Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi Buku Anak Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih


Resensi Buku Anak Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih - Baca buku merupakan salah satu kegemaranku, selain novel, buku anak juga menjadi buku yang sering aku baca. Karena ringan, dan penuh dengan pembelajaran. Itung-itung memersiapkan diri menjadi orang tua nantinya. Biasanya anak-anak kan suka didongengin ya kan? Bisa jadi ini salah satu persiapanku, hehehe ... terlebih dongeng nusantara sudah jarang dikenali.



cerita bawang merah dan bawang putih singkat ringkasan cerita bawang merah dan bawang putih gambar bawang merah dan bawang putih film bawang putih bawang merah bawang merah bawang putih berasal dari dongeng sebelum tidur bawang merah dan bawang putih tokoh bawang merah bawang putih
dongeng sebelum tidur bawang merah dan bawang putih



 

Bawang Merah Bawang Putih, termasuk cerita yang banyak dihapal mati. Ringkasan cerita bawang merah dan bawang putih mengisahkan Bawang Putih, yang mempunyai ibu tiri dan saudara tiri yang sangat jahat. Tetapi bagaimana kisah Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih ini? Intip reviewku yuk!

 

Detail Buku Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih

 

 

Judul                : Bawang Merah Bawang Putih

Penulis             : Lilis Hu

Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer

Tanggal Rilis   : 19 Desember 2016

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 42 Halaman

Harga              : Rp44.000

 

 

Sinopsis Buku Anak SD Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih


 

Ibu Bawang Putih meninggal akibat sakit parah Ayah Bawang Putih kembali menikah Ibu tiri dan Bawang Merah selalu membuat ulah Mungkinkah nasib Bawang Putih akan berubah?

 

Garlic’s ill mother passed from terrible plight Her father remarried new vows did exchange Stepmother and Shallot throw tantrum and spite Could Garlic’s life alter her fate rearrange?

 

 

Review Buku Anak Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih

 


cerita bawang merah dan bawang putih singkat ringkasan cerita bawang merah dan bawang putih gambar bawang merah dan bawang putih film bawang putih bawang merah bawang merah bawang putih berasal dari dongeng sebelum tidur bawang merah dan bawang putih tokoh bawang merah bawang putih
cerita bawang merah dan bawang putih singkat


 

Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih singkat, merupakan dongeng populer yang familiar melayu yang berasal dari Riau. Di mana pada jaman dahulu kala, di sebuah desa terpencil sebuah keluarga hidup dengan bahagia. Walaupun pekerjaan sang ayah, hanyalah seorang pedagang.

 

Karena Tuhan Sebaik-baik Perencana, ibu Bawang Putih sakit parah, lantas meninggal. Tinggalah Bawang Putih sendirian di rumah, setiap kali ayah akan berangkat bekerja ia merasa kesepian.

 

Dalam perjalanan bekerja, ayah Bawang Putih bertemu dengan seorang janda yang baik hati dan ramah. Ayah memutuskan menikahinya, dan janda tersebut memiliki putri bernama Bawang Merah. Ayah berharap hadirnya ibu baru dan saudara baru membuat Bawang Putih merasa bergembira.

 

Benar saja Bawang Putih merasa senang, memiliki keluarga baru yang baik dan penyayang. Tetapi ternyata, kebaikan mereka hanya topeng belaka. Saat ayah pergi berdagang, Bawang Putih diperlakukan dengan semena-mena.

 

Setiap hari Bawang Putih harus melakukan pekerjaan rumah, dari pagi sampai malam agar ia mendapatkan makanan. Bawang Putih tidak pernah mengeluh, ia menyembunyikan semua yang dirasakan agar ayah dapat pergi bekerja dengan tenang.

 

Suatu ketika seperti biasa, Bawang Putih pergi ke sungai untuk mencuci baju. Ia bersenandung dan menari, untuk menghilangkan rasa sedihnya. Saat ia menari tersandung  dan semua baju jatuh ke sungai. Baju ibu tirinya terhanyut, Bawang Putih lalu mencari baju tersebut sampai ketemu. Ia ketakutan bila kena marah ibu tirinya. Namun sampai sore, tidak ketemu juga baju tersebut.

 

Sampai akhirnya Bawang Putih bertemu dengan nenek tua di tepi sungai. Nenek meminta Bawang Putih untuk pulang bersamanya, karena hari sudah petang. Ternyata baju ibu tirinya ada digubuk tua sang nenek, Bawang Putih lantas diminta untuk menginap.

 

Tentunya Bawang Putih sangat senang atas bantuan sang nenek, meski gubuk nenek pengap, kotor, dan lusuh Bawang Putih menginap dengan senang. Ia juga tidak tinggal diam, Bawang Putih membantu membersihkan rumah nenek tua. Keadaan yang kotor berubah menjadi bersih dan rapi. Bawang Putih juga memasak hidangan buat nenek.

 

Nenek sangat senang sekali, baju ibu tirinya pun dikembalikan dan Bawang Putih mendapatkan hadiah dari nenek. Sebuah labu besar, yang kekuning-kuningan. Ketika sampai rumah, labu pemberian nenek pun dibelah ternyata apa isinya? Waw! Emas dan permata, dan barang berharga yang menyilaukan mata. Ibu tiri dan saudara tirinya Bawang Merah merasa iri hati.

 

Bawang Merah lalu punya ide, untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Bawang Putih. Ia sengaja menjatuhkan baju ibunya, dan menyusuri sungai untuk bertemu dengan nenek. Bawang Merah tidak menduga, apa yang diceritakan Bawang Putih benar adanya. Ia bertemu nenek dan dibawa ke rumahnya. Rumah yang pengap dan kotor. Yang dilakukan Bawang Merah ketika diminta untuk menginap, justru berkebalikan dari yang dilakukan oleh Bawang Putih. Ia justru tidur sampai siang, tidak merasa kasihan kepada nenek tua tersebut. Apa yang terjadi setelahnya? Apakah Bawang Merah juga akan mendapatkan labu berisi emas dan permata? Ataukah sebaliknya?

 

Dongeng sebelum tidur Bawang Merah dan Bawang Putih ini, sangat mengesankan. Tidak pernah bosan untuk dibaca, dan didengarkan. Kalau di TV, dulu tokoh bawang merah dan bawang putih, diperankan oleh Nia Ramadhani dan Revalina Sayuthi Temat. Seru kisahnya.

 

Pesan Moral dari Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih

 


cerita bawang merah dan bawang putih singkat ringkasan cerita bawang merah dan bawang putih gambar bawang merah dan bawang putih film bawang putih bawang merah bawang merah bawang putih berasal dari dongeng sebelum tidur bawang merah dan bawang putih tokoh bawang merah bawang putih
ringkasan cerita bawang merah dan bawang putih


 

Gambar Bawang Merah dan Bawang Putih pada cerita di atas, bisa kita ambil pembelajarannya. Apa saja Pesan Moral dari Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih?

 

  • Anak-anak dapat belajar berbakti kepada orang tua
  • Anak-anak dapat belajar nilai sebuah ketulusan, kesabaran, dan pantang menyerah
  • Anak-anak dapat belajar, meski saudaranya jahat ia tidak perlu membalas hal yang sama. Tetaplah berlaku baik, karena suatu saat ia akan mendapatkan balasannya
  • Anak-anak belajar untuk saling menyayangi sesama saudara, dan kepada orangtua
  • Anak-anak belajar siapa yang selalu berbuat baik, pasti akan mendapatkan kebaikan pula tanpa di sangka-sangka

 

Nah, karena sudah tahu alur ceritanya dan banyak pesan moral di dalamnya. Saatnya kamu yang membacanya, Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih cocok untuk direkomendasikan sebagai bacaan anak. Review buku yang lainnya, bisa juga di baca di blog ini ya!

 

Masih ada resensi buku anak Rara Jonggrang, dan juga Pangeran Pancuran sebagai referensi bacaan dongeng nusantara yang lainnya. Salam.

 

 

13 komentar untuk "Resensi Buku Anak Dongeng 3D Nusantara Bawang Merah Bawang Putih"

  1. Setuju banget. Dari cerita bawang merah bawang putih banyak pelajaran yang bisa di ambil ya.

    BalasHapus
  2. Wah ini cerita klasik khas indonesia ya.. inget banget dulu sering banget diceritain mbahku tentang bawang merah dan bawang putih dengan beragam versi hehe

    BalasHapus
  3. Cerita legend banget nih bawang merah bawang putih sampai dibikin berbagai versi, mulai dari buku, komik sampai sinetron. Semuanya bagus karena memang dari cerita ini banyak mengandung pesan moral

    BalasHapus
  4. Wahhh cerita bawang Merah dan Bawang putih dalam bentuk buku 3D? tampilannya tentu menarik dan bisa membuat anak interest untuk membaca buku ini, secara anak-anak umumnya kan ketertarikannya dipicu oleh tampilan buku yang atraktif. Btw, saya masih inget bener versi sinetron Bawang merah-bawang Putih ini, sukses deh Nia Ramadhani memerankan tokoh bawang merah yang bikin bawang putih "teraniaya", hehee

    BalasHapus
  5. Ini cerita favorit banget buat diceritain ke anak2.mulai dari buku ceritanya dibacain sampai bisa hapal sendiri ceritanya
    Memang byk pelajaran yg bisa kita petik dari cerita ini

    BalasHapus
  6. Senang deh kalau cerita rakyat masih terus dilestarikan, apalagi sekarang tampilannya lebih menarik ya, gambarnya sudah 3D. Jadi, lebih menarik buat anak-anak.

    BalasHapus
  7. Eh menarik ini versi 3D jadi ada bagian seperti videonya kah Nyi? belinya di mana atau hanya bisa diakses via online?

    BalasHapus
  8. Menarik banget nih, aku walau udah segede ini masih suka dengerin orang ngedongeng. Masih suka nyetel video para pendongeng buat salah satu aktivitas pembelajaran adikku

    BalasHapus
  9. hihi,.. ilustrasi gambarnya lhoo, menarik banget nih :) cerita ini gak mati ditelan jaman ya, keren deh :)

    BalasHapus
  10. Buku-buku anak dari BIP kini semkin banyak dan menarik untuk dimiliki ya mbak. Apalagi dengan model 3D jadi lebih bisa dinikmati oleh anak.

    BalasHapus
  11. Cerita ini bisa dikatakan sudah familiar ya buat kita. Nah buat generasi selanjutnya jadi asik menyimaknya karena dalam bentuk 3D

    BalasHapus
  12. buku dongeng anak versi 3D bikin anak makin seneng deh baca dongeng, berasa seru aja kalo bisa liat langsung ya, eh ini bentuknya video atau gambar 3D ya kak?

    BalasHapus
  13. Lucu juga yaa gambarnya 3D gini, jangan-jangan gak lama lagi bakal ada versi Augmented Reality nih.

    BalasHapus