MENU

Minggu, 14 April 2019

Mantapnya Tahu Gejrot di Pemalang Jawa Tengah



Mantapnya Tahu Gejrot di Pemalang Jawa Tengah - Indonesia adalah salah satu negara yang, mempunyai ragam kuliner yang bikin geleng-geleng kepala saking banyaknya. Di setiap daerah, pasti ada satu makanan yang melegenda, yang tradisional dan masih sampai sekarang dipertahankan.

tahu gejrot tahu gejrot kang banyu tahu gejrot terdekat tahu gejrot cirebon tahu gejrot resep tahu gejrot bogor tahu gejrot ragunan tahu gejrot di cirebon tahu gejrot pak deden kota bandung jawa barat tahu gejrot bekasi tahu gejrot cidodol tahu gejrot berapa kalori tahu gejrot cimahi tahu gejrot jakarta timur tahu gejrot pedas tahu gejrot ragunan kang banyu tahu gejrot adalah tahu gejrot garut tahu gejrot mas banyu tahu gejrot rudal tahu gejrot terkenal di cirebon tahu gejrot arjun tahu gejrot alun alun cirebon tahu gejrot asli cirebon tahu gejrot al farabi tahu gejrot asal usul tahu gejrot aa ciledug tahu gejrot abang abang tahu gejrot asal tahu gejrot aa resep tahu gejrot abang abang tahu gejrot tanpa asam jawa tahu gejrot isi ayam tahu gejrot rest area sentul bumbu tahu gejrot apa aja tahu gejrot mas anton tangerang banten tahu gejrot di antapani tahu gejrot bu gendut asli jakarta kota sby jawa timur tahu gejrot pake tahu apa tahu gejrot mang enjum alkit kota surakarta jawa tengah


Nah, kali ini aku mau mengulas makanan tahu gejrot yang berasal dari Cirebon. Bahan dasarnya cuma tahu, tapi diberikan bumbu yang bikin kita ketagihan karena rasanya. Manis, pedas dan gurih sampai bikin nagih.

Sebenarnya pembuatannya sangat simple, yakni butuh tahu yang sudah digoreng. Lantas diulekin bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, gula merah dan sedikit kuah asam Jawa. Hasilnya mantap enaknya, beli beberapa kali di Pemalang tetep aja nggak pernah bosen buat jajannya. Apalagi harganya murah, biasanya saya belinya Rp. 5000,- dijadikan dua plastik.


Tahu gejrot kuliner khas Cirebon


Jika kalian kepengen bikin sendiri bisa banget, jangan lupa untuk menggoreng tahunya terlebih dahulu baru dibuatkan bumbu. Bisa untuk cemilan keluarga, atau sahabat yang lagi mampir ke rumah. Tinggal selera, mau dibanyakin cabenya atau dikurangin bawangnya.

tahu gejrot tahu gejrot kang banyu tahu gejrot terdekat tahu gejrot cirebon tahu gejrot resep tahu gejrot bogor tahu gejrot ragunan tahu gejrot di cirebon tahu gejrot pak deden kota bandung jawa barat tahu gejrot bekasi tahu gejrot cidodol tahu gejrot berapa kalori tahu gejrot cimahi tahu gejrot jakarta timur tahu gejrot pedas tahu gejrot ragunan kang banyu tahu gejrot adalah tahu gejrot garut tahu gejrot mas banyu tahu gejrot rudal tahu gejrot terkenal di cirebon tahu gejrot arjun tahu gejrot alun alun cirebon tahu gejrot asli cirebon tahu gejrot al farabi tahu gejrot asal usul tahu gejrot aa ciledug tahu gejrot abang abang tahu gejrot asal tahu gejrot aa resep tahu gejrot abang abang tahu gejrot tanpa asam jawa tahu gejrot isi ayam tahu gejrot rest area sentul bumbu tahu gejrot apa aja tahu gejrot mas anton tangerang banten tahu gejrot di antapani tahu gejrot bu gendut asli jakarta kota sby jawa timur tahu gejrot pake tahu apa tahu gejrot mang enjum alkit kota surakarta jawa tengah


Kalau di Pemalang banyak tersebar penjual tahu gejrot, tapi yang aku sering beli itu di depan Puspindes Pemalang. Tapi beberapa juga ada menyebar, ada yang dialun-alun juga pokoknya di sepanjang tempat ramai, atau sekolah-sekolah si babang jualan tahu gejrot ini ada di sana.

Yang paling bikin nikmat ini kuahnya, setiap tahu gejrot yang kita nikmati diperbanyak kuahnya ketika dinikmati aduhai enaknya. Tahunya sendiri biasanya menggunakan jenis tahu yang kopong tengahnya, dan ukurannya yang kecil itu. Sehingga kalo disiram kuah, berasa banget bumbunya meresap.

tahu gejrot tahu gejrot kang banyu tahu gejrot terdekat tahu gejrot cirebon tahu gejrot resep tahu gejrot bogor tahu gejrot ragunan tahu gejrot di cirebon tahu gejrot pak deden kota bandung jawa barat tahu gejrot bekasi tahu gejrot cidodol tahu gejrot berapa kalori tahu gejrot cimahi tahu gejrot jakarta timur tahu gejrot pedas tahu gejrot ragunan kang banyu tahu gejrot adalah tahu gejrot garut tahu gejrot mas banyu tahu gejrot rudal tahu gejrot terkenal di cirebon tahu gejrot arjun tahu gejrot alun alun cirebon tahu gejrot asli cirebon tahu gejrot al farabi tahu gejrot asal usul tahu gejrot aa ciledug tahu gejrot abang abang tahu gejrot asal tahu gejrot aa resep tahu gejrot abang abang tahu gejrot tanpa asam jawa tahu gejrot isi ayam tahu gejrot rest area sentul bumbu tahu gejrot apa aja tahu gejrot mas anton tangerang banten tahu gejrot di antapani tahu gejrot bu gendut asli jakarta kota sby jawa timur tahu gejrot pake tahu apa tahu gejrot mang enjum alkit kota surakarta jawa tengah


Sampai saya menulis ini, saya kembali merindukan tahu gejrot langganan di Pemalang. Mau ke sana lagi aduh, jauhnya. Makanan khas Cirebon ini, baru ada di sepanjang Cirebon sampai Pemalang. Di Pekalongan, Batang saya jarang menjumpainya mungkin ada paling bisa dihitung dengan jari. Semoga saja segera babang penjual tahu gejrot ini sampai ke daerah Kendal, biar kalau mau jajan tahu gejrot nggak kesusahan. Misalnya bikin sendiri pasti belum tentu seenak si babang hehehe ... sekian cerita kuliner saya. Happi hunting makanan Indonesia!

23 komentar :

  1. Bumbunya sekilas sama tapi kaang rasanya beda ya masing-masing punya ciri khas sendiri. DUh aku jadi pingin makan tahu gejrot juga nih , seger ya

    BalasHapus
  2. Ah jadi ingat Tahu Gejrot yang dioleh-olehi waktu itu.. enak bikin nagih ya Nyi, hehe..

    BalasHapus
  3. Ini masakan kesukaan aku banget. Tahunya enak plus kalau kuahnya pakai sambal yang banyak. Aduh enaknya. Tapi lebih enak lagi kalau makan di tempatnya khusus gitu ya mbaa

    BalasHapus
  4. Tahu gejrot selalu jadi favorit anak-anak saya. Kalau saya bikin ini, pasti deh mereka makan melulu

    BalasHapus
  5. Tahu kopong di sini mah banyak, tapi tak ada yang jualan tahu gejrot, he he. Kebanyakan seblak. Pengen bikin. Semacam rujak tahulah. Cuma sensasi rasanya pasti beda dengan buatan mamang dagang yang ahli bikinnya. Jam segini mendadak lapar, nih. Mbak ngabibita dengan kisah tahu gejrot yang pernah saya beli kala kecil, ha ha.

    BalasHapus
  6. Woaaa, tahu gejrot, demenan aku ini Mbaa. Suka banget dengam pedesnya, trus camilan ini gak bikin ndut, hahaah

    BalasHapus
  7. Ternyata resep tahu gejrot itu pakai bawang putih juga ya? Aku pertama kali makan tahu gejrot itu di Cirebon, dan bener juga kata Nyi, jadi ketagihan

    BalasHapus
  8. Aku suka tahu gejrot, sueger. Tapi di sini jarang yang nemu enak dan bersih. Jadi kelar makan suka eneg, ga tahu kenapa di sini penjualnya agak jorok gitu rata-rata. Padahal aku suka banget tahu gejrot

    BalasHapus
  9. ah ya ampun, ini favorit banget sih, saynagnya di bandung udah agak susah nyarinya nih, ga di setiap tempat makanan ada, harus nyari nyari ke tempat wisata tertentu baru deh nemu hehhe

    BalasHapus
  10. Wah jadi pingin pulkam ini mbak. Saya lahir dan besar di Cirebon. Tahu gejrot memang bikin kangen terus. Jajanan masa kecil tiap hari

    BalasHapus
  11. Dulu waktu pya art asal cirebon, saya pernah dibuatin tahu gejrot. Enak banget dan sayangnya aku ndak sempet nanya resep. Sekarang kalau lihat kang tahu gejrot kepingin buat, tp agak ragu takut hasilnya kasinen. Soalnya pernah buat keasinan sekale

    BalasHapus
  12. Emang ning Pwmalang ning endi bae Nyi? Aku ning Pwkalongan ya banyak kok tapi keliling. Biasane aku nek tumbas sing dodole ning Unikal.

    BalasHapus
  13. Namanya unik ya mbak, tahu gejrot. Pernah lihat sih ada penjual tahu gejrot tapi belum pernah icip-icip.... Setelah baca tulisan mbak Nyi jadi penasaran pengen beli seporsi...karena saya suka banget makan tahu.

    BalasHapus
  14. Wah ada tahu gejrot uenak ya. Kayanya perlu nih keliling Pemalang buat nyobain kulinernya yang endeus endeus...

    BalasHapus
  15. Nyi sama suami ini paling rajin kuliner.
    Hiihii...jadi ingat jaman dulu pas baru nikah.
    Sekarang jadi jarang kuliner di luar...palingan pesen makanan pake ojol.
    Hehhe...mager bangeett~

    BalasHapus
  16. Huaa jadi kangen tahu gejrot euyy,,enaknya tuh pakai bawang putih aja sama cabenya yang banyak,, mantap lah pokoknya.

    BalasHapus
  17. Ya ampun Nyi, aku suka banget tahu gejrot ini. Dan udah lama ga makan tahu gejrot.kapan2 ah kalo main ke Semarang ta mampir sini

    BalasHapus
  18. Seringnya makan tahu gejrot kalau dapag oleh-oleh dari cirebon, di bandung juga banyak yang jual, tapi sekarang di sukabumi nggak ada yangbkual huhuh, jadi pengen tahu gejrot pemalang, deh, Nyi

    BalasHapus
  19. Tahu gejrot itu makanan favorit saya waktu di Jakarta mbak, eh di Medan sepertinya ga ada yg jual. Bisa dijadikan cemilan atau snack ringan untuk keluarga.

    BalasHapus
  20. Aku kalau makan tahu gejrot paling enak ya di Cirebon, tempat aslinya hehehe. Dan kebetulan juga kampung kakek akuuu nih mba. Tapi sekarang yang jual banyaak aja yaa

    BalasHapus
  21. Wah, tahu ngejrot...enak banget. aku suka banget. tapi yg dagang keliling dirumahku jarang kelihatan. padahal enak banget lho. cobain di tempat lain, malah enakan yang keliling rumah.

    BalasHapus
  22. Aku barusan beli tahu putih, Mbak, di warung. Buat lauk besok. Tapi, masih bingung mau masak apa.

    Setelah baca postingan Mbak Nyi ini, wow, bikin tahu gejrot juga ah besok. Ini kesukaan suamiku nih.

    BalasHapus
  23. Seumur-umur saya belum pernah makan yang namanya tahu gejrot
    Jadi penasaran mau coba.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!