Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Doanya


Cara Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Doanya - Ada yang hapal di luar kepala niat mandi wajib setelah haid? Saya! Kok bisa? Iya kadang-kadang kalau dilafalin keras tuh bikin lupa, tapi kalau malah dilafalin dalam hati lancar banget. Ada yang gini nggak sih?


cara mandi wajib setelah haid beserta doanya niat mandi wajib setelah haid tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut islam
Cara Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Doanya


 

Tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut islam, perlu dipahami oleh umat Muslim di dunia, terkhusus untuk muslimah. Soalnya kan haid atau menstruasi setiap bulan dialami oleh perempuan.

 

Di saat perempuan sedang haid inilah, tidak dibolehkan salat lima waktu, apalagi puasa Ramadan. Jika dilanggar justru mendapatkan dosa.

 

Nah, bagaimana cara mandi wajib setelah haid beserta doanya? Ada lengkap caranya di bawah ini. Terlebih haid ini dialami setiap bulan, jadi wajib dilakukan dengan cara yang benar.

 

 

Niat Mandi Wajib Setelah Haid, Ini Dia

 

 

Semua berawal dari niat, jadi penting sekali mengawali mandi dengan niat. Buat anak remaja yang baru mendapatkan haid, pasti masih butuh contekan buat ngapalin ya kan? Tapi kalau udah dewasa apalagi jadi ibu pastinya udah di luar kepala. Ini dia niat bacannya.

 

"Nawaitu ghusla liraf'il hadastsil akbari minal haidil fardal lillahi ta'ala".

 

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haid, fardu karena Allah Ta'ala.

 

 

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Yang Benar Menurut Islam

 

cara mandi wajib setelah haid beserta doanya niat mandi wajib setelah haid tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut islam
Tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut islam


 

Kalau niat mandi wajib setelah haid sudah tertera di atas, kini tata cara bagaiman mandi wajib setelah haid dilakukan menurut Islam.

 

 

1. Membaca niat mandi wajib

2. Membasuh kedua telapak tangan kita sebanyak tiga kali

3. Membersihkan kemaluan, bagian tubuh lain yang memiliki lubang, puasar, sela-sela kaki dan ketiak dengan tangan kiri

4. Mencuci kedua telapat tangan lagi

5. Berwudhu seperti ketika mau melaksanakan salat lima waktu

6. Mengguyur kepala 3x guyuran

7. Menyiram seluruh tubuh dan menyeluruh. Dimulai dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki. Barulah mandi seperti biasanya.

 

 

Doa Mandi Wajib Setelah Haid

 

 

Tata cara mandi wajib setelah haid yang benar menurut islam sudah dilakukan, terakhir adalah membaca doa mandi wajib setelah haid yang dianjurkan.

 

"Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan Abudhu Wa Rasuluhu, Allahumma jalni minattawwabina, waj alni minal mutathahirrina".

 

Artinya : Aku bersaksi bahwa tiada Tuah selain Allah Yang Esa. Tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamda-Nya dan utusan-Nya.

Posting Komentar untuk "Cara Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Doanya"