Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Puasa Sunah Sebelum Lebaran Idul Adha 2024


3 Puasa Sunah Sebelum Lebaran Idul Adha 2024 - Lebaran Idul Adha 2024 tinggal hitungan hari ya Teman-teman, insyaAllah kalau merujuk dari Kemenag RI akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024. Ada yang sudah siap-siap mau jadi panitia di hari Lebaran Idul Adha 2024? Semoga dilancarkan segalanya ya teman-teman, dan semoga yang berniat untuk kurban, dimudahkan segalanya aamiin.


3 Puasa Sunah Sebelum Lebaran Idul Adha 2024
3 Puasa Sunah Sebelum Lebaran Idul Adha 2024   


 

Biasanya sebelum Lebaran Idul Adha 2024, kalau di tanggal kalender Islam Hijriah yakni 10 Zulhijah, ada tiga jenis puasa yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Adalah puasa Dzulhijjah, puasa Arafah, dan puasa Tarwiyah. Nah, teman-teman apakah rutin melakukan puasa tersebut? Semoga dilancarkan ya? Aaamiin.

 

Lantas kapan ketiga puasa sebelum Lebaran Idul Adha 2024 itu dijadwalkan? Ini dia informasi selengkapnya.

 

3 Jenis Puasa Sunah Sebelum Lebaran Idul Adha 2024

 

Puasa Dzulhijjah

 

Puasa Dzulhijjah akan dilaksanakan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah, dalam hadist dari Ibnu Umar Ra, Rasulullah SAW bersabda, membahas mengenai keutamaan puasa Dzulhijjah ini.

 

"Tidak ada hari=hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)." Demikian (HR. Ahmad dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).

 

Nah jika 1 Dzulhijjah dimulai dari tanggal 8 Juni 2024, makan akan berakhir sampai dengan 14 Juni 2024 perhitungannya.

 

Puasa Arafah

 

Untuk puasa Arafah biasanya dikerjakan pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah, yang berarti akan jatuh pada tanggal 16 Juni 2024. Keutamaan puasa Arafah tertulis dalam sabda Rosulullah SAW, "Puasa Arafah (9Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." demikian HR. Muslim.

 

Puasa Tarwiyah

 

Puasa Tarwiyah biasanya dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, berarti jatuhnya pada tanggal 15 Juni 2024. Bagaimana keutamaan puasa Tarwiyah? Dari HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas. "Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun."

 

Dari 3 Puasa Sunah Sebelum Lebaran Idul Adha 2024, di atas, mana yang teman-teman akan laksanakan? Semoga dimudahkan dalam segalanya ya? Aamiin.

 

 

Posting Komentar untuk "3 Puasa Sunah Sebelum Lebaran Idul Adha 2024 "