Rabu, 02 Agustus 2017

Rumah Kreatif Film Kendal Present Film Reksa



Rumah Kreatif Film Kendal Present Film Reksa



Bloggerkendal.com - Film Reksa akhirnya tayang perdana, pada Minggu, 30 Juli 2017 di Pendopo Kendal. Film pendek yang berdasarkan realita yang terjadi di daerah Kendal ini, menginspirasi seorang produser film muda dan berbakat Ulin Nuha menjadi karya yang apik. Ulin dibantu oleh Khairul Mustofa, pemuda berbakat yang menjadi sutradara ini terbilang masih muda dengan umurnya yang masih 19 tahun. Penulis naskahnya sendiri adalah Sofyan Hadi, yang lebih dikenal dengan panggilan Ian.

Banyak lagi yang terlibat di dalam penggarapan film Reksa ini, tidak lain ialah pemain-pemainnya sendiri. Reksa dibintangi oleh ZUlfahmi, Bapak Reksa ialah Jatmiko, sinang Kendal 2016 dan Siti Nur Azizah sebagai Ibu Reksa. Mereka bertiga bermain apik, meski dunia akting adalah dunia baru buat mereka. Tetapi penampilan mereka tidak kalah kok, dengan artis ibu kota lainnya. Terus asah kemampuan aktingnya ya! Meski film Reksa sudah tayang, semoga ada sekuelnya aamiin.

Rumah Kreatif Film Kendal, menjadi wadah bagi para pemuda dan pemudi Kendal yang ingin belajar mengenai dunia perfilman.

"Kami terbuka kepada siapa saja yang ingin bergabung, belajar  dunia film," ujar Ulin setiap kali tampil dalam acara yang tergabung dalam komunitas-komunitas di Kendal. Dahulu Ulin sering ke Semarang, untuk belajar menimba ilmu mengenai dunia perfilman tetapi sekarang justru dialah yang menghidupkan seni perfilman di kota Kendal. Salut buat pemuda yang masih mau peduli pada lingkungannya dan menebarmanfaat serta membagi apa yang dimilikinya kepada masyarakat.


Rumah Kreatif Film Kendal Present Film Reksa


Film Reksa sendiri menceritakan soal bocah bernama Reksa, yang ditinggal pergi ibunya ke luar negri sebagai TKW di Malasyia. Bapak Reksa ini yang awalnya menyuruh Ibu Reksa untuk merantau, karena tergoda dengan tetangga-tetangga yang ditinggal merantau istrinya kehidupannya jauh lebih terpenuhi. Padahal kehidupan tidak melulu soal materi, kasih sayang dan keberadaan orang tua justru lebih dibutuhkan dari semua hal keduniaan itu.

Tidak hanya menyajikan drama kehidupan semata, tetapi film Reksa ini juga memberikan tayangan tradisi, budaya dan kesenian yang ada di Kendal. Lihat saja kesenian barongan ditayangkan dalam film Reksa, budaya dan adat kehidupan masyarakat setempatnya juga divisualkan dengan baik.

Perjuangan dan kerjakeras banyak pihak, terutama Rumah Kreatif Film Kendal ini harus dijadikan acuan positif bahwa pemuda tidak hanya bisa foya-foya saja tapi lebih dari itu berkarya untuk bangsa dan negara tercintanya. Semoga film Reksa ini bisa mendunia, memberikan edukasi baik bagi masyarakat juga memberikan masukan kepada pemerintah setempat agar masyarakatnya disiapkan lapangan pekerjaan yang layak. Agar banyak wanita tidak perlu merantau, apalagi yang sudah berkelurga tidak perlu jauh-jauh ditinggal ibundanya.


Rumah Kreatif Film Kendal Present Film Reksa

Selain launching film Reksa, Rumah Kreatif Film Kendal juga mengadakan selfie contest instagram lho, pada malam 30 Juli 2017. Siapakah yang beruntung? Dan ternyata saya termasuk pemenang kontes selfienya, hehehe ... senangnya! Thanks ya Rumah Kreatif Film Kendal.

Sayangnya pejabat daerah Kendal setempat, hampir tidak ada yang datang. Justru komunitas-komunitas Kendal dan Semarang banyak yang mensuport terselenggaranya acara. Bangga rasanya melihat komunitas-komunitas seni di Kendal ini bersatu, saling membantu satu sama lain. Ada Komunitas Stand Up Indo Kendal, Random Band, Jarak Dekat, Kendal Membaca, Volunteer Oemah Sedekah, dan disupport oleh banyak pihak selain sponsor dan juga media patner di Kendal.


Rumah Kreatif Film Kendal Present Film Reksa


Kado terindahmu untuk Dirgahayu Kabupaten Kendal yang ke 412 ini, semoga bisa membuat Kendal jadi lebih baik dan lebih bermartabat. Aamiin. Terus menebar inspirasi dan manfaat untuk sekitarnya. Selamat atas launching film Reksa dan semoga film Reksa menjadi film yang bisa membawa harum nama Kendal dan Rumah Kreatif Film Kendal. Aamiin.

Wanna join Rumah Kreatif Film Kendal?
Kepoin IG-nya di : @kreatif_filmkendal


Salam


6 komentar:

  1. Selamat hari jadi yang ke 412 untuk kota kelahiranku. Baru tahu kalau di Kendal adalah Rumah Kreatif Film.

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya komunitas2 yang ada di kota kendal, kushusnya pemuda kendal yang sudah menguasai bakat perfilman.

    BalasHapus
  3. Wah, maju terus perfileman biar kata msh indie
    Kadang pemerintah emang gitu, pdhal anak daerah udah niat bgt

    BalasHapus
  4. Sukses buat filmya dan semoga makin kreatif anak mudanya

    BalasHapus
  5. Semoga sukses dengan filmnya.
    Dan Selamat hari jadi juga buat kab. Kendal yang ke 412. Semoga tambah baju buat kota Dan masyarakatnya.

    Ow ya Jadi para bejabat daerah nga ada yang datang iya, emang pada kemana merdeka semua, tidak mensuport karya anak daerahnya sendiri.

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^