Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Pemanasan Global

 

4 Cara Mengatasi Pemanasan Global - Proses terjadinya pemanasan global memiliki ciri naiknya suhu atmosfer, baik laut maupun daratan. Pemanasan global (global warming) merupakan bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya efek rumah kaca, efek umpan balik (penguapan air), dan lain sebagainya.


 

proses terjadinya pemanasan global contoh pemanasan global materi pemanasan global cara mengatasi pemanasan
 Proses terjadinya pemanasan global

 

Dampaknya yang terjadi akibat pemanasan global ini sangat banyak. Beberapa diantaranya adlah iklim bumi jadi tidak stabil, meningkatnya permukaan air laut, gangguan ekologi, suhu global cenderung meningkat, dampak sosial serta politik, dan lain sebagainya.

 

Perubahan ekstrim juga terjadi di Indonesia, di daerah saya sendiri sungguh panasnya nggak tanggung-tanggung. Setiap hari panas, anak jadi nggak bisa tidur saking panasnya timbulah keringet buntet. Harusnya yang musim hujan tiba, juga terjadi kekeringan di mana-mana.

 

Di belahan bumi lain dampak pemanasan blogbal ini gletser abadi di kutub utara dan gunung es Kilimanjaro dan Jaya Wijaya mencair. Apa yang harus kita lakukan agar global warming ini berhenti? Meskipun dengan langkah kecil, yuk lakukan 5 cara di bawah ini.

 

 

Cara Mengatasi Pemanasan Global, Ini Dia

 

 

1. Matikan perangkat elektronik saat tidak digunakan

 

Langkah kecil cara mengatasi pemanasan global bisa dimulai dari rumah, seperti matikan lampu, kipas, komputer, TV, mesin cuci, AC, dan lain sebagainya ketika tidak digunakan.

 

Pilihan lain yang bisa kita gunakan adalah menggunakan lampu LED, di mana lampu LED ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi energi. Nggak perlu beli yang mahal, pilih dengan harga terjangkau.


proses terjadinya pemanasan global contoh pemanasan global materi pemanasan global cara mengatasi pemanasan
contoh pemanasan global


 

Menjadi perthatian adalah fitur standby (mode siaga), sebagiknya jangan dipakai lebih baik dengan mematikannya karena mode ini mengonsumsi sampai 40% dari energinya.

 

2. Hemat air

 

Mencuci tangan di air yang mengalir memang lebih disarankan, tetapi pilihan untuk mencuci piring bisa menyiasati dengan menggunakan air yang ditaruh diember daripada kran terus-terusan menyala. Mengapa? Karena hemat air seperti ini turut mencegah global warming yang terjadi.

 

Demikian dengan mandi, dengan bak atau bath tub menjadi pilihan bijak ketimbang dengan menggunakan shower, karena air yang terbuang dalam 1 menit itu bisa sampai 10 liter lho!

 

Di rumah saya juga menerapkan bilasan cucian pakaian untuk menyiram tanaman, daripada harus menggunakan air bersih.

 

 

3. Menanam pohon

 

Biasakan mulai menanam pohon, bisa pohon apa sajalah ya. Karena dengan menanam pohon ini, baik di halaman rumah atau di manapun bisa mengurangi terjadinya banjir. Yang mana banjir merupakan salah satu dampak dari global warming.

 

Dalam buku Global Warming : Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan menerangkan sekecil apapun halamanmu, dengan menanam pohon kita turut serta menetralisir CO2 di udara.

 

 

4. Gunakan transportasi umum dan sepeda

 

proses terjadinya pemanasan global contoh pemanasan global materi pemanasan global
cara mengatasi pemanasan global



Tahukah kamu, kalau kita berusaha keras membatasi penggunaan mobil atau sepeda motor milik kita, kita turut menekan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer? Maka usahakanlah menggunakan transportasi pribadi, dan pilih angkutan umum. Jika jarak dekat lebih baik berjalan kaki, daripada harus naik kendaraan. Berjalan kaki juga membuat kita sehat lho.

 

Nah untuk perjalanan jarak jauh, pilih aja kereta, saya sering menggunakan kereta dan transportasi umum untuk melakukan perjalan jauh. Semoga langkah ini bisa menekan global warming yang terjadi.

 

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Pemanasan Global"