Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Novel Rinduku Sederas Hujan Sore Itu

 

Resensi Novel Rinduku Sederas Hujan Sore Itu - Sederas Hujan Sore Itu merupakan buku yang memuat dua puluh sembilan tulisan. Dengan sampul yang cantik ditambah lukisan yang ada di dalamnya.

rinduku sederas hujan sore itu pdf makna puisi rinduku sederas hujan sore itu sinopsis novel rinduku sederas hujan sore itu
review buku rinduku sederas hujan sore itu
 

Lukisan tersebut adalah karya dari istrinya bang Khairen. Cantik dan manis, membuat penggambaran hujan dan hal yang manis namun kadang menyakitkan jadi terasa.

 

Kisah yang dituangkan di buku ini ada beragam. Ada kisah yang mengharukan sekaligus membuat sedih. Menggunakan sudut pandang seekor kucing kampung.

 

Sedih, padahal sebelumnya ia bercerita kalau ia sering bertengkar dengan kembarannya. Tanpa ia tahu satu persatu anggota keluarganya menghilang.

 

Ia melakukan pencarian hingga kemudian ia mengetahui kenyataan bahwa bregedew sudah tak ada. Sedih karena keinginannya untuk kembali ke surga adalah ingin bereinkarnasi menjadi manusia.

 

Terus, ada juga cerita pasangan suami istri yang lucu. Berawal dari keinginan membeli ayam goreng tepung. Menggunakan sepeda motor berkeliling bersama bayi yang digendong istrinya.


rinduku sederas hujan sore itu pdf makna puisi rinduku sederas hujan sore itu sinopsis novel rinduku sederas hujan sore itu
buku rinduku sederas hujan sore itu


 

Sang suami yang tengah mengendarai motor akhirnya melihat ada polisi. Yang tak lama kemudian membuatnya ditilang. Uang yang tadinya dibuat beli ayam goreng tepung justru berbalik jadi untuk membayar denda.

 

Ada juga kisah Saiful, yang sedang bersedih dan mengingat saat keluarganya pergi selamanya akibat bencana alam. Ia mengingat jasad ayahnya ditemukan di reruntuhan pasar Pariaman.

 

Di mata Saiful, sang ayah ini merupakan sosok yang sangat bertanggung jawab pada keluarganya. Pekerja keras yang senantiasa berusaha memenuhi kebutuhan anak istrinya.

 

Ia mengalami halusinasi dengan melihat sosok Ayah dan Ibunya yang mengenakan pakaian putih. Ayahnya bertutur bahwa di Surga itu indah. Sang Ayah berkata kalau ia bertemu dengan banyak pahlawan yang berjasa bagi Indonesia.

 

Ada kutipan yang menarik, "Ketahuilah, dari 1347, ketika Raja Adityawarman memimpin tanah Minangkabau dulu hingga 2009, selama 662 tahun, selama itu pula Minangkabau hanya memberi kepada Indonesia, tidak pernah menerima. Yang kita dapat hanyalah cap pemberontak."


rinduku sederas hujan sore itu pdf makna puisi rinduku sederas hujan sore itu sinopsis novel rinduku sederas hujan sore itu
rinduku sederas hujan sore itu


 

Setelah itu suara ayahnya tenggelam dan sosoknya menghilang dari lamunan Saiful. Dan ia mulai berjalan kembali dan menatap pembangunan kota yang mulai tumbuh kembali.


Detail Novel Rinduku Sederas Hujan Sore Itu

 

  • Judul buku : Rinduku Sederas Hujan Sore Itu
  • Penulis : JS. Khairen
  • Penerbit : Noura Publishing
  • Terbit : Cetakan pertama, 2019
  • Genre : kumpulan cerpen dan puisi romantis
  • Bisa dibeli di Gramedia.com
  • Harga buku : Rp 75.000

 

Sinopsis Novel Rinduku Sederas Hujan Sore Itu :

 

Hujan adalah janji setia langit kepada bumi. Yang pasti datang, tanpa payah menunggu. Kita terjebak di hujan yang sama, namun tak bisa saling bicara. Membuatku terus menunggumu memutar badan dan melempar senyum kepadaku.

 

Aneka rasa tumpah dari langit. Cemas dan rindu tanpa bisa kucegah. Rasa yang begitu besar, yang melenyapkan rasa lainnya.

 

Jarak kita tak jauh. Namun tak bisa bertatapan, apalagi berbicara. Rinduku sederas hujan sore itu.

8 komentar untuk "Resensi Novel Rinduku Sederas Hujan Sore Itu"

  1. Hujan adalah momen indah dan bersejarah dalam hidupku. Ada kenangan yang tak terlupakam dalam kisah hujan. Sama dengan kisah-kisah dalam buku ini yaaa...

    BalasHapus
  2. Baca sekilas kayaknya menarik banget novelnya ya Nyi. Jadi pengen baca

    BalasHapus
  3. oh ini kumcer ya Nyi? kukira novel..hehe.. sepertinya cerita2 di dalamnya seru2 utk dibaca ya.. terima kasih resensinya..

    BalasHapus
  4. Referensi utk bacaan berikutnya nih. Makasih mbak reviewnya,jd penasaran pgn baca segera.

    BalasHapus
  5. Ih jarang lho ada cerita yg PoV nya kucing kebayang pasti kalimat2nya unik deh. Jadi penasaran pengen baca juga nyi

    BalasHapus
  6. Ini buku antologi ya mbak?
    Belum pernah baca tapi sepertinya ceritanya menarik.

    BalasHapus
  7. Aduuuhhhh, nyesek deh yang kena tilang itu. Nggak jadi makan ayam goreng tepung yaa, kasihan ah. Oh iya mengapa sampai kena tilang, apa nggak pakai helm dengan alasan dekat? Jadi penasaran dengan isi cerita lebih lengkap, Nyi

    BalasHapus
  8. Ini isinya semuanya berupa cerpen2 Dr JS Khairen berarti ya? Ada berapa cerpen totalnya?

    BalasHapus