Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi : Si Kelingking


Review Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking - Selamat pagi, sudah membaca buku apa hari ini? Saya rekomendasikan buku Seri Cerita Rakyat Nusantara, dari kota  Jambi berjudul Si Kelingking. 


Review Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking
Review Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking



Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking ditulis oleh Kak Dian Kristiani, dengan tebal 36 halaman. 


Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking ini sudah rilis sejak 14 Agustus 2023, dan diterbitkan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer. 


Saya membaca buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking, melalui kanal digital yang saya unduh di ponsel yakni Gramedia Digital. Jadi formatnya PDF ya, bukan buku fisik. Tetapi kalau ingin membaca melalui buku fisik, juga bisa dibeli di Gramedia kok. 


Selain ceritanya seru, gambarnya juga nyaman dilihat. Karena buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking di ilustratori oleh kak Alvin Adhi.  Kelebihan buku ini juga bilingual, jadi anak dan orang tua sama-sama bisa belajar bahasa Indonesia maupun Inggris. 


Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking mengisahkan, si Kelingking yang meski kecil tubuhnya tetapi memiliki otak yang cerdas. Sebelum membeli bukunya, kepoin yuk ulasannya di sini. 



Detail Buku Anak Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi : Si Kelingking

 


  • Judul : Si Kelingking
  • Bahas : Indonesia dan English
  • Negara : Indonesia
  • Penulis : Dian K
  • Ilustrator : Alvin Adhi
  • Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
  • Jumlah Halaman : 36  Halaman
  • Rilis : 14 Agustus 2023
  • Format : PDF
  • Harga Buku : Rp49.000

 


Deskripsi Buku Anak Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi : Si Kelingking



Jangan remehkan si Kelingking. Meski tubuhnya sebesar kelingking, dia orang yang sangat cerdik. Ketika tak ada seorang pun berani melawan Nenek Gergasi, si Kelingking malah berhasil mengusirnya. Karena kecerdikannya itu, putri raja mau menikah dengannya. Namun, mengapa tiap malam si Kelingking menghilang dari istana? Apa yang dia lakukan?


Review Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking
Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi Si Kelingking



Resensi Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi : Si Kelingking


Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara mengisahkan cerita dari salah satu provinsi di Indonesia, adalah Jambi.. Mengisahkan seroang pemuda bernama Kelingking. Mengapa bisa dipanggil seperti itu? Karena tubuhnya yang sebesar jari kelingking. 


Tubuh yang kecil tidak membuat Kelingking menjadi penakut, justru sebaliknya ia pemuda yang pemberani, tampan, dan tidak pernah malu dengan keadaannya yang kecil. 


Kelingking sangat disayang sekali oleh orangtuanya, karena bertahun-tahun menanti mereka baru dikaruniai seorang anak. 


Ditempa tinggal Kelingking ada ketakutan yang dihadapi oleh seluruh rakyat, yakni kedatangan Nenek Gergasi sang raksasa,  yang akan memakan semua penduduk. Pihak istana mengumumkan agar penduduk mengungsi, keluarga Kelingking juga ikut pergi untuk mencari persembunyian. Tetapi tidak dengan Kelingking, dia tetap tinggal. 


BUM ... BUM ... BUM! (halaman 9)

Terdengar suara langkah kaki Nenek Gergasi!


"Kenapa sepi sekali? Kemana semua manusia? Aku lapat!"


Kelingking melihat dari jendela rumahnya. Apa yang ia lakukan, justru bilang bahwa ia memakan semua penduduk. Apa yang terjadi? Nyali Nenek Gergasi jadi menciut. Ia berlari ketakutan dan tidak pernah kembali lagi ke Jambi. Kelingking lantas mengabari semua orang agar tidak lagi bersembunyi. 


Raja memuji dan berterima kasih kepada Kelingking, karena sudah menyelamatkan penduduk. Sebagai balasan akan keberanian Kelingking ia diangkat menjadi panglima perang dan pindah ke istana bersama orangtuanya. 


Tetapi masalah tidak berhenti di sana, keinginan Kelingking untuk menikah semakin bulat dan siapa yang ia ingin lamar? Adalah putri Raja. 


Ketika mereka datang untuk mealmar, justru ditolak Raja dan malah diusir mereka. Namun, sang putri justru menerima walau Kelingking sangat kecil. Kasak-kusuk warga terus membicarakan kelingking, tetapi putri tidak melihat dari fisik. 


Setelah mereka menikah dan memiliki kerajaan sendiri, keanehan terjadi. Kelingking setiap malam pergi dan putri menjadi curiga. Diam-diam Putri mengikuti Kelingking, dan apa yang terjadi? Sungguh di luar dugaan. Baca selengkapnya di buku ini ya!



Posting Komentar untuk "Review Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Jambi : Si Kelingking"