Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengurangi Sampah Plastik


3 Cara Mengurangi Sampah Plastik - Cara mengatasi sampah plastik ini menjadi PR semua masyarakat Indonesia. Mengapa? Karena sampah plasti adalah jenis sampah yang paling susah diurai, bertahun-tahun. Ada peneliatan yang mengatakan pertama kali sampah plastik tercipta di tahun 1959, sampai 2015 masih mencemari lingkungan. Nah lho!

 

3 cara mengurangi sampah plastik
3 cara mengurangi sampah plastik



Indonesia bahkan dinobatkan sebagai salah satu negara penghasil sampah terbesar, di dunia! Apalagi tingkat daur ulang sampah plastik di Indonesia ini rendah, ketimbang negara lain. Apabila dibiarkan terus-menerus, sampah plastik akan mencemari lingkungan.

 

Jadilah air yang kita gunakan untuk minum, untuk mandi, untuk mencuci baju, dan lain sebagainya bisa tercemar. Kita tidak lagi memiliki air bersih, sebagai pemenuhan kebersihan sehari-hari.

 

Salah satu solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan mengurangi pengunaannya. Bagaimana cara mengurangi sampah plastik ini, semoga beberapa cara di bawah ini bisa membantu.

 

 

3 cara mengatasi sampah di lingkungan masyarakat

 

 

1. Membawa tas belanja sendiri

 

Sudah tahu kan bahwa supermarket sekarang tidak memberikan plastik gratis? Di daerah saya harus membeli tas yang lebih ramah lingkungan, kita harus merogoh kocek Rp5000,- sementara untuk menambah harga plastik dibebankan harga Rp300,-. Itu bagi orang-orang yang belanja tidak membawa tas belanja sendiri.

 

Saya mendukung itu sih, cara yang brilian untuk mengurangi sampah plastik. Akhirnya banyak orang yang tergerak membawa tas belanja sendiri, alih-alih daripada membayar.

 

2. Membawa botol minuman dan bekal makanan sendiri

 

Saya sudah mulai menerapkan membawa botol minuman dan bekal makanan sendiri ketika bepergian. Jadi nggak bingung cari minum ketika haus, karena udah bawa minuman sendiri. Pun kalau mau beli di warung tinggal minta untuk menaruh di botol aja daripada plastik.

 

Dengan begini kita bisa mengurangi penggunaan  botol plastik kemasan, atau plastik tempat minuman/makanan. Kita harus mulai menjaga bumi ya teman-teman, karena tahu sendiri isu iklim sudah sangat membahayakan.

 

3. Melakukan daur ulang sampah


cara mengatasi sampah di lingkungan masyarakat
cara mengatasi sampah di lingkungan masyarakat


 

Bagaimana kita tahu bahwa plastik sampah bisa didaur ulang? Caranya perhatikan bagian bawah kemasan, jika ada tulisan 1 (PET) berarti bisa dilakukan daur ulang oleh perusahaan. Nah cari disekitar rumah, yang menyediakan daur ulang. Memang sih sedikit ribet, tapi kalau untuk menjaga bumi agar tetap bisa seimbang kenapa tidak?

 

Yuk lakukan gerakan '3 Cara Mengurangi Sampah Plastik', ini serempak untuk menjaga bumi yang kita tinggali.

 

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengurangi Sampah Plastik"