Kalau ada acara kek gini lagiii, pengennya ngajak anak2 remajaa. Makin seru dan manfaatnya banyak tersebar luas pasti yaa

    BalasHapus
  61. Beneran deh memang acara ini jempolan kak. Soalnya aku jadi lebih tau trik dan cara berbicara kepada anak-anakku nantinya tentang Menstruasi. Sehingga nantinya gak merasa gagap saat menarke.
    Ternyata banyak juga anak perempuan yang tidak tau apa yang harus dilakukan saat menarke.

    BalasHapus
  62. Thank you mbak Nyi, tulisan gini bisa membuka wawasan baru buat para cowok kaya aku tentang dunia menstruasi hihi. Jadi lebih bisa memahami perempuan dan kesehatannya

    BalasHapus
  63. Untuk menjaga kebersihan di daerah kewanitaan, sekarang sudah ada Betadine Feminin care yang pH nya pas buat buat organ kewanitaan.

    So, selain sering ganti pembalut saat menstruasi, bisa banget pakai sabun khusus dari Betadine ini.

    BalasHapus
  64. Acara yg menarik mbak, ngomongin hal seperti ini tidak lagi menjadi tabu untuk dibahas karena ini berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan apalagi untuk anak perempuan

    BalasHapus
  65. Banyak juga ya peserta webinarnya, sampai 1000 orang. Semoga tujuannya memberi edukasi tentang kebersihan saat menstruasi juga tercapai. Apalagi banyak juga yang menuliskannya, sehingga yang nggak ikut webinar pun bisa memperoleh ilmunya

    BalasHapus
  66. Saat menstruasi resiko infeksi lebih tinggi ya dibandingkan kondisi tidak menstruasi makanya harus menerapkan manejemen kebersihan menstruasi dengan benar. Gak ada lagi kata tabu untuk menjelaskan tentang menstruasi pada anak perempuan jaman sekarang

    BalasHapus
  67. Aku merasa beruntung banget bisa hadir di zoominar ini.. soalnya materinya super bergizi. Ada banyak info baru yang kutahu. Bisa jadi bekal untuk mengedukasi anak sulung yang beranjak remaja.

    BalasHapus
  68. Salut dengan kampanye #YangIdeal dari Mundipharma dan edukasi Sehat dan Bersih saat Menstruasi ini. Banyak ilmu yang baru aku tahu juga dan penting banget untuk dishare terutama ke anak gadis nih.

    BalasHapus
  69. Belum punya anak perempuan sih. Tapi hal ini memang penting banget untuk diedukasikan bukan untuk anak perempuan saja, untuk kitanya pribadi maupun saudara perempuan yang mungkin selama ini masih abai dengan masalah menstruasi tentunya jadi lebih tahu cara yang tepat untuk jaga kebersihan saat haid.

    BalasHapus
  70. Waktu awal2 bu Anna bilang banyak anak perempuan yang belum teredukasi tentang menstruasi aku mbatin enak sekali yg anaknya laki laki. Hehe. Ternyata poin ke tujuh anak laki-laki juga sebaiknya diberi pemahaman tentang menstruasi ya

    BalasHapus
  71. Lengkap banget produk dari Betadine ya, mulai untuk yang harian, waktu mens hingga saat area kewanitaan memerlukan perlakuan khusus...

    BalasHapus
  72. Aku punya dua anak perempuan. Nggak dipungkiri sih, masih suka bingung bagaimana memulai dan menjelaskan ke anak. Apalagi anak pertama usia 8 tahun sudah mulai bertanya kenapa alasan aibunya pernah tidak solat di waktu tertentu.

    Saat ikutan webinar ini, jadi lumayan terbuka untuk memulai berbicara pada anak perempuanku. One step closer to educate lah ya. Hehehe

    Memang jangan lagi dianggap tabu pembicaraan tentang menstruasi karena kan untuk masa depannya juga ya.

    BalasHapus
  73. Emang sih makin ke sini, menstruasi itu udah bukan lagi sesuatu yang tabu. Orang yang lebih tua harus bisa menjelaskan perkara haid ini dengan tepat termasuk pentingnya kebersihan terutama buat yang baru pertama datang bulan

    BalasHapus
  74. Intinya aku bahagia bisa belajar dan mengedukasi diriku dulu dengan webinar Betadine ini.
    Kelak ketika anakku sudah waktunya, aku enggak kalang kabut dan siap menjelaskan detil

    BalasHapus
  75. Memang yaa, penting banget edukasi mengenai menstruasi ini pada anak-anak kita, terutama anak perempuan. Agar tau bagaimana seharusnya bersikap mengatasi problema wanita ini

    BalasHapus
  76. Mencuci tangan sebelum & sesudah mengganti pembalut wajib banget ya agar kebersihan saat menstruasi bisa senantiasa terjaga.

    BalasHapus
  77. Aku kayaknya perlu belajar cara komunikasi yang tepat buat belajar menyampaikan sekaligus edukasi ke anak perempuanku nih. Hihi ya masih agak lama sih, tapi ya kudu ada bayangan juga kan ya.

    BalasHapus
  78. Baru tahu ada hari menstruasi ya yang diperingati setiap tahun agar makin tinggi kesadaran untuk menjaga kesehatan dan kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  79. Penting banget nih untuk tau soal kesehatan dan kebersihan diri saat menstruasi. Soalnya kalau ga bersih, bakal ngaruh kemana-mana yaa. Ngeri huhuhu.

    BalasHapus
  80. Narasumbernya semua sangat berkompeten di bidangnya.
    Semangat banget mengikuti webinar mengenai sehat dan bersih saat menstruasi bersama Betadine.

    BalasHapus
  81. Pentingnya edukasi membersihkan daerah intim pada saat menstruasi dengan cara yang baik dan benar sehingga kita akan terhindar dari permasalahan kewanitaan.

    BalasHapus
  82. Acara kekgini mengedukasi banget dan ada oleh² ilmu pula yakk jd bs saling menularkan pas bgt anak gadisku 4 cewe semua :)

    BalasHapus
  83. Sebagai ibu yg punya 2 anak perempuan, wajib banget ngasih tahu soal menstruasi sejak dini, supaya mereka tahu bagaimana menjaga kebersihan saat mentruasi, dan tahu bagaimana memperlakukan area kewanitaan dengan benar

    BalasHapus
  84. Edukasi pada anak perempuan tentang pentingnya menjaga kesehatan serta kebersihan alat reproduksi. Apalagi pada anak perempuan yang baru mengalami menstruasi, pendidikan ini sangat penting banget bagi orang tua untuk menyampaikannya agar tidak salah penyampaian

    BalasHapus
  85. senangnya dapat ilmu banyak pastinya ya ikut webinar ini, apalagi khusus perempuan niy agar area kewanitaaannya tetap sehat dan bersih selama dan pasca haid gitu

    BalasHapus
  86. Acaranya bermanfaat banget ya kak, terutama buat perempuan. Tapi bukan berarti laki-laki juga enggak butuh edukasi. Setidaknya dengan tahu, laki-laki jadi bisa lebih menghargai perempuan nantinya.

    BalasHapus
  87. Ilmu penging buat wanita apalagi yang punya anak perempuan nih. Kesehatan area kewanitaan adalah aset penting bagi wanita

    BalasHapus
  88. Seru ya mbak zoominar sehat dan bersih saat menstruasi, banyak fakta menarik yg terungkap.

    BalasHapus
  89. Edukasi seputar kebersihan menstruasi memang penting banget. Bagus ini materi webinarnya. Harusnya udah bukan hal tabu utk dibicarakan ya. Agar remaja jg paham, baik perempuan maupun laki2 ttg menstruasi ini

    BalasHapus