Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar


5 Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar - MasyaAllah ya, sebentar lagi puasa Ramadan tinggal hitungan hari. Cara puasa yang baik untuk kesehatan sudah hapal belum? Hehehe ... jangan cuma niat aja yang dihapalkan ya? Puasa yang sehat juga membutuhkan pendukung.


Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar
Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar


 

Manfaat puasa Ramadan seperti yang sudah kita tahu betul, sangat memberikan kita ladang pahala yang luas. Apalagi yang berkaitan untuk tubuh, justru sangat bagus. Membersihkan isi dalam perut ya kan, yang selama ini kita isi melulu.

 

Di bulan Ramadan untuk seluruh umat muslim di dunia harus menahan lapar dan dahaga, dan lebih dari 12 jam kita harus melakukannya. Maka kalau tubuh tidak terhidrasi dengan baik bisa-bisa kita batal puasa. Makanya siapkan diri dan kebutuhan vitamin tercukupi ya? Biar ibadah Ramadan bisa maksimal. Eman-eman kalau kata orang Jawa bilang, wong bulan Ramdan datangnya sebulan doang selama satu tahun.

 

Yuk ah, baca 5 Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar puasa kita tetap berjalan lancar dan tubuh juga senantiasa bugar.

 
5 Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tubuh Sehat

 

Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar
Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar

1. Menjalankan pola makan sahur yang benar

 

Yes! Kesempatan untuk makan ketika menjalankan puasa Ramadan adalah ketika 'sahur' jadi jangan sepelekan segera bangun pada jam sahur.

 

Maka ketika sahur konsumsilah makanan yang memilik serat tinggi, contohnya adalah buah dan sayur. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung banyak minyak. Mengapa? Karena bisa menyumbat pembuluh darah yang nantinya menyebabkan kantuk di siang hari.

 

2. Menjaga pola makan saat berbuka puasa

 

Tidak hanya makan sahur yang perlu diperhatikan ya teman-teman, tetapi pola makan malam juga yakni ketika kita berbuka pausa.

 

Biasanya kita mengalami yang namanya lapar mata, ya kan? Nah, jangan sampai kita kalap ketika berbuka puasa ya? Mengisi perut denga penuh sesak. Dianjurkan untuk makan bertahap dan memperbanyak konsumsi air putih serta sedikit makanan manis. Seperti yang sudah dianjurkan sunnah Nabi, berbuka dengan kurma lebih dahulu dan air putih alangkah jauh lebih baik.

 

3. Menjaga pola makan malam

 

Mentang-mentang lagi puasa lantas kita memperbanyak makan ketika malam hari, agar besok stamina kuat. Bukan begitu ya, hehehe malah obesitas iya. Oleh sebab itu penting ya menjaga makan dengna bertahap. Oh iya, hindari minum soda dan kopi ya? Karena bikin susah tidur dan bikin kita nimbun lemak. Nanti kalau susah tidur pas sahur jadi malah nggak bisa bangun. Sayangkan jadinya malah nggak sahur.

 
4. Menjaga pola tidur dengan baik

 

Karena dipukul 3, kita sudah harus bangun untuk melakukan makan sahur. Sebaiknya tidur lebih awal ya? Untuk menghindari kita kehilangan waktu sahur.

 

5. Melakukan aktivitas fisik, minimal setengah jam

 

Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar
Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar

Puasa nih, lemes. Hehehe ... meskipun kita sedang puasa nggak boleh leha-leha juga ya. Aktivitas fisik seperti olahraga ringan juga perlu dilakukan. Mengapa? Agar tubuh tetap bugar dan sehat. Jadi puasa makin lancar full sebulan.

 

 

 

Sumber pendukung artikel

 
https://upk.kemkes.go.id/new/5-tips-sehat-selama-bulan-ramadhan

Posting Komentar untuk "5 Kiat-Kiat Puasa Ramadan agar Tetap Bugar"