Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Digital Tidak Selalu Mahal



Teknologi Digital Tidak Selalu Mahal - Saya dan beberapa pelaku UKM lain sepakat, jika media televisi bukan satu-satunya jalan untuk melakukan promosi. Kadang di televisi justru iklan menjadi kurang efektif, dan jatuhnya biaya lebih besar. Mari akui saja, jika ada iklan muncul di televisi, kita pasti buru-buru melakukan aktivitas lain saat tayangan yang kita tonton mengambil jeda. Entah itu mengambil cemilan, ke toilet, atau juga mengganti saluran lain yang menarik.


qwords promo qwords wordpress qwords jogja qwords vps cpanel qwords pt qwords company international yogyakarta niagahoster hosting indonesia


Konsep marketing digital yang muncul di era milenial, membuat seseorang dan pelaku usaha bisa memaksimalkan teknologi informasi dengan mudah. Namun, ada juga yang menduga-duga dan berpikir jika teknologi pemasaan digital sesuatu yang mahal dan menghabiskan biaya tinggi. Padahal teknologi digital, tidak selalu demikian. Teknologi digital, ada yang gratis, murah dan juga membutuhkan investasi yang lumayan, ini semua tergantung dengan strategi yang akan diambil.


Kehebatan Digitalisasi dalam Aktivitas Marketing



Faktanya teknologi digital telah mengubah cara manusia, dalam berkomunikasi, bertindak, berbicara, berkerja, dan bahkan mengambil keputusan. Setiap setengah bulan atau dalam sepuluh hari kuota internet saya habis, dibutuhkan waktu beberapa jam untuk membeli kuota kembali itu saja rasanya dunia sepi. Bagaimana jika kita membayangkan kehilangan jaringan internet dalam sehari, sebulan, satu tahun hehehe ... Bagaimana kalau jaringan telepon genggam pun tidak ada? Padahal setiap hari kita berhubungan dengan menggunakan teknologi. Hal ini membuktikan bahwa jaringan internet, dunia digital sudah masuk menjadi bagian dari dunia kita.


Dalam dunia bisnis pun demikian, teknologi digital menjadi sebuah kebutuhan. Dimulai dari operasional, menawarkan produk maupun jasa sampai dengan menerima orderan dan pengiriman. Jangakaun dalam memasarkannya pun tidak hanya pasar lokal, tapi juga bisa internasional. Untuk kehidupan sehari-hari pula kita membutuhkan yang namanya bantuan dari jasa pelayanan online, misalnya seperti antar-ambil barang. Terlebih di musim pandemi sekarang ini, yang membatasi diri untuk tidak keluar rumah dan akhirnya sampai dengan fase adanya hidup 'new normal'.


qwords promo qwords wordpress qwords jogja qwords vps cpanel qwords pt qwords company international yogyakarta niagahoster hosting indonesia


Tidak mau ketinggalan dalam dunia politik pun teknologi digital maupun informasi dimanfaatkan untuk para penjabat, kandidat dalam berkampanye. Membangun visi dan misi, bahkan personal branding. Karena percepatan jejaring teknologi, membuat perkembangan jangkauan yang sangat melesat cepat. Maka di era ini, penting untuk membangun kekuatan teknologi dengan maksimal kalau tidak ingin tertinggal.


Memanfaatkan Internet untuk Berjualan Online



Sudah tiga bulanan lebih seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dunia off untuk menjalani kegiatan luar karena pandemi Covid-19. Para pemimpin keluarga mencari nafkah dari rumah, anak-anak sekolah belajar dari rumah, pelaku usaha berjualan dari rumah dan lain sebagainya. Membuat semuanya terdampak. Tapi tidak boleh membuat kita lengah dan menyerah, semaksimal mungkin harus berusaha mendapatkan penghasilan. Untunglah masih ada teknologi jaringan internet, yang membuat saya masih tetap bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari online.

Tapi produk apa saja sih yang bisa dijual online? Hampir semua produk legal bisa dijual melalui internet, seperti produk fisik, produk digital, jasa, dan juga membership. Karena saya membuat kerajinan, saya menjual souvenir dari dompet, pouch, booksleeve, tas laptop, masker, dan lain sebagainya.

Ini dia beberapa platfom saya berjualan online di tengah pandemi:

qwords promo qwords wordpress qwords jogja qwords vps cpanel qwords pt qwords company international yogyakarta niagahoster hosting indonesia



Menggunakan Media Sosial


Dalam satu media sosial yang saya gunakan untuk berjualan adalah Instagram. Saya tidak menggunakan akun personal untuk berjualan, tetapi menggunakan instagram bisnis, agar bisa mendapatkan fitur insight/analytics. Beberapa fitur yang ada di instagram bisnis, akan memduhkan kita sebagai pelaku usaha dalam menentukan target yang pas. Salah satu tips dalam berjualan di instagram versi saya adalah, foto harus menarik, caption harus jelas, dan sertakan hestek/tagar yang sesuai dengan produk.


qwords promo qwords wordpress qwords jogja qwords vps cpanel qwords pt qwords company international yogyakarta niagahoster hosting indonesia



Menggunakan Marketplace


Seperti halnya jualan di pasar, yang membutuhkan tempat untuk memajang dagangan dalam berjualan online pun demikian. Kita membutuhkan media untuk melakukan transaksi, tidak perlu pusing lagi karena sekarang sudah ada banyak marketplace yang menjembatani kita dan menyediakan platform secara gratis. Saya menggunakan beberapa marketplace di Indonesia untuk memajang dagangan. Kuncinya dalam berjualan online di marketplace adalah, harus sering update barang. Memantau pergerakan barang, memberikan foto yang bagus dan juga deskripsi yang memikat. Alhamdulilah dapur masih bisa tetap mengepul.

qwords promo qwords wordpress qwords jogja qwords vps cpanel qwords pt qwords company international yogyakarta niagahoster hosting indonesia



Menggunakan Website/Blog


Website atau blog adalah media berjualan yang menggunakan kata-kata. Kalau di marketplace kita menjual dengan cara hard selling, menampilkan harga langsung berbeda dengan blog lebih halus (soft selling). Yang mana lebih ke merekomendasikan kepada calon pembeli, untuk membeli dengan cara mengedukasi calon pembeli lebih dulu. Metode penjualan melalui blog adalah penulisan artikel, dalam artikel tersebut haruslah mengandung 5W+1H (What, Why, When, Where, Who, dan How).

  • What : Produk apa yang dijual, dan jelaskan dengan detail. Gunakan bahasa yang gampang dipahami
  • Why: mengapa orang harus membeli produknya, semakin menarik dan dengan alasan yang tepat kemungkinan membelinya besar
  • When : berikan informasi soal waktu. Kapan ada promo, barang mana yang diskon, dan proses pengiriman barang
  • Where : menyampaikan informasi di mana produk harus dibeli
  • Who : siapa yang menjual produk tersebut, siapa yang sudah memakainya dan apa kelebihan yang telah diraih oleh beberapa orang yan sudah memaki produk tersebut
  • How : bagaimana cara membeli produk, bagaimana produknya dibuat, bahan apa saja dan lain sebagainya. Cukup mudah bukan?


Cara Menentukan Alamat Blog




Ingin bikin blog untuk bisnis tapi masih bingung? Alamat yang dipakai harus menggunakan nama apa? Pertama, kita harus menentukan dahulu kata kunci yang ingin ditargetkan. Misalnya anda berbisnis jual beli mobil. Maka cari kata kunci jual mobil digoogle, judul apa saja yang muncul? Dan lihat pada bagian bawah, ada beberapa judul yang direkomndasikan oleh google. Tinggal pilih untuk dijadikan alamat blog.

qwords promo qwords wordpress qwords jogja qwords vps cpanel qwords pt qwords company international yogyakarta niagahoster hosting indonesia


Kalau niche/kata kunci sudah didapat tinggal menentukan nama domain yang tepat untuk blog. Cek Domain yang dipilih, di website penyedia layanan Hosting Murah dan penjualan domain. Jika nama tersebut available, tinggal memesan dan melakukan pembayaran untuk alamat blog anda. Tinggal registrasi membuat blog, mudah bukan?

Sedikit tips untuk pemilihan nama, gunakan nama yang mengandung kata kunci blog itu sendiri. Hal ini berguna untuk mesin pencari mencocokan nama domain, dengan kata kunci yang sedang dicari oleh mesin pencari. Hindari menggunakan tanda penghubung atau angka, untuk nama domain karena bisa menambah panjang karakter domain. Bagaimana? Sudah siap melebarkan sayap untuk memaksimalkan teknologi digital? Salam.


*) Tulisan diikutkan lomba blog dari Qwords, dengan tema, 'Memaksimalkan Teknologi Informasi di tengah Pandemi'.
*) Sumber gambar : Qwords

Sumber artikel : by Blogger

qwords promo qwords wordpress qwords jogja qwords vps cpanel qwords pt qwords company international yogyakarta niagahoster hosting indonesia

2 komentar untuk "Teknologi Digital Tidak Selalu Mahal"

  1. Saya bahkan pernah mengoptimalisasi blog saya untuk jualan
    Cuma karena berpengaruh ke DA (karena blm bener-bener siap barang dan deskripsi jualan) akhirnya aku arsip dulu.
    Modalnya murah. Pinter-pinter kita mengelolanya. Bener kan kak? hihihi

    BalasHapus
  2. Actually teknologi digital sekarang ini sudah murah sekali loh bahkan hampir gratis. Banyak resource open source yang bisa kita gali dan kembangkan. Foto, video, dll juga banyak yang CC0 jadi kita ga perlu kontribusi apapun untuk pembuatnya

    BalasHapus