MENU

Jumat, 09 November 2018

Tempat Wisata Di Cirebon Ini Perlu Kamu Kunjungi


Tempat Wisata Di Cirebon Ini Perlu Kamu Kunjungi - Dahulu bayangan saya kalau ke Cirebon ya, main ke tempat saudara yang ada di sana. Saya memiliki saudara yang tinggal di Cirebon. Terkadang setahun sekali saya berkunjung dan bersilaturahmi ke sana. Cirebon merupakan kota yang berada di perbatasan antara Jawa Tenggah dan Jawa Barat.

Letaknya yang berada di perbatasan ini menjadikan Cirebon menjadi kota yang unik. Keunikan ini bisa dilihat dari bahasanya yang merupakan perpaduan antara bahasa  jawa dan bahasa sunda. Namun sebagian besar kosa kata bahasa di Cirebon jauh dari tata bahasa jawa yang ada di solo maupun Yogyakarta. Serta berbeda pula dengan bahasa sunda maupun bahasa indramayu.

Di Cirebon, ada banyak sekali tempat wisata dari yang religus ataupun tempat wisaya yang sekedar untuk berekreasi bersama kelarga. Apa aja sih? Yang saya ketahui adalah: 


Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Sebab, Keraton ini merupakan tempat yang bersejarah untuk masyarakat Cirebon. keraton Kasepuhan menyajikan petilasan kejayaan sultan Cirebon pada masanya. Jadi, banyak sekali jejak-jejak peningalan islam yang bisa anda telusuri di kota ini. Di area Keraton Kasepuhan juga terdapat Masjid Agung yang bersejarah yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1480 masehi. Saat anda berkunjung ke Masjid ini, anda bisa menggali sejarah langsung disana.

rental mobil di cirebon
Suber: wikipedia



Keraton Kasepuhan ini menghadap ke utara. Didepan Keraton Kasepuhan terdapat alun-alun.  Pada zaman dahulu, keraton kasepuhan menjadikan alun–alun sebagai tempat untuk menyampaikan keputusan penting yang terjadi di pemerintahan, atau sekedar hiburan untuk masyarakat .

Lokasi Keraton Kasepuhan ini berada di jl. Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat.


Keraton Kanoman Cirebon

Tempat wisata yang satu ini juga enggak kalah menaik buat pengunjung. Keraton Kanoman ini menurut sejarahnya terbentuk karena adanya perselisihan dalam menentukan pewaris Keraton Kasepuhan. Dalam runtutan sejarahnya, keraton ini dijadikan tempat inggal untk Wakil Sultan.

Keraton ini dibangun diatas tanah seluas 6 hektar. Yang menjadi daya tarik pengunjung salah satunya adalah museum yang menyimpan benda-benda bersejarah koleksi Sultan. termasuk dua kereta kencana yaitu Jempana dan Paksi Naga Liman.

rental mobil di cirebon
sumber: situsbudaya.id


Keraton Kanoman berada tidak jauh dari keraton kasepuhan. Tempat ini bisa ditempuh dengan jalan kaki karena berjarak sekitar 600 meter dari keraton Kasepuhan. Tepatnya di jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk.


Makam Sunan Gunung Jati

Destinasi wisata yang satu ini mungkin sudah tidak asing ditelingan anda. Cirebon memang identik dengan cerita sejarah dan literasi perkembangan islam di tanah air. Salah satu yang terkenal adalah Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Kalisapu, Cirebon.

Makam Susnan Gunung Jati


Makam Sunan Gunung Jati tersusun ata 9 tingkat dengan arsitektur bangunan yang unik. ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Cirebon.


Wanawisata Ciwaringin

rental mobil di cirebon
Sumber: wisata-tanahair.com


Tempat ini menyajikan panrama yang indah. Terletak di desa Ciwaringin, anda bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam yang terhampar disana. Selain pemandangan alam, di sana juga ada Danau Ciranca yang siap memanjakan mata anda. Tempat wisata ini ramai pengunjung saat hari libur tiba.


Banyu Panas Palimanan

Ini merupakan salah satu tempat wisata yang patut anda kunjungi saat berada di Cirebon. Berada di desa Palimanan Barat, Tempat ini tak hanya menyuguhkan pemandangan yang memukau, Air panas alami disini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Rental mobil di cirebon
sumber: aboutcirebon.id


Untuk keliling kota Cirebon dengan banyaknya destinasi wisata tentunya harus benar benar efektif dalam membagi waktu. Jika Anda ingin bersantai dalam berwisata, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil yang ada di Cirebon. Salah satunya HAPPY CAR. Saat ini Rental mobil di Cirebon juga menyediakan paket wisata yang bisa anda pilih. Dengan menggunakan Jasa Wisata Rental Mobil di Cirebon, tentunya akan ada banyak tempat yang direkomendasikan untuk anda kunjungi.

rental mobil di cirebon


Happy Car juga menyediakan banyak pilihan armada untuk anda dan keluarga. Ada Toyota Avanza, Isuzu Elf, ada Toyota Hiace, dan juga Toyota Innova. Dengan banyaknya pilihan armada, serta rental mobil hiace di cirebon ini, anda juga bisa menyewa sopir juka memang ingin benar benar menikmati perjalanan tanpa khawatir capek bawa mobil sendiri.
Selain hemat tenaga, anda juga bisa menikmati perjalanan liburan lebih santai.

Rental Mobil di Cirebon:
Alamat : PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
No Hp :  08156407913 / 081298476511
No WA: 082120982211

Sumber Artikel:

https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-cirebon/
https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Agung_Sang_Cipta_Rasa
https://id.wikipedia.org/wiki/Keraton_Kasepuhan
http://www.rentalmobildicirebon.com/

Sumber Media:

aboutcirebon.id
wisata-tanahair.com
kompas.com
situsbudaya.id

39 komentar :

  1. Belum pernah ke Cirebon huhuhu...
    Kalau dengar kata cirebon emang yang terbayang adalah keraton Kasepuhan, keraton Kanoman dan empal gentong hehehehe

    BalasHapus
  2. aku blm pernah kesini. next time aku masukin list perjalananku nanti.
    makasi infonya...menarik sekali.

    BalasHapus
  3. Banyk wisata juga ya mbk di cirebon selain dr wisata religi-nya. Aku baru tauu. Jd bsok2 kalok ke makam sunan gunung jati, kayaknya kudu deh keliling cirebon terutama ke keratonnya

    BalasHapus
  4. Nah iya bener...kalo ke daerah itu kendalanya emang cari tempat sewa mobil krn transportasi di daerah buta buat orang kayak aku

    BalasHapus
  5. Iya sih urusan sewa kendaraan itu penting kalo traveling ke daerah

    BalasHapus
  6. Kalau jalan bersama keluarga besar memang rental mobil pilihan yang paling tepat. Lebih praktis dan memudahkan terutama jika bawa yg sepuh ya mbak

    BalasHapus
  7. itu bentuk Banyu Panas Paliaman unik banget ya Mbak, bentuknya. Keren.. itu alami kah prosesnya atau bantuan buatan manusia ya? kereenn iihh..
    keliling Cirebon gak perlu khawatir ya Mbak, karena udah ada rentalan ini :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Saya sudah 2 kali ke Cirebon tapi hanya sempat ke Batik Trusmi dan Empal H. Apud saja. Tahun depan harus ke tempat-tempat yang mba ceritain nih.

    BalasHapus
  10. Banyak tempat wisata yang menarik juga ya di cirebon, penasaran ke banyu panas palimanan. Membayangkan kayaknya enak berendam di kolam air panas plus disuguhi pemandangan yang cakep.

    BalasHapus
  11. Kalau saya setiap kali ke Cirebon pasti pengennya kulineran melulu :)

    BalasHapus
  12. Suekali lewat ke Cirebon langsung suka dengan ini, walaupun udaranya lumayan panas tapi banyak tempat wisatanya, dan kulinernya enak, kalau nanti bisa ke sana lagi pengen puas-puasin berkunjng ke tempat yang ada di artikel ini

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah ke Cirebon tapi sudah pernah baca buku seputar wisata yang ada di Cirebon. Kapan-kapan kalau ada rejeki pengen banget wisata ke Cirebon.

    BalasHapus
  14. Nyi...kapan2 dolan bareng ke Cirebon yuuk..asyik pasti rame2 dg sahabat2 sesama hobi jalan..hehe..

    BalasHapus
  15. baru ngeh kalau di cirebon ada keraton tua dan muda, unik yaa.. aku belum pernah sengaja main ke cirebon, paling cuma lewat aja. semoga kapan2 bisa disempetin main ke sana :)

    BalasHapus
  16. Agak nyesel juga sih ya wkt ke Cirebon gak sekalian aisata. Tempat liburannya bagus2.

    BalasHapus
  17. Pernah sekali menyengajakan liburan di Cirebon dan itupun bareng dengan kantor saya jaman dulu banget, aps saya belum menikah. Seingat saya, waktu itu ke Keraton Kasepuhan dan kemana lagi ya? fotonya sich masih ada dan dulu pakai mobil kantor. Eh pernah juga ke CIrebon bebrapa kali karena lewat terus mampir doang.

    BalasHapus
  18. Ini kampung kakekku tercinta lho mbaaa dan aku udah lamaaa banget ngga mampir ke Cirebon. Kangen tempat wisata dan kulinernya

    BalasHapus
  19. Suamiku sudah pernah ke Cirebon tapi aku belum pernah, dengar cerita suami ada toko khusus jual batik Cirebon aku jadi pengen kesana

    BalasHapus
  20. Aku pengen ke Cirebon pengwn nyicipin Empal Gentongnya. Pengen ke kratonnya juga

    BalasHapus
  21. kalau ke Cirebon cuma numpang lewat doang hehehe...
    tapi kalau jalan-jalan ditempat orang gitu mending memang sewa mobil plus sudah sama sopirnya gitu sih, gak capek ditujuan jadinya

    BalasHapus
  22. Banyaknya tempat wisata di Cirebon.
    Selama ini aku cuma tahu makam Sunan aja.

    BalasHapus
  23. Orangtua saya kebetulan dari Cirebon asli mba.. Alhamdulillah udah berkunjung kesemuanya kapan2 kalo ksana kopdaran mba

    BalasHapus
  24. say pernah lewat ke cirebon, naik kereta sih. banyak juga ya destinasi wisata di cirebon, kapan kapan mampir ah kalau jalan ke arah sana lagi. makasih rekomendasinya Nyi

    BalasHapus
  25. Aku sempat tinggal di Cirebon 3 tahun, Nyi.
    Dan sekarang setelah 20 tahunan aku gak Cirebon, pas kesana pangling banget.

    Makin ramai dan banyak mall.
    Ya Allah~
    Nostalgia beneerr dah...

    BalasHapus
  26. Wah sudah lengkap. Beberapa waktu lalu juga diinfo soal sewa mobil Cirebon yang murah meriah. Klop dah.

    BalasHapus
  27. Kalau mau jalan-jalan ke Cirebpn males bawa kendaraan sendiri bisa naik kereta ya trus di sana sewa mobil deh

    BalasHapus
  28. Aku belum pernah jalan2 ke Cirebon, tapi ini bisa jadi wish list, TFS Nyi!

    BalasHapus
  29. Mau ke cirebon jadi ga susah ya karena ada rental mobil ini

    BalasHapus
  30. Aku blm pernah ke Cirebon, pingin kesana ih, so much to expkore. Kulinernya juga menggoda Cirebon tuh kaan

    BalasHapus
  31. Memang enak kalo kita mau keliling tempat wisata itu pakai mobil ya, alias rental mobil. Jadi ga cape gonta ganti angkutan.

    BalasHapus
  32. Cirebon ternyata lumayan banyak juga ya tempat wisatanya. Aku belum pernah mandeg di Cirebon nih, biasanya cuma numpang bak kalau mau ke Jabar. Hehehe.

    BalasHapus
  33. Aku belum pernah keliling tempat wisata Cirebon ini, mba. PAdahal kan deket ya dari Jakarta. Biasanya aku numpang makan doang. Hehhehe

    BalasHapus
  34. Aku belum pernah ke Cirebon malahan Nyi. Lumayan nih dapet info ini bibisa jadi panduan klo ntar kapan2 piknik ke Cirebon.

    BalasHapus
  35. Mupeng ke Banyu Panas Palimanan, Ponakanku udah cerita kalo tempat nya asik

    BalasHapus
  36. Noteeeeddd. Aku tu pengen banget ke Cirebon tapi blm kesampaian mbak. Padahal ini gak jauh dr Jakarta kan, paling cuma 2,5-3 jam aja naik kereta. Moga2 kelak bisa ke sana, sooon aaamiiinn

    BalasHapus
  37. Saya sering ke Cirebon lho, soalnya mertua saya kan di Majalengka. Tapi saya belum pernah ke tempat-tempat itu. Soalnya mertua saya sukanya ke Grage melulu. Atau ke PGC. Wkwkwk.. maklum lah yaa, di Majalengka ngga ada mall. Wkwkwk..

    BalasHapus
  38. Aku kalau inget Cirebon langsung inget empal gentong, Nyi. Hahaha. Dulu di Jakarta punya warung langganan. Tapi penasaran juga sih pengen makan empal gentong di kota asalnya langsung :D

    BalasHapus
  39. Nasi jamblang, empal gentong, nasi lengko...
    Hmmh..jadi rindu cirebon :D

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!