Jumat, 07 Juli 2017

Pembuatan KTP Baru di Kota Kendal

Pembuatan KTP Baru di Kota Kendal


Bloggerkendal - Akhirnya setelah mengurus Pembuatan KK Baru, saatnya mengurus pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) baru. Emang ya keduanya selalu bersinggungan, kalo KK salah, ya KTP ikuran salah. Kuncinya ya ada di KK (kartu kerluarga) tersebut, harus waspada banget nih. Buat pelajaran kalau kelak udah membangun rumah tangga dan harus mengurus kartu keluarga sendiri.

Katanya banyak orang yang bilang diurusin juga cepat, tetapi harus bayar. Kekhawatiran saya ini, pembuatan KTP elektronik kalau dibuatin orang akan salah kembali. Wong yang bikin orang kecamatan sendiri aja salah, gegara namanya asing nggak sama kayak nama orang Jawa.

Iya nih, gegaranya ibu kan aslinya berasal dari Bali. Makanya nama saya keikutan nama dari sana. Beberapa orang nggak percaya, kalau kenalan saya nyebutin nama asli. Dikata bercanda sayanya, hehehe ... perbedaan nama, perbedan suku, perbedaan tempat tinggal dan asal menjadi sangat penting sekali untuk data kependudukan kita.



Pembuatan KTP Baru di Kota Kendal


Pembuatan KTP gratis

Jangan mau ya kalau ada pungli harus bayar soal pembuatan KTP online. Soalnya pembuatan KTP baru atau perekaman KTP itu gratis. Bisa dilakukan perekaman di Kecamatan setempat atau ke kantor Pencatatan Wilayah tempat tinggal kamu.

Syarat pembuatan KTP baru

·         Usia sudah mencapai 17 tahun ya!
·         Surat pengantar dari pak RT dan pak RW
·         Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
·         Fotokopi akta kelahiran milik kita
·         Lampirkan pas foto dengan ukuran 3x4 3 lembar.


Kegunaan dan fungsi KTP sendiri apa sih?

·         Sebagai identitas kita, kalau kita ini warga penduduk Indonesia
·         KTP juga menjadi syarat keikutsertaan kita dalam pemilu.
·         KTP menjadi penting ketika kita ingin membuka rekening di bank
·        Kegunaan KTP itu penting banget pokoknya, jangan sampai lalai dan abai ya! Malas untuk membuat. Karena itu identitas kita yang paling penting banget.

Pembuatan KTP Baru di Kota Kendal


Pembuatan KTP sementara

Alhamdulillah kartu keluarga udah jadi, tinggal memperbaiki KTP saja. Eh ... yang jadi masalah KTP sementaraku keslempit entah di mana, soalnya aku jarang bawa lembaran itu karena terlalu gede. Makanya aku masih membawa KTP yang lama, karena pembuatan kemarin dulu itu nggak diminta. Akhirnya kemana-mana ya bawanya itu, meski salah nama.

Pak petugas meminta membawa dulu, selebaran KTP sementara. Harus ada dan wajib, tanpa itu nggak bisa dibuatkan KTP yang baru. Mau gimana lagi, aku balik nyari-nyari selebaran itu sampai bongkar semua barang-barang. Karena petugasnya bilang, kalau nggak ketemu juga harus bikin surat kehilangan ke polsek. Ribet lagi deh!

Tuhan Mahabaik, KTP sementara ketemu ternyata ada di dalam tas. Alhamdulillah banget, akhirnya aku kembali ke Capil. Apa yang terjadi? Antrian udah berjubel banget, dapet antriannya nomer belakangan pula. Khawatirnya udah antri lama, eh nggak jadi diurusin karena terbentur jam 15.00, kantor Pencatatan Sipil tuutp dipukul tiga.

Alhamdulillah semuanya dimudahkan kembali, ada bapak-bapak yang kemarin sempat jadi konselorku. Aku langsung nyamperin tuh bapak dan tanpa menunggu lama langsung dibuatkan kembali. Nggak pake ribet, cuma data yang tersimpan di Pencatatan Sipil cuma ditambah nama saya dengan satu huruf 'Y'.

"Nanti yang asli dikirimkan ke kecamatan," ucap ibu petugas. Saya mengangguk, akhirnya kelar juga dari sini.

Lega luar biasa, dua harian penuh ngurusin KK dan KTP. Sedari sana, lapar dari pagi kembali membuat tidak fokus. Langsung mampir warung makan ke ayam geprek, yang tidak jauh dari lokasi Pencatatan Sipil. Terima kasih Rabb, telah memudahkan segalanya.

Yang mau ngurus KTP atau KK, buruan gih! Lengkapin semua persyaratannnya. Soalnya kalau udah lari ke Pencatatan Sipil dan berkas komplit. Bikinnya gampang, hanya antri saja yang kudu siap grak. Semoga bermanfaat.


Salam

11 komentar:

  1. Ponakanku kemarin jga bru ngurus mumpung liburan Nyi dan rame :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, ikut senang mba...
    saya malah udah hampir mau setahun belum jadi2 juga mba e-ktpnya, hiks

    BalasHapus
  3. punya sha nama di kk salah satu huruf, jd ktp juga salah. susah banget ngurus2nya. bikin ktp aja setahun baru selesai. itupun bayar 60ribu hahaha males mu urus2 lagi :P

    BalasHapus
  4. wah ternyata proses bikin KTP lamanya tiap2 derah beda2 ya.. btw mbak, GA blog ku diperpanjang sampe 17 Juli ya, hayuk ikutan :D

    BalasHapus
  5. Ini proses sama seperti aku dulu..hehe
    Betul tuh, jangan mau kalau di mintai uang disaat pembuatan KTP ya..

    BalasHapus
  6. kalau mengurus Administrasi apapun di Istasi Pemerintahan emang harus semangat dan Tetib kalau mau mudah, ditambah Doa yang banyak biar lancar jaya, heeee ...
    jadinya KTP maih sementara ia .. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Bunda dan Bundi10 Juli 2017 06.25

    pas di kecamatan ada pegawai yg bilang gini gak mbak? "itu kotaknya diisi ya"
    Eh ini kecamatan mana? Dulu selalu begitu gak tahu sekarang masih suruh ngisi kotak apa enggak

    BalasHapus
  8. saya aja ktp nya belum selesai2 sampai sekarang :'D entah sampai kapan..

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah begitu mudah, di Bandung juga begitu. Mudah dan gratis. Tidak ribet sebenarnya, asalah menjalani sesuai prosedur dan semua persyaratan dilengkap. Sip deh ^_^

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^