Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Anak Mercusuar Penulis Arleen Amidjaja

 

Review Buku Anak Mercusuar Penulis Arleen A - Selamat hari Kamis, yang manis meski hujan sudah membasahi sejak tadi pagi. Semoga teman-teman tetap semangat ngeblog ya! Di postingan kali ini saya mau membahas review buku anak, yang berjudul Mercusuar/The Lighthouse dari kak Arleen A seri pengembangan diri. Buku anak Mercusuar ini, bilinggual, ada bahasa Indonesia dan juga Englishnya. Membacanya bikin pengetahuan tentang bahasa Inggris jadi nambah. Apalagi kalau dilafalkan (read a loud).



buku anak pdf buku anak gramedia buku anak balita buku anak sd buku anak online buku bacaan anak rekomendasi buku anak buku cerita anak



 

Kalau biasanya yang jadi tokoh adalah manusia, atau hewan kali ini diceritakan tokohnya adalah mercusuarnya. Mercusuar merupakan menara suar, sebuah  bangunan yang mempunyai sumber cahaya dipuncaknya. Fungsi menara suar ini adalah untuk membantu kapal laut mencari navigasi. Tetapi makin berkembangannya zaman dan teknologi, mercusuar di dunia merosot kurang dari 1500 buah menurut wikipedia.

 

Bisa jadi sang penulis, Kak Arleen ingin mengangkat hal tersebut. Saya sendiri belum pernah menyaksikan mercusuar secara langsung, gara-gara buku ini jadi pengen berkunjung ke mercusuar terdekat. Hehehe ...

 

 

Detail Buku Anak Mercusuar Penulis Arleen A

 

 

 

Judul                : Mercusuar/The Light House

Penulis             : Arleen A

Ilustrasi           : Innerchild Studio

Penerbit          : Penerbit Erlangga

Tanggal Rilis   : 25 November 2020

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 34 Halaman

Harga              : Rp15.000

 

 

 

Sinopsis Buku Anak  Mercusuar

 

 

 

Di sebuah pulau mungil berdiri sebuah mercusuar. Mercusuar sangat kesepian dan ingin sekali punya banyak teman, kapal yang datang berkunjung dan orang-orang yang menetap. Bagaimana cara Mercusuar mendapatkan teman? Ayo, cari tahu!



buku anak pdf buku anak gramedia buku anak balita buku anak sd buku anak online buku bacaan anak rekomendasi buku anak buku cerita anak


 

 

Mercusuar yang Kesepian

 

 

 

Menjaring sebuah ide, bisa benar-benar gampang atau bisa benar-benar susah. Apalagi kalau penulis dengan jam terbang tinggi, apa yang dialami oleh kelima indera bisa jadi sebuah tulisan yang ciamik. Demikian halnya dengan kisa buku anak yang berjudul Mercusuar, seri pengembangan diri. Kak Arleen mengambil tokoh sebuah bangunan yang kesepian, di bibir pantai yang menjulang tinggi. Siapa dia? Menara suar, yang sering kita sebut dengan mercusuar.

 

Mercusuar ingin sekali punya banyak teman, kapal yang datang berkunjung, dan orang-orang yang menetap. Setiap ka li ia melihat kapal di kejauhan, ia akan memancarkan cahaya seterang mungkin dengan harapan kapal itu akan tertarik untuk datang. (halaman 7).

 

Digambarkan mercusuar tersebut sangat kesepian, setiap kali ada kapal lewat ia berteriak Heiiii ... ia menyapa kapal-kapal tersebut tapi mereka hanya melihat dan melewatinya. Andai saja aku punya teman, begitu pikirnya. Tapi ... mercusuar tidak menyadari bahwa ia sebenarnya punya teman. Ialah tikus mungil yang selalu mengunjungi mercusuar.

 

Karena ngambek dengan kapal-kapal, ia memutuskan untuk tidak bersinar. Apa yang terjadi? Gelap gulita, yang akhirnya membuat sebuah kapal menghantam pulau. Tapi sebaliknya dengan mercusuar, ia begitu gembira mendapati kapal tersebut mampir. Semua orang yang berada di kapal turun, dan menjelajah pulau. Ada yang mencari air, ada yang mencari makanan dan lain sebagainya.

 

Mercusuar tidak kesepian lagi, ia bahagia. Tetapi hal tersebut tidak berselang lama. Baik kapal maupun orang-orang tidak ramah kepadanya. Mereka juga menuliskan kata-kata kasar di dinding, karena marah dan kesal. Mereka ingin segera pergi dari pulau.

 

Menyadari  hal tersebut bukan yang diinginkan, mercusuar kembali bersinar. Kapal-kapal pergi bersama orang-orang. Kecuali siapa? Seekor hewan kecil yang selama ini selalu bersamanya, dan jawabannya bisa ditemukan di buku Mercusuar.



buku anak pdf buku anak gramedia buku anak balita buku anak sd buku anak online buku bacaan anak rekomendasi buku anak buku cerita anak


 

Banyak hal yang bisa dipetik dari kisah Mercusuar, yang akan membuat anak-anak belajar mengenal dirinya. Harga bukunya juga hemat, cukup Rp15.000,- kita sudah bisa mendapatkan kisah yang apik.

 

 

Moral Of The Story Mercusuar/The Lighthouse

 

 

  • Anak-anak akan belajar mengenal apa itu mercusuar, di mana letaknya, dan bagaimana mereka bisa berkunjung ke sana.
  • Anak-anak akan belajar, bagaimana jika seseorang tidak punya teman. Apa yang akan terjadi? Tentu kesepian, tapi siapa tahu hanya kamu yang merasakannya. Padahal ada orang-orang disekitarmu yang selalu mendampingi.
  • Apa yang kita inginkan terkadang bukan yang terbaik untuk kita. Tuhan pasti sudah memiliki rancana bukan?
  • Anak-anak akan dimanjakan dengan gambar yang bagus, yang cocok dengan penggambaran kisah buku Mercusuar.


Jadi selamat membaca Buku Anak Mercusuar Penulis Arleen A, dengan perasaan gembira ya. Salam.


Baca juga : 


7 komentar untuk "Review Buku Anak Mercusuar Penulis Arleen Amidjaja"

  1. Waaah..sepertinya bagus juga tuk diadopsi nih buku, agar si kecil bisa berkenalan dengan mercusuar. TFS ya..

    BalasHapus
  2. Uh kasihan sang Mercusuar. meski sendiri, tapi sinarnya menyinari dan menjadi petunjuk para kapal yaaa. jangan ngambek lagi yaaa. Hehehee. Buku yang bagus untuk anak-anak, karena mengajarkan bahwa kita tidak perlu dipuji atas apa yang diperbuat untuk orang lain. makasih Mbaaak

    BalasHapus
  3. menarik ini yaa tentang mercusuar. aku belum pernah nih kayaknya bacain buku ke anak tentang mercusuar. thanks mba rekomendasinya

    BalasHapus
  4. wah, keren juga ya, tokoh cerita dalam cerita anak adalah mercusuar. dengan begitu anak mudah memahami seperti apa mercusuar itu sendiri.

    BalasHapus
  5. I always love reading children's book. There is something pure and magical in the kids' world that we all enjoy

    BalasHapus
  6. Buku ceritanya menarik nih mbak, iya biasanya tokohnya kalau nggak manusia ya hewan, ini mercusuar keren dan juga unik. Makasih reviewnya ya mbak

    BalasHapus
  7. Pernah liat mercusuar ditengah laut dan kayaknya kesepian ya sendirian di pulau gitu huhu mungkin itu ya yang dirasakan mercusuar kalau bisa bicara.

    BalasHapus