Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjalankan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula


Tips Menjalankan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula - Usaha rumahan omset jutaan bukan lagi mimpi, didukung dengan piranti yang mumpuni apalagi di era serba digital ini.


usaha rumahan yang tidak ada matinya ide usaha rumahan di desa usaha rumahan modal 50 ribu
Tips Menjalankan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula


 

Sudah membaca artikel sebelumnya? Tentang 'Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya'? Pasti sudah ada gambaran lain tentang usaha rumahan yang bisa digeluti? Karena berbagai macam usaha bisa kok dikerjakan dari rumah.

 

Ide usaha rumahan kreatif juga banyak dijumpai, kalau saya sendiri ide bisnis rumahan online yang dikerjakan di rumah yakni mengelola blog hehehe ... punya hobi menulis, kenapa tidak dijadikan usaha saja ya kan?

 

Emang bisa ngeblog dapet duit? Bisa dong, buat yang berprofesi menjadi blogger pasti meng'iya'kan.

 

Terus darimana dapat duitnya? Ya sama kayak di TV, dapetnya dari iklan. Nonton YouTube aja banyak iklannya, makanya Youtuber-youtuber duitnya makin banyak ye kan? Semoga aja blogger Indonesia juga bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak, dari seorang YouTuber. Aamiin. Hehehe ...

 

Blogger, YouTuber, Influencer, Buzzer, merupakan ide usaha rumahan kreatif. Termasuk fotografi, videografi, semuanya bisa dikerjakan dari rumah.

 

Nah, di bawah ini saya membagikan tips menjalankan ide bisnis rumahan biar tahan banting. Karena tanpa ketelatenan mustahil kita bisa berkembang dan sukses. Cus baca sampai selesai ya!

 

 

 

5 Tips Menjalankan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

 

 

usaha rumahan yang tidak ada matinya ide usaha rumahan di desa usaha rumahan modal 50 ribu
ide usaha rumahan kreatif

 

Jangan takut untuk gagal lebih dulu

 

Halo-halo, setiap orang yang menjalankan usaha pasti memiliki pilihan. Mau gagal atau sukses dan walaupun sebagai pemula jangan pernah merasa takut gagal. Tapi nggak apa-apa sih kalau takut gagal, manusiawi, namun jangan berlebihan ya. Bisa-bisa nggak jadi usaha hehehe ...

 

Ingat! Orang sukses bukan nggak pernah gagal, tapi orang sukses adalah orang yang sudah berhasil menghabiskan jatah gagalnya berkali-kali sehingga menemukan pola yang tepat.

 

Kita bisa belajar dari kegagalan, bukan berarti kalau gagal kita ini nggak mampu. Bukan. Tuhan sedang menguji, seberapa kuatkan kita bertahan dan punya mental pemenang. Okay!

 

 

Kelola administrasi dengan baik

 

Usaha yang tidak pernah sepi itu biasanya sudah menjalankan administrasinya dengan baik, sehingga tidak bocor di mana-mana. Yang penting ide dasar dari pengelolaan uang bisa dikuasai, insyaAllah aman.

 

Nah yang masih jadi PR besar banget juga buat aku, belum bisa mengelola administrasi dengan baik. Padahal keuangan bisnis dengan pribadi harus dipisah kan? Aku masih campur aduk hehehe ... jadi belum bisa disebut sukses nih diriku. Masih belajar terus. Semoga kita semua bisa sukses ya kan? Aamiin.

 

Memilih bisnis yang sesuai minat

 

Membangun bisnis itu gampang-gampang sulit, kalau mau yang gampang lebih baik pilih bisnis yang sesuai dengan passion kita. Kayak saya ya sukanya menulis, ya usaha yang bisa ditelateni dengan menulis.

 

Saya membangun blog, tidak hanya satu tapi ada 8 hehehe ... saya juga membuka usaha membuat artikel, membuka usaha boost IG dan pageview artikel, dan lain-lain. Intinya usaha tersebut saya sukai dan cintai. Jadi menjalankannya ringan, kayak lagi main.

 

Menentukan visi dan misi

 

Setiap tujuan yang jelas pasti akan terarah. Termasuk dalam menjalankan ide bisnis rumahan, apa yang menjadi tujuan selain mendapatkan penghasilan? Pencapaian-pencapaian apa, target apa sehingga bisnisnya biar terus berkembang.

 

Dengan adanya visi dan misi, aman buat kita biar nggak mangkir.

 

Berapa modal yang dibutuhkan?

 

Pilih usaha yang tidak membutuhkan modal banyak, kalau kamu tidak punya banyak uang hehehe ... uang memang bisa diusahakan tapi sebaiknya dari dompet pribadi bukan meminjam, okay!

 

Jika kita sudah tahu modal kita berapa dan cukup untuk membuka usaha maka hindari membeli barang yang belum perlu. Mending dialokasikan untuk ke hal yang benar-benar dibutuhkan.

 

Menentukan kapan memulai

 

Kalau di daerah sini, usaha yang besar misalnya mendirikan kedai makanan, biasanya itu dihitung pasarannya hari apa biar nggak sial dan sukses gitu.

 

Demikian juga dengan usaha yang akan kita jalankan, harus dengan perhitungan matang. Tapi yang lebih penting dari itu semua, mulailah sekarang juga nggak perlu tunggu nanti-nanti. Okay!

 

Semoga artikel 'Tips Menjalankan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula', ini bermanfaat. Salam.


Posting Komentar untuk "Tips Menjalankan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula"