MENU

Jumat, 02 Agustus 2019

Kopi Tahlil Kopi Sehat Rempah ala Kota Pekalongan


Kopi Tahlil Kopi Sehat Rempah ala Kota Pekalongan - Sudah pernah ke Kota Pekalongan? Kalau main ke sana jangan lewatkan buat mencicipi kopi tahlil ya. Kopi tahlil adalah minuman kopi rempah khas yang ada di kota Pekalongan. Biasanya dijual setelah malam tiba hingga tengah malam.

Kopi Tahlil, Kopi Sehat Rempah ala Kota Pekalongan
Kopi Tahlil PPIP, doc. pribadi

Kenapa namanya kopi tahlil? Namanya memang agak aneh, namun tidak jauh-jauh dari namanya, Kopi ini memang dulunya lebih sering disajikan saat ada acara tahlillan. Bukan Tanpa suatu alasan kenapa tahlilan berasa istimewa di Pekalongan. hal ini merujuk pada semboyan yang melekat yaitu Pekalongan Kota Santri.  sejak dahulu kala, banyak sekali warga Pekalongan yang pergi mondok dan mendalami ajaran islam ke pelosok negeri hingga sampai ke Timur Tengah. Adanya akulturasi budaya antara keturunan Arab dan Jawa, terciptalah kopi tahlil ini.

Tahlil, dimaknai dengan tahlilan atau berdzikir. Tahlilan secara harfiyah adalah berdzikir terus menerus dengan mengucap kalima tauhid. Di Pekalongan, tahlilan biasa dilakukan untuk mendoakan orang meninggal. Biasanya dilaksanakan pada hari ke -3 (nelungdino), ke-7 (mitungdino) ke-40 (matangpuluh) ke 100 (nyatus), ke 1000 (nyewu) serta khoul atau mendak.


Selain disajikan pada acara tahlilan, Kopi tahlil juga sering sajikan pada acara tertentu seperti yasinan rutin pada malam jum'at. dengan banyaknya kegiatan tahlil, Kopi rempah dimaksudkan agar stamina para santri terjaga. Iya, kopi tahlil adalah minuman penjaga stamina. Didalam kopi tahlil, terdapat banyak rempah yang terkandung didalamnya. Bahan rempah didalam kopi tahlil antara lain cengkeh, jahe, kayu manis, pala, kapulaga, pandan, hingga serai. Sebab itulah kopi ini memiliki aroma khas rempah-rempah.




Kopi tahlil menjadi minuman kesehatan yang sering diminum oleh masyarakat Pekalongan. bila kamu di Pekalongan pada malam hari, tentunya akan mudah menemukan pedagang yang menjajakan kopi tahlil di beberapa sudut kota Pekalongan.


Kopi tahlil sangat cocok jika diminum pada malam hari ataupun saat dingin. Pertama kali saya mencicipi kopi tahlil rasanya ada seger segernya gitu di tenggorokan. Selain stamina bertamabah, badan juga menjadi lebih hangat. Buat kamu yang ingin mencicipi kopi tahlil ini, Saya ada rekomendasi tempat buat kamu. Kopi tahlil yang terkenal di Pekalongan yaitu Kopi Tahlil PPIP yang ada di sekitar lapangan sorogenen, tepatnya di depan gedung PPIP Kota Pekalongan. Satunya lagi Kopi Tahlil Bang Usman yang ada di sekirata jalan Surabaya.




Jika sudah mencicipi Kopinya coba share disini ya bagaimana rasanya menurut kamu J

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!