Minggu, 14 Agustus 2016

Gethuk Lindri Pertigaan Pandean-Sawahjati



Bloggerkendal.com – Seperti biasa kalau pagi sebelum berangkat kerja, saya harus membeli sarapan. Kenapa nggak sarapan di rumah?  Kan saya anak kost hehehe ... Jadilah rutinitas pagi mencari sarapan saya lakukan. Pagi ini saya membeli sarapan nasi goreng, karena nasi klubannya habis. Eh di sebelah ibu-ibu yang jualan nasi, ada penjual gethuk lindri. Wah ... sudah lama saya tidak makan, jajanan beginian. Akhirnya saya membeli Rp 5 ribu saja,hemat saya karena sudah membeli nasi goreng tadi. 

Gethuk Lindri berasal dari Jawa Tengah dan Jawa timur, bahan dasarnya adalah ketela pohon (singkong). Rasa gethuk lindri yang mangkal di pertigaan Pandean-Sawah jati ini enak, teman sekantor saya sampai ketagihan dan bilang enak juga. 

Cara membuatnya pun cukup mudah:





·         Kita cukup membeli singkong dipasar, kupas singkong dan potong kemudian dicuci.
·         Tahap mencuci selesai, kita rebus singkongnya agar empuk dan matang.
·         Singkong yang sudah dingin kita haluskan, campur gula dan garam biar terasa. Uleni.
·         Singkong yang asli berwarna putih, sementara jika ingin dibagi atau ditambahkan pewarnaan agar menarik, kita pisahkan menjadi beberapa adonanya.
·         Kalau ada cetakan kita bisa menggunakannya, kalau tidak  langsung bisa disajikan.
·         Dan terakhir sebagai taburan, singkong yang sudah menjadi gethuk lindri ditambahkan dengan parutan kelapa.
Jika kita malas membuatnya, tidak usah susah-susah karena gerobak gethuk lindri banyak dijumpai di beberapa tempat ramai. Seperti di pertigaan antara Pandean dan Sawah Jati, Kaliwungu ini. Gethuk lindri enak dijadikan cemilan ketika bersantai atau pun sedang mengejar deadline kerjaan.



Pewarna pada makanan sebenarnya diperbolehkan atau dilarang sih?

Warna adalah salah satu hal yang bisa merangsang indera penglihatan kita, dan pewarna pada makanan bisa menjadikan daya tarik visual pada panganan. Saya mengutip blog alodokter, bahwa pewarna makanan ada dua jenis. Alami dan sintetis (kimia).

Perwarna alami berasal dari tumbuhan, mineral, hewan dan sumber lain yang alami. Pada peraturan Menteri kesehatan Republik Indonesia No. 033 tahun 201 soal Bahan Tambahan Pangan, yang dibolehkan dalam pewarnaan alami ialah; riboflavin, kurkumin, ektrak cochineal, klorofil, karbon tanaman, beta karoten, karamel, merah bit, antosianin, ekstrak anato, karotenoid dan titanim dioksida.

Pewarnaan sintesis yang dibolehkan dan harus membatasi dalam menggunakannya, ialah; indigotin, biru berlian FCN, kning FCF, karmoisin, tartrazin, onseau, eritrosin, hijau FCF, cokelat HT dan merah allura.

Lantas pewarna apa ang berbahaya dan tidak boleh digunakan pada makanan? Ialah Rhodamin B dan metanil yellow.

Rhodamin B,  memiliki bentuk kristal, warnanya hijau/ungu kemerahan serta tidak memiliki bau. Kala dicampur dengan panganan rhodamin berubah jadi merah terang. Rhodamin B ini digunakan pada tekstil, kain, kosmetik, kertas, sabun dan pembersih mulut. Jika diaplikasikan pada makanan, akan terasa pahit. Rhodamin B sering digunakan sebagai bahan pembuat sirup, kembang gula, cabe merah giling, kembang gula dan lain-lain. Parahnya bisa menyebabkan hari dan ginjal mengalami kerusakan hati (kanker hati).

Metanil Yellow, bentuknya serbuk, warnanya kuning mencolok dan terlihat berpendar warnanya tidak merata. Biasanya dijumpai pada pembuatan, mie, tahu, gorengan dan panganan yang memiliki warna kuning lainnya. Konsumsi yang berlebih dapat menyebabkan diare, sakit perut, demam, hipotensi, mual dan lemah. Jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker kandungkemih.

 Jadi kita harus berhati-hati dalam membeli makanan dan minuman berwarna. Sebaiknya kita memastikan dengan melihat BPOM-nya aman dan terdaftar tidak.


8 komentar:

  1. Gethuk itu bahan dasar nya ubi ya ? dan uniknya dari gethuk lindri tuh warna nya yang menarik dan lebih fress dari gethuk yang biasanya berwarna coklat karena gula merah saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. singkong mas, yang putih iku.
      Kalo Ubi, manis. Beda :D
      Iya jane, tapi kita lebih suka rainbow :D

      Hapus
  2. aku suka banget sama getuk mba, Dulu waktu masih ngontrak deket sama pasar dan tiap hari beli. sekarang jarang2 nemuin, kalo bikin suka ga pas rasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha, tangan kita bukan tangan sedep mba :D yang bisa masakan :D

      Hapus
  3. gethuk asale soko telhoo
    mata ngantuk iku tombone opo..
    *lalu nyanyi

    BalasHapus
  4. mantep banget go batir kopi esuk2...

    BalasHapus
  5. Informasi yang sangat penting yang bisa memberi titik terang bagi sumber referensi












    vimax asli kayu stigi

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ^_^