Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Rajab 2023 Jatuh pada Tanggal?


Puasa Rajab 2023 Jatuh pada Tanggal - Puasa Rajab merupakan puasa sunah yang dilaksankan pada bulan Rajab. Umat Islam boleh melakukan amalan puasa Rajab ini dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

 

puasa rajab berapa hari puasa rajab 2023 niat puasa rajab
puasa rajab 2023 jatuh pada tanggal



puasa Rajab 2023 kapan? Akan saya ulas dalam artikel ini, tunggu ya. Sebelumnya yuk kita kenali lebih dekat puasa Rajab.

 

 

Niat Puasa Rajab

 

 

Nawaitu shouma ghadin fi syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala.

 

Artinya: Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta'ala.

 

Umumnya niat dibaca saat kita sahur atau sebelum melaksanakan puasa dan setelahnya kita diwajibkan menahan hawa nafsu, lapar, dan dahaga dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Dimulai dari azan Subuh sampai dengan azan Maghrib.

 

Niat puasa Rajab 2022 dan niat puasa Rajab 2023 tentunya sama, bagaimana bacaan niat puasa Rajab sudah saya tuliskan di atas tadi ya.

 

 

Niat Buka Puasa Rajab

 

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu, birrahmatika yaa arhamar roohimin.

 

Artinya: Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan  rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.

 

Keutammaan puasa Rajab ini mempunyai beberapa, dua diantaranya adalah: umat muslim bisa mendapatkan manisnya hidangan surga dan Allah janjika ampunan. MasyaAllah.

 

 

Puasa Rajab 2023 Jatuh pada Hari?

 


puasa rajab berapa hari puasa rajab 2023 niat puasa rajab
puasa rajab 2023 kapan



Puasa Rajab 2023 dimulai tanggal berapa? Menurut kalender Lembaga Falakiyah PBNU, bulan puasa Rajab 2023 hari apa jatuh di hari Senin, 23 Januari 2023. Puasa Rajab sampai tanggal berapa akan sampai pada tanggal 20 Februari 2023.

 

 

Menurut pengasuh dari pondok psesantren Al Anwar Sarang, Rembang oleh KH. Maimun Zubair puasa Rajab yang lebih baik bisa dilakukan pada tanggal 1 sampai dengan 10 Rajabnya. Nah, kalau nggak kuat nih ya, bisa puasa ditanggal 10 Rajabn dan 1 Rajabnya saja.

 

Untuk amalan puasa Rajab, kita bisa memperbanyak shalawat untuk Nabi dan juga bersedekah. Nabu Muhammad SAW bersabda, siapa yang melapangkan kesulitan mukmin di bulan Rajab, Allah Ta'ala akan memberikan istana di surga Firdaus seluas pandangan matanya. MasyaAllah.

 

Sudah dicatat dan hapalkan ya? Kapan puasa Rajab 2023 jatuh pada tanggal berapa? Besok lho ya, tanggal 23 Januari 2023. Semoga kita semua dimudahkan dalam menjalankannya ya, bagi semua muslim di seluruh dunia. (*)

 

Posting Komentar untuk "Puasa Rajab 2023 Jatuh pada Tanggal?"