Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Limbah B3 dan Contohnya


Jenis-jenis Limbah B3 dan Contohnya - Yuk kita kenali apa itu sampah B3, adalah sampah dari bahan beracun dan berbahaya. Sampah B3 ini bisa mengancam lingkungan dan kesehatan manusia.


jenis-jenis limbah b3 dan contohnya
jenis-jenis limbah b3 dan contohnya


 

Secara tidak langsung dan tidak langsung limbah B3 ini akan mengancam kelangsungan mahkluk hidup, pun dari segi kesehatan dan sebagainya. Yang harus diketahui adalah, tidak hanya datang dari kegiatan industri namun juga dari kegiatan rumah tangga.

 

Contoh sampah B3 di rumah apa saja? Pemutih pakaian, detergen pakaian, pembersih kamar mandi, pembersih lantai, pembasmi serangga, pengharum ruangan, batu baterai dan lain sebagainya. Padahal itu sangat kita butuhkan ya?

 

Untuk karakteristik sampah B3 ini bisa kita kenali dengan cara; bisa mudah meledak, mudah terbakar, beracun, menyebabkan iritasi, bersifat korosif, berbahaya dalam fase padat, gas, ataupun cair dan lain sebagainya.

 

Mari Kita Kenali Jenis-jenis Limba B3

 

Limbah B3 bersumber tidak spesifik

 

Dilansir dari DLH Kabupaten Buleleng, limbah ini bukan berasal dari proses utama tetapi dari kegiatan seperti pemeliharaan alat, inhibitor korosi, pelarutan kerak, pencucian, pengemasan dan lain sebagainya

 

Limbah B3 bersumber spesifik

 

Limbah ini bisa berasal dari proses yang dijalankan oleh industi pada kegiatan utamanya

 

Limbah B3 dari sumber lain

 

Limbah ini bisa berasal dari sumber yang tidak terduga, apa saja? Produk yang kadaluarsa, sisa dari kemasan, tumpahan dan juga buangan produk yang tidak memenuhi spesifikasi

 

 

3 Contoh Limbah B3 dan Alasannya


apa itu sampah b3
apa itu sampah b3

1. Batu baterai

 

Batu baterai merupakan contoh sampah B3 di rumah, yang biasanya fungsinya digunakan untuk mengisi daya jam dinding, mengisi daya mainan anak, dan lain sebagainya. Nah baterai yang sudah tidak terpakai ini termasuk sampah B3 yang dihasilkan dari sampah rumah tangga.

 

Alasan mengapa baterai bekas berbahaya? Karena mengandung merkuri, timbal, nikel, lithium, dan akdmium.

 

2. Wadah bekas skincare dan cairan pembersih

 

Sudah menjadi rahasia umum jika kosmetik juga mengandung bahan kimia berbahaya, oleh sebab itu banyak pengusaha kecantikan mulai memanfaatkan bahan-bahan alami. Masalahnya banyak juga oknum yang tidak bertanggung jawab, mereka membeli dan mengambil wadah bekas skincare dijual ulang dan melakukan produksi ilegal. Makanya kita harus berhati-hati.

 

3. Obat kadaluwarsa

 

Memiliki anak bayi atau anak balita sering kali sering wara-wiri puskesmas atau dokter karena daya tubuh mereka belum stabil. Nah jika kita sering mendapatkan obat ini jika sudah kadaluarsa, segera dibuang. Karena bila sudah melewati masa kadaluarsa, berbahaya jika terkonsumsi secara tidak sengaja. Bisa membahayakan.

 

 Kesimpulan

 

contoh sampah b3 di rumah
contoh sampah b3 di rumah



Apa itu sampah B3? Adalah sampah yang dari bahan beracun dan berbahaya. Dan ternyata jenis limbah B3 dan contohnya ini tidak hanya dari hasil industri, melainkan juga bisa terdapat dari rumah.

 

Contoh sampah B3 di rumah apa saja? Pemutih pakaian, detergen pakaian, pembersih kamar mandi, pembersih lantai, pembasmi serangga, pengharum ruangan, batu baterai dan lain sebagainya.

 

Yang perlu kita waspadai adalah, jika bahan tersebut sudah habis dan cara pembuangannya harus dilakukan dengan hati-hati. 


Sumber pendukung artikel


https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pengertian-limbah-b3-bahan-berbahaya-beracun-41#:~:text=Beberapa%20contoh%20limbah%20B3%20yang,hair%20spray%2C%20dan%20batu%20baterai.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Limbah B3 dan Contohnya"