Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Influencer dan Manfaat Live Streaming


Mengenal Apa Itu Influencer dan Manfaat Live Streaming  - Selamat siang! Siapa yang memiliki profesi menjadi influencer? Selamat, kamu keren sekali hehehe ... karena sudah memanfaatkan perkembangan teknologi yang serba digital ini.


Mengenal Apa Itu Influencer dan Manfaat Live Streaming
Mengenal Apa Itu Influencer dan Manfaat Live Streaming 


 

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi ada banyak profesi berkembang, khususnya di dunia digital. Jujur kalau kita tidak mau belajar mengenal dunia digital, kita akan menjadi yang tertinggal. Apalagi pemilik sebuah bisnis atau usaha, kalau tidak segera melakukan pemasaran di dunia online, akan banyak ketinggalan.

 

Kita flashback sejenak, kalau dulu pemasaran hanya bisa dilakukan melalui televisi, radio, dan baner yang disebar ke berbagai kota pun di tempel pada tiang-tiang. Sekarang jauh lebih fleksible, kita bisa langsung menghubungi seroang influencer untuk memasarkan produk yang kita miliki.

 

Influencer Adalah

 

Bahasa sederhananya, influencer adalah orang yang bisa memengaruhi orang lain. Lihat saja deh salah satu idola kita, kalau dia pake sebuah produk kita juga ingin ikutan pakai juga. Hal tersebut sudah bisa dikatakan bahwa idolamu dikenal, sebagai influencer.

 

Namun kita sendiri juga bisa disebut dengan influencer lho? Audiencenya atau kepada siapa kita memengaruhi? Ya kepada anggota keluarga di rumah. Misalnya kemarin saya makan bakso di sebuah warung yang baru jualan, saya bilang kepada keluarga bahwa warung bakso yang baru buka tersebut, enak lho! Karena saya sudah mencicipinya langsung, otomatis orang yang kamu bagi informasinya penasaran dong ya? Artinya kamu sudah menjadi influencer, namun dalam skala kecil.

 

Namun influencer terkenal atau influencer marketing, dalam dunia digital yang banyak dicari oleh perusahaan atau klien adalah influencer yang memiliki banyak followers. Karena mereka bisa membantu meningkatkan engagement sebuah produk/jasa.

 

Dilansir dari Hariyanti dan Wirapraja (2018:141), influencer adalah seseorang atau figur dalam media sosial yang memiliki jumlah pengikut yang banyak atau signifikan. Hal yang mereka sampaikan dapat memengaruhi perilaku dari pengikutnya. Sederhananya, influencer memiliki pengaruh bagi pengikutnya untuk melakukan sesuatu. Itu sebabnya, dalam memperkuat pemasaran dan promosi menggunakan media digital, menggunakan jasa seorang influencer adalah salah satu strateginya.

 

Berbeda lagi dari laman Marketing Hub, bahwa influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan orang lain karena dia memiliki otoritas, pengetahuan, posisi, atau karena hubungannya dengan publik atau audiens. Biasanya, influencer adalah seseorang yang berprofesi sebagai blogger, YouTuber, selebritas, atau seorang public figure yang memiliki jumlah pengikut puluhan ribu hingga jutaan di media sosial dan dianggap penting di lingkungan komunitas tertentu.

 

Jenis-jenis Influencer Dilihat dari Jumlah Followers


Jenis-jenis Influencer Dilihat dari Jumlah Followers
Jenis-jenis Influencer Dilihat dari Jumlah Followers


 

Influencer dikategorikan menjadi beberapa jenis, dan hal tersebut dikelompokkan dari jumlah followers yang dimiliki oleh influencer sendiri.

 

Misalnya nih akun instagram saya baru memiliki 11.000 followers, berarti instagram saya bisa termasuk sebutan influencer 'Micro'. Lantas bagaimana jika di atasnya? Yuk baca detailnya di bawah ini.

 

  • Nano influencer memiliki jumlah pengikut di bawah dari 10.000 followers
  • Micro influencer memiliki jumlah pengikut di atas 10.000 followers ampai dengan 100.00
  • Macro influencer nfluencer memiliki jumlah pengikut lebih dari 100.000 followers
  • Mega influencer pengikutnya lebih dari 1 juta

 

Tetapi jika followersnya sudah lebih dari dua juta followers, bisa dikatakan akun tersebut hitungan selebritas atau premium influencer. Sebut saja selebritas Instagram atau selebritas TikTok, tidak harus mereka yang sudah masuk televisi tetapi mereka yang sudah terkenal melalu platform media sosial. Hal tersebut diungkapkan oleh Oddie Randa Chief Operations Officer Gushcloud Marketing Group.

 

 

Live Streaming Adalah

 

Live Streaming Adalah
Live Streaming Adalah



Sebelum artis segetol sekarang melakukan live streaming, lebih dulu para influencer dan pemilik usaha berlomba-lomba melakukan live streaming. Selain untuk berinteraksi dengan followers, mereka juga memasarkan produknya secara live.

 

Kadang kan orang beli melalui foto atau video kurang puas, nah dengan adanya live yang dilakukan oleh para penjual kepercayaan pembeli semakin besar. Inilah salah satu manfaat mengapa melakukan live streaming itu penting. Ya, meski awalnya malu-malu ya? Sebenarnya melakukan live streaming tidak beda jauh dengan kita ngevlog, kita on video hanya melihat kamera.

 

Lantas sebenarnya apa sih maksud dari live streaming? Adalah strategi promosi online, yang menghubungkan brand dengan audiens agar lebih dekat, dan makin mudah mendapatkan audiens tertarget.

 

Dilansir dari Research and Markets, pertumbuhan live streaming meningkat pesat, terutama pada siaran langsung khusus live streaming gaming dan e-Sports. Peningkatannya sudah mencapai $30 miliar sejak tahun 2016. Sementara untuk live streaming secara global berdasarkan data Statista, mengalami peningkatan $95,88 miliar pada tahun 2023. Huwo! Betapa banyak orang yang sudah melek teknologi ya kan? Kenapa tidak kita manfaatkan coba?

 

Jasa live streaming sekarang juga sudah banyak, tinggal kita serahkan saja kepada ahlinya karena pasti mereka akan memberikan layanan live stream terbaik. Salah satunya KOL.ID dan mengapa harus memilih mereka?

 

  • Live commerce KOL.ID akan membantu mendongkrak peningkatan brand awarness
  • KOL.ID akan memberikan layanan live commerce shopping terbaik
  • KOL.ID memberikan layanan berkualitas tinggi dengan hasil yag signifikan dan budget realistis, dan lain sebagainya.

 

Ada berbagai banyak cara untuk meningkatkan pendapatan ya kan? Asal tahu caranya dan menyerahkan kepada ahlinya. Semangat!

 

6 komentar untuk "Mengenal Apa Itu Influencer dan Manfaat Live Streaming"

  1. Aku baru mau belajar jadi influencer
    Mau tahu cara ngomong saat Live Streaming
    Soalnya selama ini bisanya cuma nulis

    BalasHapus
  2. Enaknya ya mengatur strategi marketing digital saat ini!

    Untuk beberapa media sosial - sudah ada jasa buatin konten - untuk setahun pula, terjadwal dan sudah dikasih adsense

    Untuk panduan reels - video - tulisan - caption dan lain-lain gunakan AI

    dan sekarang, sudah ada jasa live streaming! Huhaaah... tinggal si selebnya aja yang harus pintar menyikapi!

    BalasHapus
  3. Wow, memang deh zaman sekarang live streaming mengelora di mana-mana. Terutama saat covid lalu tuh, jual tanama semua temanya hehehe. Untuk influencer memang deh followers kudu buanyak ya. Efektif jika marketing melalui jasa mereka. Yang selebgram fee nya wow banget deh.

    BalasHapus
  4. Ponakanku awal-awal lulus kuliah kemarin rutin siaran live stream untuk sebuah produk kecantikan. Aku belum pernah nonton dia siaran sii.. soalnya selalu live pagi. Tapi seneng yaah, kini ada lapangan pekerjaan seperti ini yang sesuai dengan passionnya anak gen Z.

    BalasHapus
  5. Menggunakan jasa influencer dan live streaming bisa menjadi strategi marketing yang bagus untuk pemilik bisnis di era digital ini ya

    BalasHapus
  6. aku kok gimanaaa gitu disebut influencer, hahah...
    suka buat konten aja, perkara influencing or not dikembalikan ke pemirsa
    btw, sekarang arahnya udah ke live streaming yah. Ga PD aku tu kudu live streaming gini mau ngomong apa. Any idea?

    BalasHapus