Senin, 06 Maret 2017

Botok Bandeng dan Gemblong Gurih Khas Warung Ijo



Bloggerkendal.com - Botok Bandeng khas warung ijo menjadi menu kegemaran saya setiap pagi, maklum anak kost makannya mesti nyari warungan. Botok bandeng bumbu kuning ini, memiliki tekstur lembut dan rasa bumbunya meresap dengna ikan. Sedappppp ... sekali rasanya, rembesan kuah air pada botok bandeng ini buat lauk saja sudah enak lho!

Awal mula mengenal warung ijo ini dari, mas Tri dulu banget yang bilang ke OKy kalau beli makanan warung ijo itu enak. Tapi saya belum sempat buat mampir, eh ... si Ulin teman kantor juga bilang kalau warung ijo enak banget masakannya. Pas kebetulan saya lewat sana, mampir deh dan mencoba menu yang ditawarkan. Ragam sekali masakannya, hampir semuanya ada.


Gemblong Gurih Khas Warung Ijo


Gemblong Gurih Khas Warung Ijo


Menariknya, warung ijo juga menyediakan gemblong gurih. Tetapi buat ngedapetin gemblong ini kita harus pagi-pagi datang, kalau enggak ya kehabisan. Sempat mencoba sekali kenyal enak, gurih, santannya juga mantep. Makanya aku kembali lagi buat beli, seporsi gemblongnya Rp 1500 hmm ... murcenya. Beli satu nggak bakalan ngebuat puas, biasanya saya beli 2 atau 4 hahaha ... #kemaruk

Letak warung ijo berdiri strategis banget, di tikungan jalan arah masjid Agung atau arah ke Pasar gladak. Di depan warung ijo ada booth Cafeos Ice Blend, minuman cokelat lezat yang dijual dan buka hanya sore hari hingga malam.Yang jualan ini anaknya yang punya warung ijo, jadi kalau sudah siang sedikit, warung ijo tutup karena habis.

Cafeos Ice Blend
Cafeos Ice Blend

 
Tidak hanya bandeng sih yang saya coba, ayam gorengnya endes juga. Lauk kegemaran saya di sini, ialah acar mentimun yang seger banget. Karena saya tidak suka ramesan, biasanya beli nasi acar sama lauknya dipisah. Suka aja menyertakan mentimun dalam makanan, karena selain neyegerin juga bisa menetralisir makanan bakar-bakaran gitu.



Harga botok atau pepes bandeng secara global pesanan saya, karena dengan nasi biasanya jatuh di Rp 10-11 ribu. Udah murah, lezat dan dapetnya banyak. Biasanya aku jarang habis soalnya porsinya banyak, makanya aku lebih sering bilang buat nyedikitin nasinya. Ohya, mendoan di sini juga enak banget, gurih dan rasa bumbunya pas. Kalau aku lagi malas makan, ya mendoan ini jadi alternatifku. Makan 3-4 potong aja udah bikin kenyang, soalnya aku ini susah kalau disuruh makan hehehe ... makanya berat aku jatuh di 40 kg hihihi...


Buat kamu yang bingung cari sarapan pagi di Kaliwungu, silakan mampir ke warung ijo yang ada di pojok perempatan Sawah Jati ya. Nggak bohong rasanya jos gandos, tapi kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri.Nggak harus ikan bandeng juga sih, bisa diganti dengan dengan ikan tawes, lele, mujair dan lain-lain sesuai kesukaanmu.



Salam

10 komentar:

  1. gemblonge enakkk, gurih yo, nduk. botoke nek ning kene dimaem nganggo sego panas2

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihhh enak haahhaha makane dolan rene to beb
      sego panas mbe botok josss beb hahhaha ujan2 neh

      Hapus
  2. botok yg pernah dicoba cuma botok tahu dan teri:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Kania main ke Kendal sini tak cobain botok bandengnya hehhehe

      Hapus
  3. Serius, baca ini pas kelaparan itu sangat menyiksa, apalagi nggak ada alternatif untuk mendapatkannya. Saya baru dengar loh, gemblong, botok bandeng dan pesanan total semuanya hanya 10 ribu? Ya Tuhan, salah apa diriku terdampar di antah berantah, nggak bisa dapat makanan murah meriah seperti itu. ;(. #nasib manusia yang tak bisa pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi sama botok bandeng 10 rb, kalau gemblong 1500 kak hahahha

      Hapus
  4. Ini uenak banget. AKu juga suka Ni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. botok dan gemblong emang makanan Jawa yang lezat yo mba Wahyu :-D

      Hapus
  5. Mbaa, aku asli Kendal lho, kalau pas mudik suka cari kuliner yang belum pernah icip.
    Warung jati itu ke arah mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warung ijo iku prapatan Sawah Jati ke arah gladak itu mba Nef.
      Salam kenal yo mba, sekarang tinggal di mana?

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^