MENU

Rabu, 20 Maret 2019

Mantap Menggunakan Layanan Koperasi Simpan Pinjam dengan Mengetahui Prinsip yang Digunakan


Dunia ekonomi menjadi salah satu bidang yang selalu menarik untuk dijadikan bahan pembahasan. Meskipun masih berada di status negara berkembang, tapi perekonomian di Indonesia selalu menarik untuk dibicarakan. Ada banyak sekali perkembangan yang dilakukan. Mulai dari lingkup minor hingga lingkup mayor.  Semua usaha yang dilakukan oleh tiap pengusaha menjadi salah satu alat bantu yang berguna untuk menstabilkan keadaan ekonomi yang ada. Namun, semua bisnis yang dilakukan oleh pengusaha bukan berarti terhindar dari segala macam permasalahan. Ada banyak sekali kendala yang mungkin harus dihadapi. Salah satu kendala yang cukup sering dialami adalah kekurangan modal dana untuk memulai sebuah bisnis.



Kekurangan dana sebagai modal usaha adalah hal yang wajar terjadi. Namun, bila anda sedang berusaha untuk memulai sebuah bisnis, permasalahan tersebut sangat mungkin untuk diatasi. Ada banyak sekali cara penyelesaian yang bisa anda gunakan agar bisnis anda tetap bisa berjalan. salah satu cara yang bisa dan sudah biasa digunakan adalah dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam akan menawarkan berbagai macam keuntungan kepada para anggotanya yang ingin meningkatkan taraf ekonomi. Namun, sebelum anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan layanan yang ada di koperasi simpan pinjam, ada baiknya bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu prinsip apa saja yang digunakan oleh operasi tersebut.

1. Keanggotaan tak terikat

Menggunakan berbagai macam layanan yang disediakan oleh koperasi simpan pinjam setelah anda menjadi anggotanya adalah hal yang menarik untuk dilakukan. salah satu keuntungan yang bisa anda rasakan adalah keanggotaan yang ada di koperasi simpan pinjam tidak terikat aturan yang sangat mengekang. Keanggotaan yang bisa anda dapatkan sangatlah terbuka dan suka rela. Anda tidak pernah dipaksa untuk melakukan berbagai macam hal yang tidak masuk akal dan di luar batas kewajaran. Koperasi simpan pinjam yang baik akan sangat menjaga keterbukaan antara anggota dan koperasi sebagai tempat naungan.

2. Pengelolaan baik

Koperasi simpan pinjam memiliki sistem pengelolaan yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan koperasi simpan pinjam bisa menjalankan sistemnya secara mandiri tanpa ada campur tangan dari pihak luar. Dengan sistem seperti ini, maka status anggota dan karyawan di koperasi simpan pinjam akan terjamin dari pihak luar yang berusaha ingin menguasai beberapa hal secara egois. Semua keuntungan atau hasil yang didapat selama satu periode tertentu akan dibagi secara merata kepada setiap anggota sesuai dengan perjanjian yang berlaku.

3. Anggota adalah raja

Status “raja” tidak hanya diberikan kepada para pembeli yang sedang menukarkan uangnya untuk barang atau jasa. Anggota koperasi simpan pinjam juga dianggap sebagai demikian. Semua keputusan yang berhubungan dengan seluruh pihak yang terkait dengan koperasi simpan pinjam akan dibicarakan secara demokratis sampai menemukan kata mufakat. Dengan begini, semua aspirasi atau pendapat yang dimiliki anggota akan sangat berdampak baik bila disampaikan dengan cara yang benar. Itulah mengapa menjadi anggota koperasi simpan pinjam juga bisa dijadikan jalan keluar bagi anda yang ingin melatih kemampuan menyampaikan pendapat di depan umum.

Salah satu koperasi simpan pinjam yang terpercaya di Indonesia dan bisa anda gunakan layanannya adalah koperasi simpan pinjam yang tertera pada pracico.com. Anda bisa mendapat banyak pengetahuan di bidang ekonomi terlebih lagi terkait koperasi simpan pinjam dengan mengunjungi laman resmi yang telah disebutkan.

28 komentar :

  1. Baru ngeh tentang Koperasi simpan pinjam, membantu banget nih buat masyarakat.
    Asyik banget jadi anggota tapi gak dipaksa aneh2, masih bisa menentukan pilihan, dan yang pastinya dihargai, karena anggota dan koperasi itu saling membutuhkan :)

    BalasHapus
  2. Banyak juga keuntungan yang didapat oleh anggota yang ikut dalam koperasi simpan pinjam ya. Tadi langsung lihat web nya, ternyata ada beberapa kopsin yang didirikan Pracico.

    BalasHapus
  3. Koperasi simpan pinjam ini sangat membantu sekali ya untuk mereka yang membutuhkan modal untuk usaha. Suami saya juga bergabung di koperasi tempat dia berkerja :)

    BalasHapus
  4. Koperasi inilah yang akan membuat kita yakin bahwa koperasi semakin dekat rakyat dan hanya untuk kemakmuran rakyat.

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu koperasi simpan pinjam ini sayang di kantor ga ada koperasi juga padahal memang ada koperasi memudahkan banget :)

    BalasHapus
  6. Papaku dulu PNS di dinas koperasi, Mba. Setiap ada warga yang ingin mendirikan koperasi, biasanya selalu datang meminta petunjuk ke papa :)

    BalasHapus
  7. Suamiku jadi salah satu anggota koperasi di sekolahnya. Enaknya, meminjam di koperasi ini bunganya kecil, hihihi :)

    BalasHapus
  8. wah. Udah lama banget aku nggak pernah dengar istilah komperasi simpan pinjam. Terakhir dengar rasanya waktu duduk di bangku SMA dulu. sekarang mungkin koperasi simpan pinjam harus kerja keras bua eksis di tengah persaingan dengan usaha sejenis kali ya

    BalasHapus
  9. Nah, kalau koperasi yang menggunakan asas koperasi dan mematuhi aturan-aturannya memang membuat anggota nyaman ya. Sekarang ada banyak sekali pembiayaan simpan pinjam yang mengatasnamakan koperasi loh. Sebagai masyarakat harus benar-benar bijak untuk memilih mana koperasi yang benar mana yang hanya menggunakan nama koperasi.

    BalasHapus
  10. Lama banget ga denger kata koperasi simpan pinjam. Ternyata masih ada ya

    BalasHapus
  11. Koperasi saat ini pamornya kurang ya padahal keberadaannya membantu banget

    BalasHapus
  12. Semoga koperasi menemukan inovasi yang bikin banyak orang tertarik ya. Terakhir aku belanja di koperasi tuh waktu kuliah.

    BalasHapus
  13. Jadi mengingat pelajaran sekolah lagi tentang koperasi. Memang sepertinya koperasi paling cocok dengan kultur masyarakat Indonesia

    BalasHapus
  14. Dari zaman dulu hingga sekarang, koperasi selalu memberikan manfaat bagi anggotanya ya. Semoga koperasi yg ada di Indonesia makin maju ya. Amiin :)

    BalasHapus
  15. Di Semarang ini ada koperasi simpan pinjam yang ramai nasabahnya. Apalagi lokasinya dekat dengan pusat bisnis, jadi banyak yang pakai kospin itu

    BalasHapus
  16. ternyata koperasai simpan pinjam masih tetap eksis yahh mbak

    BalasHapus
  17. KSP masih laris lho karena sangat membantu pegawai perusahaan tersebut. Memang perlu edukasi untuk peminjam supaya lebih selektif sebelum berutang sana-sini.

    BalasHapus
  18. Kalo kepepet, aku sering nih minjem uang, atau kredit via koperasi. Walopun koperasi yang ada di tempat kerja suami atau adik. Lumayan membantu banget deh. Gak berat cicilannya.

    BalasHapus
  19. Wah di RT aku ada juga sih koperasi kecil-kecilan khusus untuk para warga. Tapi biasanya pinjaman bukan untuk usaha sih, nominal pinjaman juga gak terlalu besar.

    Mau cobain ah melipir dan browsing2 ke Pracico

    BalasHapus
  20. Kalau di desa-desa KSP ini masih jadi andalan yaa.. inget kalau pas mudik ke rumah mama, koeprasi di dekat rumah selalu ramai sama orang yg pinjam meminjam :)

    BalasHapus
  21. Ngebantu banget ya kak,, aku kenal operasi dan transaksi langsung itu pas waktu sekolah aja selepas dari sekolah ge pernah lagi tuh hehe.

    BalasHapus
  22. Koperasi simpan pinjam sudah merambah dunia online ya.. Mantabs...

    BalasHapus
  23. Koperasi..tu ngingetin banget sama masa lalu krn dulu saya megang koperasi zaman kerja di rumah sakit..hehe..maaf salfok

    BalasHapus
  24. Gimana dengan hukumnya kalau u yang muslim ya Mba. krn sekarang banyak yang lebih aware dan ingin produk keuangan yang syariah.

    BalasHapus
  25. Koperasi simpan pinjam memang sering jadi solusi cepat masyarakat ya mba. Yang paling penting menurut saya juga dilihat legalitasnya agar tidak terjadi hal2 buruk terkait pinjaman.

    BalasHapus
  26. Jadi ingat skema ini sejak kecil.. senang melihat koperasi simpan pinjam yang bisa banyak membantu

    BalasHapus
  27. Aman yaa Nyi..
    Karena beberapa point di atas.
    Terutama terkait dengan tidak harus jadi anggota.

    Semoga lancar dalam pengembalian dana pinjaman.

    BalasHapus
  28. biasanya koperasi simpan pinjam itu banyak diminati di desa, padahal semua juga bisa akses yaah. belum pernah berurusan nih dengan koperasi heheheh.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tunggu kunjungan balikku ya. Salam!