Minggu, 25 Februari 2018

[Review Buku] Suatu Hari Bersama Parimanta Raksasa



Keterangan Buku:

Judul                                  : Suatu Hari Bersama Parimanta Raksasa
Penulis                               : Yovita Siswati
Ilustrasi                              : Clay Studio
Editor                                 : Dewi Widyastuti
Desain                                : Dandy Nugroho
Penerbit                             : BIP (Buana Ilmu Populer)
Terbit                                 : 2018
Tebal                                  : 22 halaman

Ayo terbang

Suatu Hari Bersama Parimanta Raksasa - Buku anak yang saya ulas kali ini masih sama dengan serialnya kemarin. Ditulis oleh mbak Yovita Widyastuti, yang menceritakan ikan pari manta raksasa bernama Mandy. Uniknya ikan pari manta raksasa bisa dilihat dari bentuknya yang memiliki tanduk di atas kepalanya, tubuhnya seperti layang-layang dan mempunyai ekor laiknya cambuk.




Mandy berenang sangat pelan, sembari mencari mangsa untuk dimakan. Dalam sehari ia kuat makan sampai 30 kg plankton lho, teman-teman. Waw banget ya? Mandy si pari manta ini meski memiliki gigi, tetapi tidak bisa mengunyah. Cara makan pari manta sangat unik, ia menelan semuanya. Air yang masuk dalam mulutnya akan keluar melalui celah insang yang dimiliki. Ada pelat khusus dalam tubuhnya yang bisa menyaring makanan.


Perutpun kenyang, mandy berjalan-jalan ke terumbu karang. Ternyata kedatangannya dinantikan oleh ikan-ikan kecil dan angel fish. Ternyata mereka memakan parasit yang ada di lapisan kulit mati pari manta, Gigitan ikan-ikan membuat tubuh pari manta mengilat bersih dan ia siap menyambut bulan purnama.

Ikan pari manta suka terbang di atas samudra yang luas, di malam hari ia melakukan terbang ke udara untuk bersenang-senang. Seorang nelayan dan anaknya menjumpai Mandy si pari manta, yang melakukan atraksi keren di atas air. Melompat, dan terus melompat, bahkan satu atau dua nelayan menunggangi si pari manta. Saking bergembiranya Mandy, ia abai ada hiu yang mengawasi gerak-geriknya. Hiu mendekat, pari manta melompat dan berenang cepat menyelamatkan dirinya.



Apakah Mandy si pari manta bisa selamat dari kejaran hiu?
Dan bagaimana bulan purnama yang ia nikmati? Apakah ia akan mendapatkan pasangan yang diidam-idamkannya? Karena pada bulan purnama saatnya ikan jantan pari manta, mendapatkan pasangan hidup.


Happy reading! Salam

Baca juga review buku anak :

[Review Buku] Suatu Hari Bersama Burung Kasuari yang Pemalu



1 komentar:

Terima Kasih telah berkunjung ^_^