Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku Anak Pancuran Pangeran Dongeng 3D Nusantara


Resensi Buku Anak Pancuran Pangeran Dongeng 3D Nusantara - Pancuran dan Pangeran, adalah cerita rakyat yang berasal dari Betawi, menurut sumber Dinas Kebudayaan dan Permuseuman. Kemudian ditulis ulang oleh Lilis Hu, dengan judul Pancuran Pangeran. Yang mana lokasi cerita ini di daerah  Pancoran, Jakarta.

 


cerita fiksi asal usul nama pancoran berasal dari daerah mengapa pangeran jaya termasuk tokoh sikap seperti apa yang dapat diteladani dari cerita asal usul nama pancoran dalam cerita asal usul nama pancoran raja memiliki 3 orang anak yaitu sifat pangeran suta sebutkan tokoh tokoh yang terdapat dalam cerita asal usul nama pancoran
Dongeng 3D Nusantara




Dalam cerita asal usul nama Pancoran Raja memiliki 3 orang anak yaitu, Suta, Gerinda, dan Jaya. Raja yang bijaksana tidak ingin anaknya berebut takhta, maka ia meminta anaknya untuk berkelana. Siapa yang mendapatkan tongkat, dialah yang akan meneruskan takhta kerajaan.

 

 

Detail Buku Dongeng 3D Nusantara Pancuran Pangeran

 

 

Judul                : Pancuran Pangeran

Penulis             : Lilis Hu

Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer

Tanggal Rilis   : 19 Desember 2016

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 42 Halaman

Harga              : Rp44.000

 

 

Sinopsis Buku Anak SD Dongeng 3D Nusantara Pancuran Pangeran

 

 

Baginda Raja mengadakan sayembara

Untuk menentukan putra pewaris takhta Ketiga pangeran diharuskan mengembara Siapakah yang berhak menjadi putra mahkota?

 

The King embraces a great contest to inspire To conclude which son should inherit his throne A journey for three princes the quest doth require For whom shall be crowned triumphantly alone?

 

 

Review Buku Anak Dongeng 3D Nusantara Pancuran Pangeran



Dongeng Pancuran Pangeran, mengisahkan kerajaan yang letaknya ada di antara Bogor dan Jakarta. Mengisahkan cerita seorang Raja yang memiliki tiga putra. Raja yang bijaksana ini tidak ingin nantinya  putranya berebut takhta. Karena ketiga putranya tersebut tidak hanya rupawan, tetapi juga cerdas dan tangkas.

 

Berhari-hari Raja berpikir dan merenung

Menemukan cara menentukan putra mahkota

Agar tidak terjadi iri hati dan bertarung

Di antara saudara ketika Raja turun takhta

(Halaman 6)

 

Raja akhirnya memilih ide dari penasihatnya, di mana ia akan mengadakan sayembara untuk ketiga putranya. Sayembara tersebut mengharuskan, ketiga putranya mengelana. Siapa yang lebih dulu sampai istana, dan terlihat mata membawa tongkat sakti. Dialah nantinya yang akan jadi putra mahkota, sebagai penerus Raja yang turun takhta.

 

cerita fiksi asal usul nama pancoran berasal dari daerah mengapa pangeran jaya termasuk tokoh sikap seperti apa yang dapat diteladani dari cerita asal usul nama pancoran dalam cerita asal usul nama pancoran raja memiliki 3 orang anak yaitu sifat pangeran suta sebutkan tokoh tokoh yang terdapat dalam cerita asal usul nama pancoran
dalam cerita asal usul nama pancoran raja memiliki 3 orang anak yaitu


Perintah sudah dibuat, maka berangkatlah ketiga putranya untuk mengembara. Perjalanan yang mereka bertiga tempuh, tidak menunggang kuda, melainkan jalan kaki. Mereka berjalan menanjak, menurun, tertatih dan letih. Tetapi ketiganya tidak lantas berhenti, mereka terus berjalan dalam pengembaraan.Matahari padahal bersinar dengan panas.

Di saat matahari sedang terik-teriknya tersebut, mereka menemukan sebuah pancuran yang menawan, dengan air yang luar biasa sejuknya dan pemandangan yang memanjakan mata.

 

Pangeran Suta dan Pangeran Gerinda segera saja melompat mandi di pancuran. Mereka berbahagia, karena akhirnya keringat yang mengucur deras terbasuh dengan air pancuran sehingga menyegarkan. Kedua pangeran tersebut mandi dan minum air dari danau tersebut. Tanpa minta izin kepada kakek penunggu danau. Apa yang terjadi setelahnya?

 

Pangeran Jaya yang melihat kedua saudaranya tersebut, amat terkejut. Apa yang harus dilakukannya, untuk menyelamatkan kedua adiknya. Setelah dicari tahu, karena bingung. Pangeran Jaya melihat ada kakek  yang sedang bertapa dengan khusyuk. Pangeran Jaya lantas memohon kepada sang kakek yang menunggu pancuran, untuk menyelamatkan saudaranya.

 

Kakek tersebut meminta syarat, pangeran Jaya harus meminum air danau sampai habis, barulah saudaranya akan selamat. Tidak punya pilihan Pangeran Jaya menurut, kakek yang melihat jadi merasakan kasihan dan iba. Akhirnya ia memebrikan maaf dan hukuman kepada kedua saudaranya dilepaskan. Piuh ... lega.

 

Bagaimana kisah selanjutnya? Sang kakek memberikan tongkat sakti kepada mereka bertiga, siapa yang dapat mencabut dari tanah. Maka dialah pemiliknya. Pangeran Suta, Gerinda, atau Jaya yang akan jadi pemilknya? Dengan apa mereka berusaha mencabut tongkat tersebut nantinya? Dan bagaimana Raja serta rakyat menantikan kedatangan mereka? Siapa yang akan jadi penerus Raja selanjutnya?

 

Jawabannya ada dalam review buku Pancuran Pangeran Dongeng 3D Nusantara, yang diterbitkan oleh Penerbit BIP. Penasaran? Yuk baca bukunya. Karena bukunya juga dilengkapi dua bahasa, ada English dan Indonesia. Selain belajar mengenal dongeng Nusantara, juga bisa belajar bahasa Inggris.


cerita fiksi asal usul nama pancoran berasal dari daerah mengapa pangeran jaya termasuk tokoh sikap seperti apa yang dapat diteladani dari cerita asal usul nama pancoran dalam cerita asal usul nama pancoran raja memiliki 3 orang anak yaitu sifat pangeran suta sebutkan tokoh tokoh yang terdapat dalam cerita asal usul nama pancoran
uku Anak Pancuran Pangeran 



 

Sebelumnya saya juga sudah menulis dongeng Rara Jonggrang, siapa tahu penasaran mau baca reviewnya sebelum beli bukunya. Selamat membaca, enjoy!

 

 

Pelajaran yang Dapat Diambil dari Buku Anak PDF Dongeng Pangeran Pancuran


 

  • Di manapun tempatnya kita berada, jika mendatangi suatu tempat. Sebaiknya mengucapkan salam, atau meminta izin sebelumnya. Karena kalau main nyelonong, pemilik sebenarnya tidak akan suka dan bisa jadi ada hal-hal tidak terduga nantinya
  • Menyelamatkan atau membantu saudara yang sedang mengalami musibah, adalah sebuah keharusan. Karena Allah menyukai, orang yang ringan tangan membantu saudaranya
  • Membaca buku ini, membuat kita belajar mengenali sejarah dari daerah lainnya dan bisa diceritakan ulang kepada orang lain

9 komentar untuk "Resensi Buku Anak Pancuran Pangeran Dongeng 3D Nusantara"

  1. Cocok nih buat dongengin anak anak apalagi banyak pesan moralnya kaya gini arh wajib dipraktekin nih thx reviewnya

    BalasHapus
  2. Baru tahu lho tentang Dongeng Pancuran Pangeran di blog ini. Btw, bukunya 3D ya .. penasaran.

    BalasHapus
  3. Lucuuu animasi kartunnya, apalagi ceritanya kompleks tapi menarik dan ringan. Cocok buat bacaan anak-anak sebelum tidur hihi. Harganya 44 ribu ya, tergolong terjangkau buat kantong

    BalasHapus
  4. Kabar baik.nih buat emak yang ada anak.kecilnya, karena ada lagi tambahan referensi bacaan dongeng yg punya nilai moral.

    BalasHapus
  5. Penasaran sebenernya pengen tahu siapa yg dapat :D. Aku suka beliin buku2 cerita anak yg dual language gini mba, buat anak2ku. Memang bagus sih, setidaknya anak2 juga bisa belajar BHS asing selain bahasa Indonesia. Dan seneng Krn ceritanya juga menarik :D

    BalasHapus
  6. Anak-anak sekarang suka males kalau belajar mengenai sejarah.
    Tapi jika disajikan indah dengan gambar yang bagus dan kaya warna begini, anak-anak pasti jadi bersemangat untuk membaca.

    Salut sama Pangeran Jaya yaa..
    Apakah ini nanti ketiganya bisa bekerjasama dengan baik, pada akhirnya?

    BalasHapus
  7. Dongengnya ternyata bercerita tentang asal-usul daerah Pancoran ya aku baru tahu dongeng ini dari blogmu Nyi..

    BalasHapus
  8. Waah ini bukunya 3D ya? Menarik banget nih buat dibacain ke anak-anakku hehehe

    BalasHapus
  9. Dongeng tentang pangeran & pancuran ini aku baru dengar. Menarik, jadi pengen baca. Cocok nih buat bacaan anak ya, sekalian ada terjemahan bahasa Inggrisnya juga buat belajar

    BalasHapus