Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Solusinya

 

Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Solusinya - Menjelang SMP kelas 1, tiba-tiba di wajah saya timbul yang namanya flek hitam. Yang mana sangat kontras terlihat dan ini terjadi hanya pada pipi kiri. Awalnya sih santai aja, karena belum tahu cara merawat kulit wajah saya pikir akan hilang, tapi nyatanya sampai dewasa pun masih ada.



cara menghilangkan flek hitam flek hitam bekas jerawat makanan yang menyebabkan flek hitam skincare untuk flek hitam penyebab flek hitam di wajah dan solusinya obat flek hitam di apotik cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel cara menghilangkan flek hitam dalam 1 jam




 

Dulu ibu mengobati dengan krim melanox, tapi lama-kelamaan saya tidak rajin menggunakannya dan lebih pasrah. Karena ibuk bilang hal tersebut terjadi, karena dulu ibuk sering minum obat-obatan maksudnya pil KB atau apalah gitu sehingga membuat kulit saya terganggu.

 

Flek hitam adalah noda atau bercak berwarna gelap yang menempel di wajah, bisa berakibat karena pigmentasi kulit yang terjadi secara berlebihan. Kondisi ini tidak membahayakan, untuk penderitanya. Tapi mungkin tingkat percaya dirinya jadi berkurang. Saya akui dulu iya, tapi sekarang lebih mensyukuri masih diberikan kesehatan sudah luar biasa sekali.

 

 

Penyebab Flek Hitam Bisa Jadi Berasal Dari

 

 

Paparan Sinar Matahari yang Berlebih

Dahulu ketika sekolah SD, sepulangnya saya memiliki waktu istirahat sejenak lantas harus mandi dan sekolah sore atau sekolah Arab namanya. Bisa jadi karena hal tersebut, yang membuat wajah saya jadi memproduksi lebih banyak melanin dan menimbulkan flek hitam. Agak menyesal sih, dulu belum kenal yang namanya sunscreen/tabir surya.

 

Karena Bekas Jerawat

Saya memastikan flek hitam di pipi saya bukan karena jerawat, tapi beberapa hal lain penyebab flek hitam ini karena jerawat yang membekas. Buat kamu yang mengalami hal demikian, segera rawat kulit dengan baik agar bekas jerwatnya hilang.

 

Karena Hiperpigmentasi

Melanin yang berlebihan akan menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi. Akibatnya wajah timbul yang namanya flek hitam. Karena melanin diproduksi ketika kulit seseorang terluka. Tubuh akan segera mengirim melanin untuk menyembuhkan, yang terluka tersebut tetapi kadang berlebihan dan mengakibatkan penggelapan kulit.

 

Karena Ketidakseimbangan hormon, kehamilan, mengonsumsi obat tertentu, kurang tidu, stres berlebihan dan lain-lain. Beberapa hal yang saya sebutkan ini, biasanya yang menjadi penyebab flek hitam disinyalir dari halodoc.

 

 

cara menghilangkan flek hitam flek hitam bekas jerawat makanan yang menyebabkan flek hitam skincare untuk flek hitam penyebab flek hitam di wajah dan solusinya obat flek hitam di apotik cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel cara menghilangkan flek hitam dalam 1 jam



Bagaimana Solusi Mengatasi Flek Hitam?


 

Flek hitam atau bintik-bintik gelap di wajah, bisa dihilangkan dengan berbagai cara. Salah satunya yang sering dilakukan bagi mereka yang memiliki budget banyak, adalah operasi laser. Saya sering mendengar kabar ini dari beberapa teman. Tetapi tergantung juga dari ukuran dan flek hitam yang terjadi. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit, jika ingin menggunakan operasi laser.

 

Nah, buat kamu yang ingin mencoba dengan cara alami juga bisa.  Ini dia cara menghilangkan flek hitam dengan alami :

 

Memakai Buah Lemon

 

Buah lemon yang kaya akan vitamin C ini, bisa sebagai salah satu cara mengatasi flek hitam di wajah. Cara perawatannya dengan cara diiris dan dioleskan seperti biasa. Diamkan beberapa menit agar meresap, dan bilas.

 

Mengonsumsi Jus Buah

 

Dengan rajin mengonsumsi jus buah, flek hitam yang bernaung di kulit wajah bisa perlahan memudar. Seperti jus tomat, jus mentimun, dan jus wortel.

 

Mengonsumsi Vitamin E

 

Ada banyak produk perawatan yang mengandung vitamin E, pun makanan atau vitamin E yang bisa dikonsumsi untuk merawat kulit. Kalau saya biasanya konsumsi natur E, bisa dengan yang lain juga. Manfaat mengonsumsi vitamin E ini, untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

 

Menggunakan Tabir Surya/Sunscreen

 

Buat kamu yang ingin keluar rumah, sebaiknya lindungi wajah dengan menggunakan tabirsurya dengan SPF tinggi. Bisa yang SPF 15, SPF30, atau juga SPF50. Fungsi dari tabur surya ini untuk mencegah timbulnya, flek hitam bermunculan.



Sumber pendukung artikel:

https://www.cderma.id/kenali-penyebab-dan-cara-menghilangkan-flek-hitam-pada-wajah

https://www.halodoc.com/artikel/flek-hitam-semakin-banyak-ini-4-cara-mengatasinya

Posting Komentar untuk "Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Solusinya"