Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak


Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak - Berkumpul dengan keluarga, menjadi moment yang sangat dinantikan oleh siapapun. Apalagi bagi keluarga yang aktivitasnya di luar sangat padat, waktu berkumpul jadi sangat jarang. Sering ngerasain nggak sih? Kalau momen berkumpul ini pastilah sangat membosankan, tanpa ditemani dengan camilan atau kudapan.

 

Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak


Karena dimanapun tempatnya, bersama siapapun itu camilan merupakan makanan ringan yang wajib ada di setiap momen ngumpul. Obrolan-obrolan ringan seakan menjadi semakin hangat, tatkala ada camilan di tengah-tengahnya. Namun, kita perlu memperhatikan setiap camilan, yang masuk ke dalam perut melalui mulut.


Dukung Kampanye #NgemilBijak dari Rumah Bersama Mondelez Indonesia


 

Sejak Covid-19 menjadi pandemi, Mondelez Indonesia menggerakan kampanye #NgemilBijak dari rumah dikarenakan banyak orang yang yang merasa cemas dan khawatir. Masih ingat kan? Masa beberapa bulan yang lalu kita tidak boleh kemana-mana, harus tinggal di rumah demi keamanan diri sendiri dan juga keluarga. Lockdown di mana-mana, semua aktivitas wajib di rumah. Dari pekerja, anak sekolah, mahasiswa, dan lain sebagainya. Kegiatan yang dilakukan di rumah membuat sebagian orang merasa bosan, jenuh, stress, dan akhirnya melarikan diri dengan makan.

Tara De Thouars, Psikologi klinis mengemukakan bahwa makan atau ngemil berlebihan ini disebabkan oleh emosi jenuh, stres , dan bosan. Nah dengan ngemil ini, merupakan cara manusia mengeluarkan emosi negatif dari dalam diri. Saat orang makan akan mengeluarkan hormon endorfin, yang fungsinya dapat mengatasi atau menghilangkan rasa tidak nyaman yang dirasakan seseorang. Tapi sayangnya, seseorang cenderung berpikir untuk makan terus-menerus dan tidak memedulikan tubuhnya. Hal ini justru menjadi negatif, untuk diri sendiri.

 

Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak



Sementara Kharisma Fitriasari, sebagai Head of Corporate Communication Mondelez Indonesia menuturkan survey dari State of Snacking Mondelez International 2019, bahwa Indonesia termasuk negara yang memiliki kebiasaan ngemil. "Budaya ngemil sudah menjadi budaya Indonesia, ditambah dengan masyarakat harus tinggal di rumah dan pelampiasan yang dilakukan dengan ngemil".

 

Dengan hal tersebutlah, Mondelez meluncurkan kampanye #NgemilBijak. Untuk menginspirasi masyarakat ngemil dengan bijak supaya mendapatkan manfaat, dari camilan yang dikonsumsinya.

 

Ngemil Bijak sendiri adalah sebuah inspirasi bagi masyarakat agar dapat memiliki kebiasaan mengonsumsi camilan secara lebih bijak. Yaitu dengan cara memilih camilan yang tepat, mengonsumsi di waktu yang tepat, dan menikmati di waktu yang tepat pula.

 

Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak



Kebiasaan #NgemilBijak inilah perannya dimulai dari orangtua, terlebih ibu sebagai manager yang mengurus makanan dan dapur keluarga. Tentunya seorang ibu dituntut untuk memerhatikan camilan anggota keluarga, agar mendapatkan camilan secara seimbang, baik untuk tubuh maupun pikiran.

 

 

Manfaat Ngemil dalam Kehidupan Sehari-hari

 

 

Ngemil termasuk kegiatan yang paling saya senangi, apalagi di tengah deadline yang menumpuk, ngemil bisa bikin saya lebih berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas. Akan tetapi ada sebagian orang yang taku ngemil, karena bisa menaikan berat badannya. Meski begitu disinyalir dari doktersehat dot com, ngemil ini ternyata punya segudang manfaat lho! Apa sajakan manfaat ngemil bagi kesehatan? Ini dia :

 

Meningkatkan daya konsentrasi

 

Tugas yang bejibun yang harus dikerjakan, jauh lebih maksimal jika ada camilan yang menemani. Misalnya dark chocolate, atau buah-buahan, asupan ini akan membuat daya konsentrasi seseorang meningkat.

 

Dapat mengendalikan nafsu makan

 

Camilan mempunyai fungsi untuk mencegah perut, mengalami rasa lapar yang berlebihan. Setelah ngemil, nafsu makan yang membabi buta akan jadi lebih terkendali, dan seseorang akan terhindar dari berat badan yang meningkat.

 

Menjaga metabolisme tubuh

 

Dengan melakukan aktifitas ngemil, akan membuat sistem pencernaan kita jadi terbiasa memroses makanan yang masuk dan dampaknya akan membuat metabolisme tubuh bekerja. Tetapi camilan yang dikonsumsi, harus yang bergizi lho ya dan frekuensi ngemilnya nggak berlebihan.

 

Dapat mengontrol kadar gula

 

Seseorang yang mengidap diabetes tipe-2 (diabetes militus), dengan menyantap camilan akan membuat gula darahnya stabil alih-alih penderita mengonsumsi makanan berat. Tentunya camilan ini camilan yang sehat, dan tidak banyak glukosa yang terkandung.

 

Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak

Dapat meningkatkan fungsi otak

 

Camilan yang mengandung protein, akan membuat seseorang terjaga dengan baik fungsi otaknya. Karena protein yang masuk, akan merangsang otak lebih aktif.

 

Membantu Seseorang mengatasi Afternon Slump

 

Afternoon slump adalah sebutan untuk oang-orang yang mengalami penurunan produktivitas pada jam setelah makan siang. Cirinya seseorang mengalami mengantuk, dan tubuh menjadi lemas. Dengan mengonsumsi makanan ringan/camilan, afternoon slump syndrome ini dapat diatasi lho. Karena asupan yang masuk, memberikan energi untuk tubuh.

 

Memaksimalkan pemenuhan kebutuhan gizi untuk tubuh

 

Tidak semua makanan berat yang kita konsumsi, semuanya mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi camilan yang kaya serat, nutrisi, mineral, dan vitamin lainnya akan membuat pemenuhan kebutuhan tubuh tercukupi setiap harinya.

 

Mencegah dari berbagai penyakit

 

Sistem kekebalan tubuh, menjadi benteng untuk bertahan terhadap serang penyakit yang masuk. Oleh sebab itu, camilan yang mempunyai nutrisi dan vitamin sangat dibutuhkan untuk tubuh. Camilan buah-buahan, termasuk yang disarankan agar daya tahan tubuh seseorang menjadi lebih kuat. Terlebih di tengah pandemi ini, seseorang harus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik.

 

Memperbaiki suasana hati

 

Biasanya saya kalau lagi nggak enak suasana hatinya, pasti melarikan diri untuk ngemil eheheh ... kalau di rumah nggak ada camilan langsung gowes ke warung beli camilan. Kalau udah nemu dan makan camilan, rasa hati kembali membaik dan mood buruk balik lagi jadi ceria.

 

Nah, masalahnya agar camilan yang kita konsumsi dapat membantu support tubuh, camilan yang bagaimana sih yang menyehatkan untuk dimakan?

 

Ahli gizi banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi buah atau sayur, terus bisa juga diakalin dibuat salad, dibuat jus, maupun smoothies. Kacang-kacangan juga disarankan, seperti edamame, almond, hazelnut, dan lain sebagainya. Sereal, roti, selai, dan juga gandum dibolehkan. Selain itu perhatikan juga waktu ngemil kita, dan yang paling baik adalah ngemil dua jam sebelum makan siang, setelah makan siang, atau juga dua jam sebelum tidur. Agar sistem pencernaan kita dapat berproses dengan baik.

 

 

3 Tips #NgemilBijak 

 


Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak


"Kebiasaan ngemil bisa menjadi solusi asupan kalori harian, dan menjaga metabolisme tubuh. Tapi dengan satu syarat, dilakukan secara bijak," ucap Tara De Thouars, Psikologi klinis dari Mondelez Indonesia.

Lantas ngemil bijak yang bagaimana sih yang aman? Ini dia 3 Tips bijak yang harus kita pelajari, adalah:

 

1. Kenali isyarat tubuh mengapa Anda ingin ngemil, misalnya apakah karena lapar ataukah perlu untuk mengembalikan mood.

2. Kemudian Anda bisa memilih apa camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut, tentunya dengan memperhatikan porsi camilan dan waktu ketika Anda ngemil.

3. Perhatikan bagaimana Anda ngemil, dengan memaksimalkan semua indera Anda, karena Anda akan dapat mengenali isyarat tubuh, kapan harus berhenti ngemil.

 

            Adapun ngemil bijak ini, bisa dipelajari dengan 5 langkah dan diterapkan dalam keseharian. Apa saja langkah yang harus dimulai, adalah dengan:

 

  • Melakukan cek sinyal tubuh
  • Melakukan relaksasi
  • Mindful eating & snacking
  • Wait a minute
  • Bersyukur

 

Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak



  • Yang dimaksud dengan Melakukan cek sinyal tubuh, adalah dengan brtanya ke diri sendiri seberapa laparkah dan seberapa banyak dibutuhkan camilannya. Ngemil karena lapar atau keinginan sih?
  • Yang dimaksud dengan relaksasi adalah dengan menurunkan emosi dan menaikan logika. Apakah yang tepat, apakah yang terbaik, apakah sesuai dengan kebutuhan. Berikan wkatu untuk berfikir sejenak, agar waktu ngemil benar-benar kebutuhan yang diperlukan
  • Yang dimaksud dengan Mindful eating & snacking adalah, makan dengan sadar dan mengajak 5 panca indera ntuk merasakan kebutuhan makanan.
  • Yang dimaksud dengan sebentar adalah, melakukan delay gratification. Setelah kita ngemil, beri jeda sejenak dirimu untuk mencerna kurang lebih 15 menitan sampai dengan 20 menit. Agar sinyal perut sampai ke otak, untuk berpikir apakah kita perlu menambah camilan atau cukup.
  • Yang dimaksud dengan bersyukur adalah, menerima apa yang masuk ke dalam tubuh, mensyukurinya dan berterima kasih kepada sang Pencipta kita masih diberikan asupan yang menyehatkan dan bergizi untuk bertahan dalam menjalani kehidupan.

 

            Dan yang lebih penting dari semua itu yakni mengerahkan kelima panca indera kita, untuk menikmati sesuatu yang masuk ke dalam mulut menuju ke perut. Seperti mata yang kita gunakan untuk melihat makanan dengan saksama, bentuknya, warnanya, teksturnya dan lain sebagainya. Seperti hidung yang digunakan untuk membaui rasa dari camilannya, indera peraba kita gunakan sebagai sensasi sentuhan, indera pengecap untuk merasakan rasa makanan yang masuk dalam mulut, dan indera pendengaran seperti apa bunyinya ketika kita mengunyahnya. Ketika kelima indera digunakan, anda akan merasakan Inilah ngemil yang sebenar-benarnya penuh dengan sensasi dalam menikmatinya. Seni ngemil bijak, dan sehat itu ya seperti ini. Semoga masyarakat Indonesia makin sadar, dan sabar untuk #NgemilBijak dengan benar. Salam!

 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ngemil Bijak yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis”. Info lengkap ada di sini : https://bit.ly/lombablogngemilbijak. Mari dukung kampanye #NgemilBijak, agar semakin banyak orang yang terinspirasi karenanya.


Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak


27 komentar untuk "Memiliki Kebiasaan Ngemil? Ini Dia 3 Tips Ngemil Bijak"

  1. HARUS BANGET coba mempraktikkan tips ngemil bijak ala Mondelez ini.
    Mungkin awalnya tidak mudah ya. Tapi Bismillah, semoga kita bisaaa!

    BalasHapus
  2. Aku sekarang lebih ngontrol soal ngemil, gak mau asal makan macam-macam. Kudu bijak apalagi kalau malas olahraga. Biar gak numpuk jadi lemak di perut

    BalasHapus
  3. hehe, ngemil itu kadang-kadang suka dijadiin kambing hitam yang bikin naik berat badan...padahal ga gitu juga ya...kalau ngemilnya dengan bijak dan cemilannya pun lebih sehat maka ngemil pun jadi lebih bermanfaat

    BalasHapus
  4. Pantesan ya saat pandemi ngemil saya jadi gilaaa....Ternyata ngemil berlebihan disebabkan oleh emosi jenuh, stres dan bosan yang merupakan cara manusia mengeluarkan emosi negatif dari dalam diri. hiks. Mesti lebih bijak saat ngemil nih dengan tips-tips yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  5. Selama pandemi jujur aku jadi lebih sering ngemil lho
    Beneran harus instrospeksi diri supaya bisa ngemil lebih bijak lagi hehehe
    Seringnya sih udah sadar diri ngemil karena keinginan bukan karena lapar atau butuh, tapi susah banget untuk berhenti mengunyah nih hahaha

    BalasHapus
  6. segala-gala memang perlu bijak ya..termasuk ngemil.
    Segala yang berlebihan (nggak bijak) memang tidak baeq :)

    BalasHapus
  7. Aku tuh suka bablas kalau ngemil apapun yang aku suka, ternyata emang paling bener tuh kalau ngemil harus bijak ya.

    BalasHapus
  8. Betul banget, ngemil adalah budaya kita. Ditambah lagi stay at home, ya udah pelampiasannya ngemil. Hehehe

    Aslinya ngemil ini memang banyak manfaatnya ya. Yang penting juga bijak dalam ngemil. Apakah lapar, doyan atau memang ingin.

    Kalau aku, tentu semuanya. Ya lapar, doyan dan memang ingin. 😅

    BalasHapus
  9. Betul banget, ngemil adalah budaya kita. Ditambah lagi stay at home, ya udah pelampiasannya ngemil. Hehehe

    Aslinya ngemil ini memang banyak manfaatnya ya. Yang penting juga bijak dalam ngemil. Apakah lapar, doyan atau memang ingin.

    Kalau aku, tentu semuanya. Ya lapar, doyan dan memang ingin. 😅

    BalasHapus
  10. Saya masih tipe yang nyemil sampai habis, hehehe ... Jadi ternyata harus ditahan dan beri jeda ya

    BalasHapus
  11. Ternyata ngemil tuh banyak manfaatnya ya, tapi enggak boleh sembarangan harus bijak dan tepat...

    BalasHapus
  12. Ini nih pengetahuan yang kudu diketahui masyarakat kita. Supaya bisa membiasakan ngemil bijak dan sehat. Jadinya tidak mengancam obesitas ya. Noted deh ke aku. Aku juga kudu nih praktekin tipsnya. Biar bisa jadi kebiasaan di rumah nih ngemil bijaknya.

    BalasHapus
  13. Dulu aku kira ngemil bijak itu ngemil buah-buahan dan sayuran. Ternyata bisa juga ya makanan lainnya. Asal dikonsumsi dengan cara-cara yang bijak. Noted banget deh buat aku. Kudu nih nerapin tipsnya.

    BalasHapus
  14. iya bener mba kalo makan terlalu buru-buru efeknya juga ga bagus dan semacam jadi emosional eater ya..

    BalasHapus
  15. Ulasannya bener banget. Kadang-kadang aku tuh ngemil bukan karena lapar, tapi karena, ya butuh buat memamah aja. Ini nggak sehat banget buat kesehatan selain BB yg terus melonjak.

    BalasHapus
  16. Bener bener komplit mbk ulasannya. Ngemil jadi kebiasaan, apalagi kalo lagi ngejar DL kerjaan, selalu stok camilan. Kadang nonton pun harus sambil ngemil, padahal nggak baik ya. Tau tsu habis sebungkus, heuheu

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah aku udah melakukan 3 tipsnya di atas, dan rasanya emang beda banget sama ngemil biasa. Ga gragaaas lagii kalo kata wong jowo maaah.
    Semoga kita makin aware sama badan sendiri yaa, semakin aware bakalan tahu body maunya cemilan A, minuman B

    BalasHapus
  18. Ngemil bijak ini penting banget ya. Rasul saja menyarankan makan dengan pelan dan hati2. Kalau dalam ngemil bijak, menggunakan semua indra untuk merasakan rasanya dan prosesnya

    BalasHapus
  19. Pas banget tuh manfaat cemilan buat aku yang sering mengalami afternoon slump. Penyelamat lho cemilan ini agar jadi bugar dan trengginas lagi ketika kantuk dan lemas melanda.

    BalasHapus
  20. Ngemil krn lapar atau keinginan sih? Ini seperti bertanya pd kaca besar mba.. Ketika masih jam 8 bilang no no. Ketika tengah malam lapar juga. Haha

    BalasHapus
  21. Saya suka ngemil untuk menghindari kantuk, apalagi kalau ada deadline. Padahal kalau gak diatur malah membahayakan ya...

    BalasHapus
  22. saya nih kebanyakan ngemil yg kandungan gula dan kalorinya tinggi. padahal gerak saya minim, akhirnya numpuk. hmmm kudu ngerem deh, atau pilih camilan yg baik untuk tubuh.bener...kudu bijak

    BalasHapus
  23. Ngemilnya sih gak salah ya, makanannya juga gak salah. Yg salah adalah cara ngemilnya, krn sukanya loooss aja tanpa rem hehe :D
    Seneng bisa ikutan virtual talkshow itu kmrn jd diingatkan supaya bisa ngemil bijak :D

    BalasHapus
  24. Harus tahu banget ya mba kapan saatnya harus berhenti ngemil biar ga bablass terus ngnemilnya sampai jadi lupa makan besar.... :-)

    BalasHapus
  25. Hal yang sehari-hari kita lakukan banget yaa...
    Ngemil.
    Dan ternyata ada ilmunya agar gak kebablasan dan jadi obesitas.

    BalasHapus
  26. Aku seringnya ngemil sambil disambi ngerjain hal lain jadi ga bijak nih. Hahaha

    BalasHapus
  27. paling enak ngemil sambil nonton, heheh. Ternyata ngemil itu memang harus bijak yah biar gak keliwatan hehe

    BalasHapus