Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Memilih Nama Blog


4 Tips Memilih Nama Blog - Sebelum memulai ngeblog, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih nama blog. Setelah pilihan nama blog jadi, langkah selanjutnya baru membuat blog tersebut, baru mengisinya dengan tulisan. Gampang-gampang susah sih, dalam memilih nama domain untuk blog ini.




nama blog aesthetic memilih nama blog pilihan nama blog nama blog islami nama blog yang mudah diingat




 

Saat saya membuat blog, saya memilh nama domain bloggerkendal.com, karena saya belum menemukan kenalan blogger pada saat itu. Jadilah saya membranding blog saya, dengan nama 'blogger' dan 'Kendal', tempat di mana saya tinggal. Sesederhana itu, siapa tahu jika ada yang membaca nama domain saya, dan yang membaca tinggal di Kendal bisa saling bersilaturahmi. Atau misalnya ada blogger dari daerah lain, yang berkunjung di blog saya langsung tahu bahwa saya blogger dari Kendal.

 

Tetapi makin mengenal dunia blogger, saya makin menyadari jika nama domain sebaiknya mencerminkan isi dari blog tersebut dan nama blog yang mudah diingat akan menjadi ciri khas tersendiri. Misalnya kita seorang publik figur, atau motivator biasanya menggunakan nama blog/nama website dengan branding namanya sendiri. Kalau kita punya produk, atau usaha nama blog/nama website biasanya menggunakan nama produk, atau brandnya tergantung kebutuhan juga sih.

 

 

4 Tips Memilih Nama Blog

 

 

 

Nama blog sebaiknya tidak terlalu panjang

 

Pemilihan nama blog, bisa menggunakan satu atau dua kata, contohnya, 'bloggerkendal.com' menggunakan pemilihan dua kata. Tetapi jika nama yang dibidik, satu atau dua kata sudah dipakai orang, bisa ditambahkan satu kata lagi.

 

Pilihan nama blog yang mudah diingat

 

Nama blog yang mudah diingat, karena kalau pelafalannya aja susah bagaimana bisa dikenang. Bandingkan nama domain berikut:

 

c4hkbbbgt0p.com

bloggerkendal.com

 

Mana yang lebih mudah dibaca dan dilafalkan? Dari dua tersebut mana yang gampang diingat dan dilafalkan?

 

Hindari nama blog menggunakan simbol atau angka

 

Beberapa kali saya asih sering mendapati nama blog dengan menggunakan angka, atau tanda baca. Mungkin pemilik blog punya alasan tersendiri, namun pada umumnya orang ketika mengetik huruf enggan untuk berpindah ke karakter lain seperti simbol atau angka tadi.

 

Menggunkan nama ekstensi yang umum

 

Ekstensi domain, merupakan kata yang berada di sebelah kanan dari nama domain, yang berbentuk seperti; com, net, id, net, dan lain sebagainya. Karena orang sudah biasa mengenal (dot) com, maka sebaiknya pilih saja extension (dot) com yang gampang.

 

Untuk blog yang sengaja di monitize, biasanya kan menyasar kata kunci tertentu kan? Misalnya blog yang akan mengulas berbagai jenis makanan, maka nama blog makanan yang harus dipilih. Seperti reseptradisional, resepmakanan, dan lain sebagainya tergantug kata kunci yang dibidik.

 

Meski begitu kata kunci ini biasanya sudah dipakai orang-orang, maka solusinya pakailah kata kunci turunannya. Kalau kita membidik 'resep makanan', eh sudah banyak yang pakai maka kita bisa modifikasi dengan 'resep makanan tradisional', 'resep makanan Jawa', dan lain sejenisnya.

 

Untuk berlatih, dalam menulis blog tidak mengapa menggunakan alamat blog gratis dahulu, dengan memakai plaform Blogspot (blogger.com), jika masih belum yakin dalam memilih nama blog. Baru setelahnya kalau sudah menemukan yang pas, dan ada dana langsung dibelikan ekstension (dot) com.

 

Sementara untuk bloggerkendal.com ini arti nama blognya, mencerminkan diri saya. Seorang penulis blog yang berasal dari Kendal, dahulu saya sering menuliskan apa saja yang ada di Kendal, tapi sekarang lebih general. Apa saja bisa saya tuliskan, agar bisa bermanfaat buat orang banyak. Aamiin.



 BPN Ramadan Challenge


#BPNRamadan2021

#Day1

8 komentar untuk "4 Tips Memilih Nama Blog"

  1. Wah walaupun cuma empat, tapi lengkap nih sebagai tips langkah pertama dan utama sebelum "membangun" sebuah blog pribadi, apalagi untuk personal branding ya? tentu perlu diperhatiin banget hal-hal seperti ini.

    BalasHapus
  2. Saya memilih nama blog juga gitu, harus riset panjang, sampai semedi haha. Karena nama itu identitas, jadi paling nggak, gak jauh2 dari identitas diri sih..

    BalasHapus
  3. Untuk blog utama dulu saya iseng aja, yg penting ada unsur nama panggilan saya, untung masih available, dan setelah dipikir-pikir ternyata bagus juga.

    Pake nama daerah juga rekomendasi banget, kayak bloggerkendal ini. Saya juga nyoba bikin blog sampingan, alhamdulillah bisa pake nama kopibandung di TLD, meski isinya ga soal kopi dan Bandung doang hihi.

    BalasHapus
  4. Nama blog sesuai niche dan mudah diingat jadi acuan saya saat menentukan nama blog. Tapi pas pertama kali bikin blog belum tau soal ini. Jadi nama blogku yang lama agak susah pelafalannya. Huhu

    BalasHapus
  5. baiknya nama blog emang jadi branding blogger juga ya mbak
    biar lebih mudah diingat oleh pembaca

    BalasHapus
  6. Bagus arti nama blognya nih, karena kita jadi bisa silahturahmi kalau bertemu dengan sesama blogger antar daerah kita... Semangatt ngeblognya kak...

    BalasHapus
  7. blogku simpel bgt. cuma nama panjang dot com. Haha. Tapi euy spelling namaku sulit

    BalasHapus
  8. Iya nih..saya juga lagi riset nama blog buat blog satu lagi. Sebaiknya pilih yang mudah diingat ya. Dan begitu denger nama bloggerkendal otomatis saya inget sama daerah Kendal.

    BalasHapus