Kamis, 08 Februari 2018

Camilan Cimol Goreng Pedas Manisnya Mantap


Camilan Cimol Goreng Pedas Manisnya Mantap - Cimol goreng yang saya samperin siang ini, adalah cimol goreng yang pengunjungnya nggak pernah sepi. Cimol goreng yang biasa mangkal di depan Stadion Kebondalem, Kendal. Cimol adalah camilan atau jajanan yang berbahan dasar, tepung kanji atau aci. Cukup fenomenal memang, jajanan dengan kata depan, 'Ci', dari cimol, cireng, cilok dan sebagainya. Hampir tidak pernah sepi peminatnya, dari sabang sampai merauke.

cimol goreng cimol goreng telur cimol goreng tepung terigu cimol goreng bandung cimol goreng isi cimol goreng kenyal cimol goreng renyah cimol goreng krispi cimol goreng pedas cimol goreng empuk cimol goreng enak goreng cimol meledak goreng cimol agar tidak meledak goreng cimol agar tidak meletus resep cimol goreng ncc resep cimol goreng empuk buat cimol goreng resep cimol goreng kering resep cimol goreng sederhana kalori cimol goreng resep cimol goreng saus kacang cara goreng cimol agar tidak meletus cara goreng cimol agar tidak meledak resep cimol goreng bandung enak dan lezat resep cimol goreng bumbu kacang resep cimol goreng balado cara goreng cimol biar tidak meledak resep membuat cimol goreng bandung cara goreng cimol biar gak meledak cara goreng cimol biar ga meletus cara membuat cimol goreng bumbu balado cara goreng cimol biar ga meledak cara goreng cimol biar tidak meletus bumbu cimol goreng bisnis cimol goreng


Jajan cimol sangat ramah di kantong, terbukti ketika saya jajan cimol hampir semua anak sekolahan. Tetapi setelah agak sore, pembeli akan berganti oleh masyarakat yang umum. Biasanya sih yang beraktivitas olah raga di stadion, anak nongkrong dan sekitaran.


"Peminatnya nggak anak sekolah aja Mbak, tapi juga umum. Kalau jam segini memang banyak anak sekolah, tapi kalo sudah siangan umum," ucap si Bapak cimol menerangkan kepada saya, diiyakan oleh Ibu cimol. Begitu keduanya dipanggil oleh pelanggan mereka, anak SMP.


cimol goreng cimol goreng telur cimol goreng tepung terigu cimol goreng bandung cimol goreng isi cimol goreng kenyal cimol goreng renyah cimol goreng krispi cimol goreng pedas cimol goreng empuk cimol goreng enak goreng cimol meledak goreng cimol agar tidak meledak goreng cimol agar tidak meletus resep cimol goreng ncc resep cimol goreng empuk buat cimol goreng resep cimol goreng kering resep cimol goreng sederhana kalori cimol goreng resep cimol goreng saus kacang cara goreng cimol agar tidak meletus cara goreng cimol agar tidak meledak resep cimol goreng bandung enak dan lezat resep cimol goreng bumbu kacang resep cimol goreng balado cara goreng cimol biar tidak meledak resep membuat cimol goreng bandung cara goreng cimol biar gak meledak cara goreng cimol biar ga meletus cara membuat cimol goreng bumbu balado cara goreng cimol biar ga meledak cara goreng cimol biar tidak meletus bumbu cimol goreng bisnis cimol goreng


Pedagang kreatif lapangan (PKL)

Gerobak dorong milik Bapak dan Ibu Cimol ini, memiliki stiker bertuliskan, 'Pedagang kreatif lapangan (PKL), binaan Dinas Kesehatan Kab Kendal Tahun 2017'. Saat saya bertanya maksud stiker tersebut, dengan senang hati Pak cimol menjelaskan. Bahwa stiker tersebut adalah bukti, usaha cimolnya sehat. Telah disurvey langsung oleh dinas kesehatan, yang aman dikonsumsi untuk masyarakat sekitar. Tetapi jika ada penjaja makanan yang tidak layak jual, akan dibina oleh Dinas Kesehatan hingga jadi camilan yang aman dikonsumsi. Alhamdullilah di Kendal, sudah ada survey secara langsung begini jadinya tidak perlu ketar-ketir untuk yang ingin membeli jajanan tersebut.


cimol goreng cimol goreng telur cimol goreng tepung terigu cimol goreng bandung cimol goreng isi cimol goreng kenyal cimol goreng renyah cimol goreng krispi cimol goreng pedas cimol goreng empuk cimol goreng enak goreng cimol meledak goreng cimol agar tidak meledak goreng cimol agar tidak meletus resep cimol goreng ncc resep cimol goreng empuk buat cimol goreng resep cimol goreng kering resep cimol goreng sederhana kalori cimol goreng resep cimol goreng saus kacang cara goreng cimol agar tidak meletus cara goreng cimol agar tidak meledak resep cimol goreng bandung enak dan lezat resep cimol goreng bumbu kacang resep cimol goreng balado cara goreng cimol biar tidak meledak resep membuat cimol goreng bandung cara goreng cimol biar gak meledak cara goreng cimol biar ga meletus cara membuat cimol goreng bumbu balado cara goreng cimol biar ga meledak cara goreng cimol biar tidak meletus bumbu cimol goreng bisnis cimol goreng


"Wajib lapor biasanya saya lakukan setengah tahun di Kendal, setengah tahun di Semarang," kata Bapak cimol menjelaskan lagi. Saya tertarik dan manggut-manggut dengan cerita Bapak cimol. Jadi Pak cimol ini tidak hanya mempunyai izin camilan sehat dari Dinkes Kendal, tetapi juga dari Dinkes Semarang. Hmm ... keren ya, penjaja makanan yang sadar akan kesehatan jajanan yang dijualnya. Semoga penjaja lainnya, juga ikutan seperti Bapak cimol ini ya Pak. 

Rasa pedas manis jadi best


Cimol banyak dijajakan di pinggiran jalan, harga yang miring inilah membuat cimol banyak digemari oleh kalangan muda atau dewasa. Setelah digoreng kurang lebih 10 menitan, cimol akan disaring dahulu agar tidak banyak minyak yang menempel. Lantas ditaruh dalam plastik, sesuai dengan harga yang dibayar pembeli dan diberikan bumbu perasa berupa serbuk.

"Best sellernya rasa apa Pak?" Kata saya penasaran, dengan beberapa kotak tempat bumbu serbuk aneka rasa.

"Pedas manis yang banyak peminatnya dan cepat habis Mbak," terang beliau sembari menaruh bubuk rasa yang saya minta. Tentu saja saya penasaran dengan rasa tersebut. Ketika saya mencicipi cimol ini di rumah, saya bandingkan kedua rasa yang saya pilih. Satu pedas manis, dua bumbu gurih. Benar saja kenapa pedas manis cepat habis, pedas manisnya mantap dan nampol.


cimol goreng cimol goreng telur cimol goreng tepung terigu cimol goreng bandung cimol goreng isi cimol goreng kenyal cimol goreng renyah cimol goreng krispi cimol goreng pedas cimol goreng empuk cimol goreng enak goreng cimol meledak goreng cimol agar tidak meledak goreng cimol agar tidak meletus resep cimol goreng ncc resep cimol goreng empuk buat cimol goreng resep cimol goreng kering resep cimol goreng sederhana kalori cimol goreng resep cimol goreng saus kacang cara goreng cimol agar tidak meletus cara goreng cimol agar tidak meledak resep cimol goreng bandung enak dan lezat resep cimol goreng bumbu kacang resep cimol goreng balado cara goreng cimol biar tidak meledak resep membuat cimol goreng bandung cara goreng cimol biar gak meledak cara goreng cimol biar ga meletus cara membuat cimol goreng bumbu balado cara goreng cimol biar ga meledak cara goreng cimol biar tidak meletus bumbu cimol goreng bisnis cimol goreng

Sharing yang luar biasa

Bapak dan Ibu cimol ini sungguh ramah, dan humoris kepada pelanggannya. Berkumpul dengan anak-anak yang menginjak usia remaja memang menyenangkan. Kemungkinan inilah yang membuat keduanya amat dicintai oleh pelanggan, bukan hanya soal rasa dari makanannya tetapi juga soal bagaimana melayani dengan segenap hati. Terima kasih bapak dan ibu cimol untuk hari ini, pelajaran yang saya dapatkan dari kalian sungguh luar biasa.

cimol goreng cimol goreng telur cimol goreng tepung terigu cimol goreng bandung cimol goreng isi cimol goreng kenyal cimol goreng renyah cimol goreng krispi cimol goreng pedas cimol goreng empuk cimol goreng enak goreng cimol meledak goreng cimol agar tidak meledak goreng cimol agar tidak meletus resep cimol goreng ncc resep cimol goreng empuk buat cimol goreng resep cimol goreng kering resep cimol goreng sederhana kalori cimol goreng resep cimol goreng saus kacang cara goreng cimol agar tidak meletus cara goreng cimol agar tidak meledak resep cimol goreng bandung enak dan lezat resep cimol goreng bumbu kacang resep cimol goreng balado cara goreng cimol biar tidak meledak resep membuat cimol goreng bandung cara goreng cimol biar gak meledak cara goreng cimol biar ga meletus cara membuat cimol goreng bumbu balado cara goreng cimol biar ga meledak cara goreng cimol biar tidak meletus bumbu cimol goreng bisnis cimol goreng


Saya jadi ingat yang dibilang Thomas, pendiri Wendy's, "Apa yang anda butuhkan untuk memulai bisnis? Ada tiga hal sederhana: lebih mengenal produk anda sendiri daripada orang lain, mengenal pelanggan anda, dan memiliki hasrat yang membara untuk sukses."

Lain kali saya akan jajan lagi, buat kamu yang tinggal di seputaran Kendal dan suka cimol. Boleh nih nyamperin Bapak dan Ibu cimol di depan stadion Kebondalem.



14 komentar:

  1. Terus aq jadi pengin cimool...tapi keren juga ya udah ada survey dari kota buat menjaga kebersihan dan mutu makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, kualitasnya sehat

      Hapus
    2. Cimoool aci digemol kalo di Bandung happening banget, makin enak dengan tambahan variant bumbu, enaaak!
      Duh hujan2 gini jadi pengen nyemil cimol anget..

      Hapus
  2. Cimolll favorit bangettt gak pernah bosan walau makan setiap hari

    BalasHapus
  3. Sore-sore mendung gini aku malah jadi pengen Cimol karena baca artikel mbaknya haha

    BalasHapus
  4. Melayani dg sepenuh hati ini mau saya capslock and bold mbaa hehehe biar penjual lainnya juga bersikap seperti ini. Tfs yaa mbaa, cimolnya sukses bikin ngiler hahahah

    BalasHapus
  5. Cimol emang camilan yang gak pernah bikin bosen, mau dimakan seberapa sering pun gak akan bosen-bosen. Camilan favorit anak-anak dan saya ini mbak. Sayangnya disini belum ada cimol yang bener-bener enak

    BalasHapus
  6. Cimol, cilok, cireng, ini mah cemilan favorit aku bangeeet.. Ngemilin ini tiap hari juga gak bosen-bosen..

    BalasHapus
  7. Kira in cimol disukai warga priangan saja. Ternyata di Jawa juga jadi favorit ya :)

    BalasHapus
  8. Saya juga suka jajanan cimol hehe. Seneng ya Dinkes-nya peduli sama jajanan PKL, kalau kyk gtu kan emak2 gak rersah sama jajanan anak2nya TFS :D

    BalasHapus
  9. Baru tau kalo di Jawa juga ada yang namanya Cimol, Mba. Kirain di Bandung aja. Hehe.
    Btw, Bapak dan Ibu penjualnya keren abis ya? Semoga dagangannya semakin laris manis!

    BalasHapus
  10. Cimol ini enaknya dimakan saat hangat yaa, Nyi...
    Kalo lupa makan, kempet...jadi gak enak.
    Heuu~~

    BalasHapus
  11. Eh di Jateng ada cimol juga toh? Kirain cuma di Bandung loh. Wah enak ya klo rasanya pedes. Duh jam segini baca beginian jdi laper haha

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^