Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Tteokbokki Makanan Khas Korea Selatan


Mengenal Tteokbokki Makanan Khas Korea Selatan - Anyyeong! Siapa yang suka ngiler kalau liat drama Korea, terus ada adegan tokohnya makan, makanan khas negeri Gingseng tersebut? Cung! Kita samaan, apalagi kalau ngeliat Tteokbokki dengan saus gochujangnya yang berwarna mera menggiurkan. Rasanya kalau punya pintu ajaib Doeraemon, saya ingin langsung terbang ke sana. 


tteokbokki resep resep tteokbokki gochujang tteokbokki halal bahan tteokbokki
Tteokbokki Favorit Lim Ju Kyung di Drama Korea True Beauty



Pertama kali makan Tteokbokki, waktu balik ke rumah Ibu, istri dari kakak saya membeli Tteokbokki kemasan. Dia yang penasaran dan tidak menghabiskan, saya ikutan incip nih. Rasanya lumayan enak, dan saus pedas manisnya tuh bikin nagih. 


Buat teman-teman yang belum tahu Tteokbokki, makanan ini adalah jenis camilan yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan saus pedas. Hampir di semua drama Korea yang saya tonton ada adegan makan Tteokbokki, makanan yang fenomenal khas Korea Selatan. Bahkan adik saya yang bekerja di Korea Selatan, saya wanti-wanti kalau pulang bawain Tteokbokki asli sana hehehe ...


Tteokbokki Favorit Lim Ju Kyung di Drama Korea True Beauty


Kalau kalian pernah nonton drakor True Beauty, pasti akan ingat adegan Lim Ju-kyung dan Hwang In-yeob yang sering makan Tteokbokki bersama. Kedai tersebut ternyata merupakan kedai yang sangat terkenal di Korea Selatan sana, yakni Namdo Bunsik cabang Ikseon-dong. 


tteokbokki resep resep tteokbokki gochujang tteokbokki halal bahan tteokbokki
Namdo Bunsik cabang Ikseon-dong



Keadaan sebenarnya di Namdo Bunsik ini banyak menu khas Korea lain yang bisa dicicipi, seperti Kimbab, Mandu, Gorengan, Bibimyeon, Eomuk, Sundae, dan lain sebagainya. Tapi yang sering mereka berdua pesan dan masuk dalam frame drama adalah Tteokbokki. 


Di Namdo Bunsik sendiri menu Tteokbokkinya, memiliki tiga jenis Tteokbokki, ada Tteokbokki pedas, Tteokbokki dengan tambahan daun lobak, dan Jjajang Tteokbokki dengan telur mata sapi. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau dirupiahkan harga Tteokbokki di sana senilai Rp77ribu, untuk kimbab Rp45ribu, Kimbab sayur Rp115ribu, Bibimyeon Rp45ribu, Eomuk Rp51ribu. Lumayan ya harganya? Tapi kalau rasanya enak tidak masalah, apalagi Namdo Bunsik ini memang sudah populer di sana dan cabangnya tersebar.



Tteokbokki Resep Ala Dapur Instagram @Hm_Zwan


tteokbokki resep resep tteokbokki gochujang tteokbokki halal bahan tteokbokki
tteokbokki resep


Saya memiliki teman blogger yang hobi banget memasak, namanya mba Lis dengan akun instagram @hm_zwan. Kepoin aja akun instagramnya penuh dengan masakan yang bakalan bikin kalian ngiler seketika. 

Beberapa bulan lalu, dia bikin Tteokbokki diupload di instagram. Sukses bikin ngiler dong, keterlaluan hahaha ... tapi beliau juga membagi kisah dibalik pembuatan plus resep tteokbokki meski bahan untuk membuat saus gochujangnya dengan bahan yang di depan mata, ungkapnya. 

Ini dia resep tteokbokki ala @hm_zwan. Siapa tahu mau dipraktekin teman-teman. 


Bahan :

  • 8 sdm tepung beras
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 100 ml air
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat :

Siapkan wajan, rebus air, tepung beras, garam dan kaldu bubuk sampai air surut, matikan api. Masukkan tepung tapioka, uleni saat hangat. Ambil adonan, bentuk memanjang, potong 5 cm.

Rebus potongan topoki 10 menit, sisihkan.

Saos :

  • 8 sdm saos sambel
  • 1 sdt cabe bubuk
  • 100 ml air
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat :

  • Rebus semua bahan, masukkan topokki. 
  • Kalo sudah mengental, matikan api. 
  • Sajikan.

Terima kasih sudah membaca artikel 'Mengenal Tteokbokki Makanan Khas Korea Selatan', sampai selesai. Semoga bermanfaat. Salam.


Posting Komentar untuk " Mengenal Tteokbokki Makanan Khas Korea Selatan"