Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Harus Rutin Service Motor? Ini Dia Alasannya


Mengapa Harus Rutin Service Motor? Ini Dia Alasannya - Siapa yang rajin service motor? Pasti hapal biaya servis motor. Bisa dibilang lumayan sih kalau dikalikan setiap bulan, tapi juga wajib dilakukan jika ingin motor tetap awet.


biaya servis motor biaya servis motor matic servis motor apa saja
Mengapa Harus Rutin Service Motor Ini Dia Alasannya


 

Servis motor apa saja itu sama biaya servis motornya, yang membedakan hanya dimana kita tinggal dan juga seberapa parah yang harus diservis motornya. Tapi ada satu tempat yang harganya sama, meskipun kita tinggal di kota berbeda. Apakah itu? Baca sampai selesai okay!

 

Alasan Harus Rutin Service Motor

 

Sebenarnya tidak hanya motor yang wajib rajin untuk di service. Tubuh kita juga butuh lho diservice, agar tetap sehat dan bugar. Coba kalau nggak rutin diservice, pasti deh sering meriyang. Demikian juga dengan motor, bahasa gampangnya demikian.

 

Kalau motor jarang diservice maka yang terjadi performa motor akan menurun dan mudah rusak. Kalau sudah rusak, benerinnya akan jauh lebih mahal ya kan?

 

Kakakku termasuk orang yang malas ke bengkel, akhirnya motornya mogok-mogokan, bahkan ketika dinyalakan knalpotnya keluar asap dan baunya nggak sedap. Bikin orang lain otomatis jengkel ya kan?

 

8 Bagian Terpenting yang Harus Diperhatikan Saat Service Motor

 

1. Mengganti oli mesin

 

Oli motor matic akan terlihat hitam butek seperti comberan, jika motor itu tidak baik-baik saja. Tetapi jika terlihat masih bening, artinya keadaan motor kita aman. Saya sering memerhatikan ketika oli motor matic saya diganti, tampak hitam dan menjijikan.

 

Oli mesin menjadi penting diganti karena memiliki fungsi sebagai pelindung mesin, pendingin mesin, dan pelumas. Kalau dari pabrikan, rekomendasi penggantian oli jika jarak tempuh kita sudah mencapai 2500 Km. Kalau saya ancer-ancernya sebulan sekali.

 

Kabar baiknya buat yang malas tiap bulan ngapelin bengkel, ada pabrikan/reail otomotif yang memberikan rekomendasi penggantian hingga 5000km/2x lebih lama dari oli yang biasa.  Hal ini dikarenaan olinya menggunakan teknologi ester. Yang mana diklaim 2x lebih lama dari oli biasa. Mengapa? Karena base oilnya tertinggi di level kelas oli.


biaya servis motor biaya servis motor matic servis motor apa saja
oli motor matic


 

2. Mengganti oli gardan

 

Pemilik motor matic nih, wajib diperhatikan ya. Harus rutin mengganti oli gardan. Fungsi dari oli gardan ini sebagai pelumas gear yang ada di CTV (Continuously Variable Transmission.

 

Untuk waktu penggantian dari oli gardan ini, bisa disiasati dengan 2x ganti oli mesin, baru 1x ganti oli gardannya.

 

3. Mengganti kampas rem

 

Jujur motor matic saya ini boros banget dalam penggantian kampas rem, mungkin karena model tua kali ya. Kalau nggak sering diganti alamat kalau bawa motor was-was ketika ngerem. Kampas yang tipis bikin nggak pakem kalau ngerem. Kan bahaya pol, apalagi kalau di jalan raya lho.

 

4. Mengganti ban motor

 

Selain kampas rem ban motor matic saya yang sering ganti, hampir tiap bulan dan ketika melakukan perjalanan jauh bisa ganti kadang sampai 2x. Hiks! Nggak tahu nih ban motor saya sensitif sekali kalau diajak berkendara, padahal ya udah ganti antara ban luar dan dalam tapi ada aja masalah. Inilah mengapa penting sekali melakukan pengecekan penting saat melakukan servis motor, di bagian ban.

 

5. Mengganti filter udara

 

Mengapa fungsi filter udara menjadi penting? Karena filter udara akan menyaring udara kotor, supaya tidak masuk ke ruang pembakaran. Parahnnya jika udara kotor masuk, sistem injeksi dan karburator motor bisa bahaya. Terlebih jika berulang, sebab itu penting filter udara dicek dengan rutin.

 

6. Mengganti busi

 

Busi merupakan bagian motor yang mempunyai fungsi merubah aliran listrik koil, menjadi percikan api. Inilah mengapa motor bisa menyala, ya karena peran busi pada motor inilah. Kalau busi dalam keadaan baik, motor ketika dinyalakan langsung 'Greng'! Tapi kalau nggak ya busi boleh jadi harus ganti.

 

7. Mengganti Aki atau Accu

 

Aki/Accu/akumulator adalah alat yang akan menyimpan energi, khususnya energi listrik dalam bentuk kimia. Nggak hanya motor yang punya aki, mobil juga memiliki aki agar dapat menyala. Terlihat sepele ya? Tapi kalau nggak dirawat aki bisa juga bermasalah. Gampangnya biar aki awet, kita harus rutin memanaskan kendaraan meski tidak dipakai, kurang lebih 10 menitan.

 

8. Tone up motot dengan rutin

 

Semua komponen pemeriksaan kendaraan disebutnya dengan service motor tune up. Pemeriksaan yang dilakukan dengan menyeluruh, dimulai dari starter, rem, klakson, kondisi lampu, kondisi ban, kondisi filter udara, rantai, busi, dan kesemuanya.

 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau pernggantian sparepart. Tetapi tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. Demikian pengalaman yang saya rasakan.

 

Pilih Bengkel Servis Motor Terbaik


Pernah punya pengalaman tempat servis yang ala kadarnya, bikin saya nggak mau sembarangan servis motor jadinya. Planet Ban menjadi plilihan buat servis motor terbaik.

 

Sudah menjadi harapan semua orang kalau habis servis motor tuh, berasa motor rasa baru. Iya nggak sih? Alus banget mesinnya dane nak dikendarai. Makanya nih cari servis motor yang benar-benar cepat dan biaya hemat.

 

Nggak satu dua lho bengkel yang mau servis pada bagian yang vital di motor, karena letaknya tersembunyi ya udah aja. Padahal kitanya yang punya motor memerhatikan. Iya nggak?


biaya servis motor biaya servis motor matic servis motor apa saja
servis motor apa saja


 

Mengapa Memilih Planet Ban?

 

Planet Ban menjadi pilihan servis motor terbaik bukan karena iklannya wara-wiri di tivi ya, tapi karena memang menggunakan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi. Alhasil mesin motor kita jadi cling, performanya jadi enak banget dipakai.

 

Selain itu penggunaan sparepartnya asli, jadi akan aman untuk motor dan bisa tahan lama. Bisa dibuktikan ketika kita menarik gas, tarikannya enteng dan mesinnya nggak gampang panas.

 

Dengan planet ban, nggak perlu tiap kali ngapelin bengkel deh. Karena olinya diganti jika jarak tempuh kita 5000km, jadi bisa 4-6 bulan sekali. Nggak kayak saya awalnya sebulan sekali.

 

Di planet ban, kita juga bisa menjadi duta penjaga lingkungan hidup. Dikarenakan emisi dan polusi dari motor berkurang banyak.

18 komentar untuk "Mengapa Harus Rutin Service Motor? Ini Dia Alasannya"

  1. Waaa....ban mu boros banget mba. Mungkin karena sering jarak jauh itu. Aku bisa2 berbulan2 sih klo untuk ban. Tahun malah... Soalnya jarak jauhnya jarang. He eh, motor juga kayak tubuh kita. Harus dirawat klo mau awet ..

    BalasHapus
  2. Nah, iya betul sekali. Service motor harus rutin kalau perlu dicatat supaya tidak kelupaan untuk waktu service selanjutnya..

    BalasHapus
  3. Service motor secara rutin emang penting. Setidaknya kalo untuk kendaraan tua jangan lupa ganti oli rutin..karena takutnya nanti turun mesin kalo gak diservice juga. Makasih infonya kak..

    BalasHapus
  4. Nah saya setuju banget jika servis motor adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik motor, baik yang baru maupun yang lama. Servis motor memiliki banyak manfaat, seperti menjaga performa motor, menghemat biaya perawatan, merawat komponen motor, meningkatkan kenyamanan berkendara, dan mempertahankan nilai jual motor. Jangan sampai dah, ntar pas digunakan malah bikin susah

    BalasHapus
  5. Iya ya, penting banget nih rutin servis motor, dulu waktu saya masih kerja, rajin dan rutin deh, trus pas jadi IRT jadi jarang keluar, jarang saya perhatiin motor, sampai rusak parah dong.
    Btw, saya penasaran nih pengen servis di planet ban :)

    BalasHapus
  6. nyaman berkendaraannya gak hanya buat si pengendara aja tetapi juga di jalan raya,
    maka dari itu, kudu rutin deh buat diservis motornya ya

    BalasHapus
  7. Memang bakal lebih mahal kalau memperbaiki, maka mending motor diservice rutin seperti di Planet Ban ini, agar tak terjadi performa motor menurun dan mudah rusak.

    BalasHapus
  8. Ibarat pepatah cantik itu dirawat, bukan diedit, begitu juga dengan kendaraan bermotor ya. Melakukan servis rutin, saya akui kendaraan jadi terasa lebih ringan dan mesin makin awet

    BalasHapus
  9. Jadi kangen anakku
    Setiap pulang dia selalu ngecek sepeda motor di garasi trus dibawa ke Planet Bank
    Kan gak hanya manusia, sepeda motor juga membutuhkan perawatan katanya ^^

    BalasHapus
  10. Di tempat tinggal aku, fisik kendaraan itu nomor dua. Nomor satu ya pokonya kekuatan mesin dan rem. Kalau enggak, percuma punya kendaraan kalu ngga bisa naik turun bukit. Yang ada repot sendiri nanti. Makanya soal perawatan ngga boleh teledor beneran.

    BalasHapus
  11. Motor yang gak di rawat nanti bakalan kena biaya gede sekitar 300.000-500.000 buat biaya turun mesin. Banyak onderdil yang di ganti.

    BalasHapus
  12. Untuk ban, sekarang aku lebih memilih ban tubless yang minim masalah, kalau kena paku pun gak langsung bocor dan gak perlu ngeluarin ban dalam jika harus ditambal. Coba deh tanya di planet ban

    BalasHapus
  13. Saya tergolong yang sering service motor nih, karena motor sehabis di service bawaannya jadi lebih enak dibawa aja gituu.

    BalasHapus
  14. Rutin ngapelin planet ban nih, biar performa mesin si cantik tetap ciamik.
    Terakhir viral di tiwtter tuh kondisi motor zaman sekarang yang gampang MLYT. Kayanya memang kudu sering di cek cek deeh.. biar minimal, aman dalam berkendara. Ya, aman untuk diri sendiri dan orang lain.

    BalasHapus
  15. kalo punya kendaraan tuh buatku sih hukumnya wajib yaaa service rutin, krn utk keselamatan dan kenyamanan kita juga sebagai pengguna kendaraannya apalagi kalo dipakai sehari2

    BalasHapus
  16. Bener banget, motor itu bisa diibaratkan seperti tubuh kita, sebisa mungkin sebulan sekali lah dikontrol ke bengkel ya biar awet

    BalasHapus
  17. Suka mampir ke Planet Ban karena isi anginnya gratis. :D

    BalasHapus
  18. saya juga langganan di PLanet ban untuk ganti ban

    BalasHapus