Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Farmasi dan Prospek Lulusan Farmasi


Mengenal Apa Itu Farmasi dan Prospek Lulusan Farmasi - Seringkali disekitar kita mendengar istilah farmasi, walaupun belum banyak yang tahu pengenrtian sebenarnya. Farmasi ini dikenal erat kaitannya dengan obat-obatan, yang kalau dunia pendidikan farmasi adalah perkuliahan dengan jurusan yang memelajari tentang obat. Jadi pengertian farmasi seberarnya apa sih?


Mengenal Apa Itu Farmasi dan Prospek Lulusan Farmasi
Mengenal Apa Itu Farmasi dan Prospek Lulusan Farmasi


 

Farmasi Adalah

 

KBBI mengungkapkan farmasi secara harfiah berarti: cara dan teknologi pembuatan serta cara penyimpanan, penyediaan dan penyaluran obat.

 

Sementara istilah 'kefarmasian', menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mengangrtikan sebagai segala sesuatu yang punya hubungan dengan farmasi.

 

Namun dilansir dari laman Sekolah Farmasi CUHK, farmasi adalah profesi keseahtan yang menghubungkan ilmu kesehatan dengan ilmu kimia, dan bertanggung jawab memastikan penggunaan obat yang aman untuk masyarakat.

 

Berbeda lagi dari laman Farmasi Unpad, bahwa ruang lingkup dari praktik farmasi bisa meliputi praktik farmasi tradisional, yang mana berhubungan dengan peracikan dan penyediaan sediaan obat. Tidak hanya itu, meliputi pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan kepada pasien, seperti layanan klinik, keamanan penggunaan obat, penyediaan informasi obat dan evaluasi ekfikasi.

 
Pelajaran Farmasi Meliputi Apa Saja?

 

Teman-teman buat kamu yang punya ketertarikan dan minat pada bidang kuliah jurusan farmasi, beberapa diantaranya yang akan kamu pelajari adalah meliputi berikut ini:

 

  • Farmasetika dasar
  • Farmasi Fisika
  • Kimia Organik
  • Biokimia
  • Kimia Analitik
  • Kimia SIntesis
  • Anatomi Fisiologi Manusia
  • Analisis Fisikokimia
  • Imunologi
  • Mikrobilogi Farmasi
  • Farmasi Forensik
  • Farmakologi Dasar dan Toksikologi
  • Bioteknologi Farmasi

 

Bagaimana dengan prospek lulusan Farmasi ke depannya?

 

Jaman sekarang tidak perlu lagi galau teman-teman yang sudah lulus dari jurusan farmasi, karena jurusan farmasi ini sangat dibutuhkan di mana-mana. Biasanya untuk lulusan jenjang farmasi D3, bisa menjadi asisten apoteker.

 

Untuk yang lulusan farmasi jenjang S1 dan mengambil sekolah profesi bisa menjadi apoteker. Yang mana lulusan D3 maupun S1sebenarnya bisa menjadi apoteker di apotek atau intalasi farmasi di rumah sakit. Kerennya lagi jurusan farmasi, bisa menjadi peneliti pengembangan obat yang ada di Indonesia.

 

Kalau laman Prakerja bilang sih jurusan farmasi ini, bisa menjadi peneliti pada BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan, serta di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Untuk cakupan lebih luas lagi siapa saja yang merasa lulus dari jurusan farmasi bisa bergabung ke perusahaan obat, kosmetik, atau makanan menjadi tim quality management.

 

Profesi lain  untuk yang lulus dari jurusan farmasi, bisa menjadi seorang medical representative atau detailer yang mana profesi ini punya peranan penting memasarkan obat-obatan ethical (obat yang hanya bisa dibeli oleh resep seorang dokter).

 

Bergabunglah dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

 

Bergabunglah dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia
Bergabunglah dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia


Ahli Farmasi Indonesia atau yang disebut PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) berdiri sejak Proklamasi kemerdekaan Negara di 17 Agustus 1945. Ahli Farmasi Indonesia adalah orang-orang yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan negara, dan mereka juga punya tugas mulia yakni mempertinggi taraf kesejahteraan umum, terkhusus pada bidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

 

PAFI tersebar di berbagai daerah, salah satunya adalah pafi Pematang Siantar, buat yang ingin bergabung bisa langsung mengunjungi laman https://pafipematangsiantar.org/. Bisa langsung registrasi dan login menjadi anggota, bagi siapapun yang merasa lulus dari kependidikan dengan jurusan farmasi. Yang mana salah satu tujuannya adalah mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.

 

Sejujurnya siapa yang memiliki keahlian dan belajar tentang farmasi ini sungguh luar biasa, karena dengan bantuannya semua orang bisa hidup sehat dan memiliki harapan lagi.

 

 

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Farmasi dan Prospek Lulusan Farmasi"