Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Rileks Menenangkan Pikiran


Cara Rileks Menenangkan Pikiran - Dalam hidup ini, kita semua akan dan selalu diberikan cobaan oleh-Nya. Namun dari ujian tersebut, manusia dapat mengambil pelajaran atau hikmah yang membuat diri menjadi pribadi yang lebih kuat lagi. Apalagi di tengah wabah pandemi global yang berlangsung sudah dua tahun. Ujian kesabaran jangan sampai membuat diri menjadi putus asa.


cara menenangkan diri menurut islam cara menenangkan diri saat emosi cara menenangkan diri dari masalah cinta cara menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi
Cara Rileks Menenangkan Pikiran


 

Lantas bagaimana cara menenangkan diri saat emosi, dengan apa yang terjadi dan dialami? Karena jika perasaan yang tidak enak, cemas, gelisah dan hal-hal remeh-temeh lain yang menganggu diri justru akan membuat seseorang stres. Stres yang kronis mampu membuat seseorang terkena kesehatan fisiknya pun kesehatan mental menjadi terganggu.

 

 

Mengapa Penting Menenangkan Diri?


 

Tingkat kecemasan setiap orang memang berbeda, namun jika dibiarkan berlaru-lartu akan membahayakan kondisi disi sendiri. Mengapa meredakan tingkat ketidak tenangan dalam diri itu penting? Karena saat stres ini terjadi hormon kortisol dan adrenalin akan dilepaskan yang mana memacu jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Demikian juga dengan napas yang dihirup lebih cepat, otot menjadi tegang serta kaku pun kadar gula, tekanan darah dapat meningkat

 

Hal inilah yang bisa memicu sistem pencernaan, yang akan membuat asam lambung jadi tinggi, diare datang, serta sembelit. Imun tubuh juga bisa menurun, dan membuat seseorang rentan terserang virus. Yang paling parahnya justru bisa menyebabkan depresi, gangguan mental, serangan jantung, hipertensi dan lain sebagainya jika tidak segera di atasi. Pastinya akan membuat diri sendiri rugi berkepanjangan.

 

 

Cara Rileks Menenangkan Pikiran

 

1. Atur Napas Perlahan

 

Ketika seseorang sedang mengalami panik, cemas, marah, dan lain sebagainya seringnya mereka disarankan untuk mengatur pernapasan. Menarik napas dalam, mengeluarkan dengna pelan. Bisa dengan keadaan duduk, selonjor atau berdiri yang mana nyaman aja.

 

Tarik napas lewat hidung, biarkan dada dan pertu bawah mengembang dengan maksimal. Pada kondisi ini tanganmu pasti akan ikut tertarik, tahan beberapa detik dan buang melalui bibir seperti bersiul. Lakukan beberapa kali, biasanya tingkat panik atau stres menurun.

 

2. Biarkan Tubuh Rileks

Saat keadaan cemas, banyak pikiran dan gelisah hal terbaik yang dilakukan setelah mengatur pernapasan adalah membuat tubuh rileks. Bisa mandi degan air hangat dan berendam dibak mandi, atau juga menikmati secangkir cokelat hangat.

 

Intenational Journal of Management Stress menerbitkan hasil studnya bahwa, air hangat dapat merelaksasi tubuh dengan cara meneman hormon pemicu stresnya. Hal tersebut juga bisa meredakan otot yang kaku dan menengang, pun akan membantu sirkulasi darah dengan baik. Setelah mandi air hangat, istirahat dengan merebahkan tubuh di kasur, ditambah dengan menyalakan lilin aromaterapi. Kalau saya dan suami biasanya juga menyalakan murotal, rasanya menjadi tenang.


3. Alihkan Pikiran dengan Hal Lain


Cara terbaik saat sedang tidak keadaan baik-baik saja, adalah mengalihkan pikiran ke hal yang lain. Misalnya nih menyalurkan hobi yang selama ini digemari, seperti menanam, bersepeda, menonton, dan lain sebagainya.

 

4. Bercerita Kepada orang yang Dipercayai


Perasaan yang menyesak dan pikiran yang tidak enak itu harus dikeluarkan. Salah satu caranya meredakannya adalah dengan berbagi kepada orang yang kamu percaya. Dengan pasangan, saudara, orangtua juga bisa. Karena menceritakan kepada orang lain, termasuk meringankan beban yang ada dalam hati dan pikiran.


5. Berdoa Memohon kepada yang Kuasa dan Instropeksi Diri

 

Hal yang paling utama adalah meminta kepada Allah, agar kita diberikan kekuatan menjalani, menemukan solusi dari segala masalah panik, cemas, kekhawatiran. Tidak lupa juga merendahkan diri dan intropeksi diri dari segala macam rasa yang membuatmu sedih.

 

Semoga Cara Rileks Menenangkan Pikiran ini, dapat membantumu menghilangkan sedikit beban yang mengganjal ya. Terima kasih sudah mampir membaca, salam. 

 

Posting Komentar untuk "Cara Rileks Menenangkan Pikiran"