Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beli Properti Tahun 2023 Tak Perlu Khawatir

Beli Properti Tahun 2023 Tak Perlu Khawatir - Meskipun tahun 2023 ada ancaman resesi. Tapi, jangan khawatir karena Presiden Republik Indonesia, pak Joko Widodo. Memberikan keterangan setelah adanya revolusi konsumen. Ternyata ada 141 juta penduduk Indonesia yang naik kelas ke kelas menengah dan kelas atas.


situs jual beli properti rumah dijual hari ini dijual: rumah murah 20 juta
Beli Properti Tahun 2023 Tak Perlu Khawatir 



 

Dengan begitu, fakta ini bisa menjadi angin segar untuk Anda yang ingin membeli properti dalam waktu dekat. Ancaman resesi tak lagi perlu ditakutkan sebab potensi investasi atau pembelian properti tidak akan terlalu terkena dampaknya.

 

Apalagi setelah penurunan pajak bagi pelaku usaha properti. Dari pengenaan pajak penghasilan 5% kini hanya tinggal 1% saja. Potongan ini berlaku untuk rumah beserta tanah yang bangunannya seluas 400 meter persegi.

 

Dengan penurunan pajak ini, tentunya developer jadi semakin semangat untuk menyediakan hunian atau properti yang sesuai kebutuhan Anda.

 

Kalau Anda ingin membeli lahan properti seperti Rukan untuk tempat usaha. Anda tak perlu khawatir, karena banguna rukan termasuk properti yang menguntungkan untuk dimiliki.

 

 

Kenapa Properti Rukan Menguntungkan?

 

situs jual beli properti rumah dijual hari ini dijual: rumah murah 20 juta
Kenapa Properti Rukan Menguntungkan?



 

Sebelum membeli, tentu Anda ingin mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari kepemilikan rukan. Mari diperjelas satu per satu.

 

Keuntungan memiliki rukan salah satunya adalah mempermudah Anda menjalankan usaha tanpa harus memikirkan biaya sewa yang sewaktu-waktu bisa meningkat tanpa pemberitahuan.

 

Bukan rahasia lagi terkadang pemilik rukan akan menaikkan biaya sewa dengan alasan yang kurang transparan. Ini bisa mengakibatkan usaha yang sedang Anda rintis bisa kehilangan pelanggan. Terutama kalau Anda benar-benar terpaku pada lokasi, tentu akan mengganggu ritme usaha.

 

Dengan memiliki rukan sendiri, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Bahkan, jika Anda suatu saat memutuskan menutup usaha Anda. Anda justru bisa menjadikan rukan Anda sebagai tempat untuk disewakan. Jadi, tidak akan rugi meski Anda tidak mengelola usaha di tempat rukan milik Anda.

 

Kekurangan dari kepemilikan rukan ini berhubungan dengan lokasi. Jika Anda memiliki rukan yang ternyata jauh dari pusat perniagaan. Dan sulit aksesnya. Ini akan membuat rukan Anda akan tidak menarik. Usaha yang mungkin Anda jalani juga bisa tidak laku kalau lokasinya tidak strategis. Mau disewakan pun tidak banyak yang mau. Apalagi dijual, tentu akan menjadi penantian yang panjang.

 

Karena itu, sebelum membeli ruko, harus cek beberapa hal di bawah ini.

 

 

Tips Memiliki Ruko Untuk Usaha

 

 

situs jual beli properti rumah dijual hari ini dijual: rumah murah 20 juta
Tips Memiliki Ruko Untuk Usaha

1. Pilih Lokasi Yang Strategis

 

Baik itu tempatnya di pinggir jalan ataupun masih satu lokasi dengan pusat perniagaan. Tak hanya itu, tempat rukan juga harus memiliki lahan parkir sehingga calon pelanggan tidak kesulitan memarkirkan kendaraan mereka.

 

Selain itu, kelebihan membeli ruko di pusat perniagaan adalah kemungkinan usaha Anda laris akan lebih tinggi. Walaupun Anda mendapatkan ruko yang tempatnya agak ke dalam. Tetap saja, lokasi pusat perniagaan akan selalu ramai jadi memudahkan Anda juga untuk menjalankan usaha.

 

 

2. Cek Surat Perizinan

 

Sebelum membeli, lakukan terlebih dahulu pengecekan terutama surat perizinan. Apakah disediakan lengkap atau tidak. Dan bagaimana status pengembang apakah terpercaya atau tidak.

 

Kalau Anda melakukan pembelian dari pihak kedua atau pembelian ruko bekas. Anda harus berhati-hati dan pastikan Anda sudah mengecek melalui konsultasi hukum sebelum transaksi. Agar Anda terhindar dari kerugian.

 

 

3. Apakah Finansial Anda Sehat?

 

Ini yang paling utama. Sebelum Anda membeli ruko terutama untuk usaha. Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah keuangan Anda stabil atau tidak. Terutama kalau Anda ingin membelinya menggunakan cicilan kredit KPR.

 

Apalagi kalau Anda belum memiliki pendapatan yang stabil setiap bulan. Anda harus berhati-hati dan pastikan finansial Anda sehat. Anda bisa mengeceknya di Mortgage Calculator untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kondisi finansial Anda.

 

Dengan menghitungnya sebelum transaksi pembelian atau transaksi persetujuan cicilan. Anda bisa menentukan berapa besaran biaya cicilan per bulan yang bisa Anda bayarkan. Karena itu, memeriksa secara mandiri melalui Mortgage Calculator akan memudahkan Anda mendapat gambaran sebelum membeli.

 

 

4. Bagaimana Keamanan Di Lokasi Tersebut

 

 

Keamanan adalah hal utama yang masuk dalam daftar kenyamanan. Apalagi kalau Anda akan menjadikan ruko tersebut sebagai tempat menyimpan produk usaha. Anda harus benar-benar memastikan bahwa lokasi tempat tersebut aman.

 

Selain lokasi tempat ruko, Anda juga harus melihat ke lokasi sekitar. Apakah Anda harus waspada atau tidak, karena bisa jadi walaupun pusat perniagaan, di lokasi tersebut tetap membutuhkan pegawai keamanan yang Anda siapkan sendiri untuk menjaga ruko Anda.

 

 

5. Pastikan Lokasi Ruko Sesuai Dengan Usaha

 

Karena digunakan untuk usaha. Anda tetap harus memastikan apakah lokasinya sesuai untuk usaha Anda.

 

Semisalnya Anda sering kedatangan mobil dengan ukuran besar untuk mengantarkan barang dagangan. Tentunya Anda harus mengetahui apakah lokasi tersebut memungkinkan mobil logistik masuk ke lokasi ruko atau tidak.

 

Kalau tidak bisa, apalagi mengganggu pengendara atau penghuni lain. Tentu usaha Anda akan dinilai buruk dan menjadi bumerang untuk usaha Anda.

 

Jadi, pastikan semua sudah sesuai jika Anda ingin membeli ruko untuk usaha. Kekhawatiran tentang ancaman resesi tak perlu menjadi momok menakutkan. Asalkan Anda memiliki finansial sehat.

 

Anda bisa mengeceknya secara mandiri untuk melihat kondisi finansial di Mortgage Calculator. Hasilnya bisa untuk pandangan dan perencanaan keuangan Anda di tahun depan.


15 komentar untuk "Beli Properti Tahun 2023 Tak Perlu Khawatir "

  1. Catet tipsnya. Kalau niat usaha, beli model ruko tuh paling bener. Tetap kudu cek lokasi dan lainnya termasuk surat-suratnya. Jadi lebih lega kalau semua aman

    BalasHapus
  2. bener banget mba, kalau niatnya mau usaha emang beli ruko yang paling bener, selain lokasinya yang pasti mendukung untuk bisnis, biasanya ijin dan surat2nya juga udah lengkap

    BalasHapus
  3. Rukan lagi marak digunakan buat usaha. Kadang suka heran sama pengusaha es teh atau es grim yang menggunakan rukan buat tempat jualan. Salut dengan keberaniannya mengeluarkan modal

    BalasHapus
  4. Menurutku wajib banget punya rukan yang lokasinya tuh harusnya di tempat yang strategis ya mba. Dan memang harus pilih pilih rukan yang tepat sebelum dibeli

    BalasHapus
  5. Rukan menjadi tempat yang nyaman kalau memang lokasinya oke.
    Karena terlihat simple dan multifungsi. Nyaman juga bagi pembeli karena seperti one stop shopping gitu ya... Di sekitarnya banyak rukan dengan jenis usaha beragam.

    BalasHapus
  6. Kadang mumet juga ya, pilih lokasi usaha yang strategis bakalan mahal biaya ini itunya. Tapi namanya usaha, tentunya sudah ada perhitungan dan alokasi pengeluaran yang bisa ditanggung.

    BalasHapus
  7. Kalau ada dananya emang sebaiknya segera aja beli rumah. Atau iya sih. kalau dah beli rumah emang bisa tu beli ruko buat jualan atau disewakan. Kalau misal belum cukup beli tanah dulu di daerah yang sekiranya proyeksi ke depannya akan bagus.

    BalasHapus
  8. Kalau usahanya punya progress yang bagus emang baiknya beli rukan atau ruko ya mba. Abis makin kesini harga sewa ruko atau rukan makin tinggi, jadi mending beli sekalian ya, tentunya dengan menjalankan beberapa tips tadi ya. Thanks mba

    BalasHapus
  9. bismillah semoga dimudahkan yaa mba.. memang saya pun juga lagi butuh banget buat kantor tapi anggarannya belum memadai hihihi

    BalasHapus
  10. kalau finansial kita sehat sih gak perlu khawatir berlebih ya, tapi tetap juga harus waspada dan cek segala hal yang menyangkut keamanan dan perizinan serta hal lainnya ya.
    ruko untuk usaha memang dibutuhkan jika ingin memulai usaha.

    BalasHapus
  11. Kalau untuk rukan memang sebaiknya yang strategis ya. Akses jalannya itu banyak, sehingga bisa dari segala sisi dan memudahkan saat menjadikan rukan itu sebagai bisnis

    BalasHapus
  12. Ikut mencatat tips beli propertinya ah. Siapa tahu nanti kesampaikan punya rukan. Properti yang satu ini emang menjanjikan sih, baik untuk investasi maupun untuk memulai usaha

    BalasHapus
  13. Nah ini, tetap harus optimis ya, walaupun katanya akan resesi ini itu, tetapi siapa tau kan justru tahun depan akan menjadi tahun yang cerah

    BalasHapus
  14. Thanks tipsnya mbak.
    Aku catet nih bbrp poin pentingnya agar nanti klo minat beli property bs jadi panduan.

    BalasHapus
  15. Doakan ya suamiku mau invest properti. Entah tanah di kampung halaman, atau di Depok lagi. Pingin juga buka usaha dg bangunan milik sendiri. Aamiin

    BalasHapus