Jumat, 31 Maret 2017

Cimol Goreng yang Enak dan Gurih


Cimol Goreng


Bloggerkendal.com - Cimol, pernah makan cimol? Pernah mencicipi atau malah justru menjadi cemilan favoritmu?

Belakangan ini sahabat saya Oky, gemar banget jajan cimol. Sempat heran dengan jajanan itu, cuma kanji mlembung yang dibumbui. Buat dimakan aja kenyal-kenyol gitu, rasanya kok aneh hahaha ... eh malah sekarang saya yang keranjingan jajanan cimol goreng. Mungkin ini yang dinamakan, 'kemakan omongan sendiri'.

Cemilan berbahan dasar tepung kanji ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Kekenyalan tekstur pada cimol, jika ditambah bumbu aneka rasa seperti barbeque, bubuk pedas, balado, atau bubuk rasa lainnya akan menjadikan hari-harimu semakin ceria.

Karena aku nggak gitu demen pedes dan gusiku sedang radang, aku memilih cimol goreng hanya dengan bumbu asin. Rasanya gurih yummy ... bikin ketagihan lagi dan terus mencicipi sebelum abis.


Cimol goreng yang kubeli ini di depan MI Krajan Kulon, Kaliwungu. Harganya murah meriah, beli Rp 500 aja masih boleh hahaha ... biasanya aku beli Rp 3 ribu-4 ribu. Saat aku bertanya pada bapak yang menjual, sudah berapa lama ia berjualan aku mendapatkan jawaban yang mencengangkan.

"Baru dua belas tahun, dek!"

WHAT? Dua belas tahun itu masih dibilang baru? Hahhaha ... si bapak ngajak becanda ini mah.

Cimol Goreng


Bisnis  yang dijalani si bapak dilakukannya dengan totalitas. Akhirnya bisnis si bapak bisa jadi tahan lama, harusnya si bapak bisa mempekerjakan orang lain untuk menjualkannya dan bapak ini bisa berekspansi ke cemilan lain yang masih mengandalkan bahan baku yang sama. Bisa jadi mengolah cireng dan lain-lain.

Ohya, jangan lupa cimol ini nikmatnya lebiih kalau dikonsumsi selagi hangat. Cimol sendiri sebenarnya singkatan dari, 'aci digemol', kalau kata wikipedia sih artinya tepung kanji yang dibikin bulat-bulat kaya bola pingpong.

Mau ngerasain racikan si bapak yang jualan cimol? Merapat aja ke MI Krajankulon, kampung Kembangan pagi sebelum anak sekolah masuk dan jam 9.30 an waktu istirahat. Tertarik berjualan cimol? Belajar bikin caranya dulu, sayangnya saya belum pernah membuat cimol dan belum tertarik membuatnya. Kalau aku bikin terus pinter, lalu jualan kan ya kasian si bapak aku nggak beli dagangannya. Ada penjual ada pembeli, ada pembuat ada yang menikmatinya. Dunia butuh semuanya agar bisa berputar.



Happy weekend!

28 komentar:

  1. Cimol itu sama nggak dengan cilok? Belum pernah makan cimol :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cimol itu aci digoreng, cuma ditaburi bubuk perasa, aslinya sih udah gurih
      cilok aci digodok dan dikasih bumbu kacang, saus atau kecap semacam siomay mba Lian

      Hapus
  2. Aku termasuk yg makan segala cimol, cilok dan ci ci yg lain (mang ada? :D ) buat taste aja alias yg penting dah pernah nyoba.
    Suka khawatir dg kandungan minyaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kandungan minyaknya bahya to Bunsal?

      Hapus
  3. Cimol, cilok, cireng enak semua. Jajanan murah tapi ga tau deh gizinya, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha jadi kepengen browsing nilai gizinya Kak

      Hapus
  4. Saya suka bikin Nyi. Beberapa hari lalu saya ketemu tukang cimol inspiratif lho... Nanti saya tag/mention ya...

    BalasHapus
  5. Belum pernah ngerasain yang namanya Cimol, cilok ataupun Cireng . Kalau Kojek pernah, sama enggak tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak lho Mas hahahhah
      rugi nggak icip-icip :-D

      Hapus
  6. Jadi ingat antri cimol di daerah tugu pahlawan surabaya, saking larisnya sampai antri 30 menit baru dapat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah males banget kalo ngantri gitu, kalo nggak ngantri ya pengen mam

      Hapus
  7. Udah lamaa banget nggak makan cimol, mba. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main sini mba Lida, tak traktir kwkwkw murah ini

      Hapus
  8. Suka cimoll.. setiap lewat depan rumah disetopin deh. Eh tapi murah ya masih dapat 500. Di sini satuannya seribu.,, enakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha karena ini jualannya di MI jadi ya murah-murah untuk anak umuran SD

      Hapus
  9. Baca komen baru tau beda cimol dan cilok. Hehehe... aku juga kadang suka beli yang ginian, Nyi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak soalnya kak wkkwwk
      murah meriah san

      Hapus
  10. Nggak cimol nggak cilok, sama2 jajanan yg ngangein ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhahah jajanan dikangenin aku aja sih yang dikangenin

      Hapus
  11. Waah ini mah nggak emak emak nggak anak anak dijamin doyan ya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwkwk nggak mau kalah sama anak yak mba Tuty :-D

      Hapus
  12. saya suka cimol, cilok, cireng. enak semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak tau itu makanan dari aci itu enak banget kok ya mba Er hahahah

      Hapus
  13. Cimol adalah saudarang cilok dan cireng hehehee... Tapi masih mending, aku masih paham kalau itu. Seblak yg aku paling nggak paham kok bisa ngehits :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha pasti belum pernah ngerasain seblak ya :-D
      kapan-kapan harus coba ngerasain mba Lusi :-D

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^