Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Khas Kendal Kepala Manyung dan Belut di Jl. Tentara Pelajar


Kuliner Khas Kendal Kepala Manyung dan Belut yang Mantap di sini - Kalau ditanya salah satu kuliner khas Kendal yang enak, saya akan merekomendasikan Kepala Manyung.


kuliner khas kendal resto kendal rumah makan di weleri kendal
Ndas manyung, keliatannya kecil padahal gede banget


Kepala ikan Manyung atau Ndas Manyung, khas dengan cita rasanya yang pedas, gurih, dan nikmat. Jika disandingkan dengan kepulan nasi hangat, sungguh mantapnya. Duh ... jadi ngiler, sudah lama tidak menikmatinya.

 

Awalnya saya sekadar lewat jalan tembus, yang dikenal dengan Jl. Tentara Pelajar. Setiap kali lewat sana ada baner dengan ukuran yang sedang, tertulis 'Special Mangut Ndas Manyung & Belut'.

 

Di keluarga saya sudah tidak asing dengan lauk mangut, karena ibu sering membuatnya. Nah kalau ada ndas manyungnya, saya biasanya rebutan dengan kakak dan ibu membaginya dengan adil. Karena sudah lama tidak makan mangut dan ndas manyung menjadi kesukaan keluarga saya, saya mampir untuk membeli sekaligus melihat resto Kendal yang menyajikan kuliner khas Kendal ini.

 

 
Warung Makan Kepala Manyung Kendal

 

 

kuliner khas kendal resto kendal rumah makan di weleri kendal
Special Mangut Ndas Manyung & Belut

Kalau di Semarang ada warung makan Kepala Manyung Bu Fat, di Kendal ada warung makan Kepala Manyung ini, maaf saya kok ya nggak nanya nama ibunya karena memang sekadar ingin membeli awalnya nggak niat ngereview. Di spanduk pun tidak tertulis nama ibu siapa gitu yang jual, biasanya kan ada?

 

"Bu kepala manyungnya ada?" ucap saya bertanya memastikan kebenaran spanduk yang dipasang.

 

"Ada Mbak, mau yang kecil apa yang besar?" balas ibu penjual dengan ramah. Ditawari begitu tentu saja saya galau, gede apa kecil ya. Akhirnya saya minta yang sedang.

 

Pas dikeluarin di taruh di plastik, langsung nyadar wah lumayan tapi kalau untuk orang serumah ya nggak cukup. Saya minta nambah 1 lagi. Kemudian saya ditawari untuk masuk ke dapurnya memilih sendiri, karena kebetulan ukuran sedang tersebut sisa satu.

 

Pas masuk ke dapurnya yang saya akui kebersihannya sangat dijaga sekali, saya melihat kepala manyung dengan ukuran besar-besar tenggelam timbul dalam kuah bersantan yang bikin ngiler banget.

 

"Kalau yang ini harganya 50 ribu, yang ini 55 ribu," kata si ibu. Saya takjub dengan harga dan kebesaran kepala manyung itu. Akhirnya saya pilih yang 50 ribu, lantas dikasih korting ibu 5 ribu. Waa ... rejeki ye kan?

 

Sayangnya juga nih saya nggak motret, dan sesampainya di rumah pas saya nikmati hmmm ... enak! Nggak rugi dan pengen balik lagi, cuman ya belum sempat. Dan ini dia penampakannya, maaf keliatan tangannya. Makan mangun ndas manyung memang nikmat jika pake tangan, karena kita harus menelusuri sela-sela kepala manyung yang penuh dengan daging, dan remah-remah lezat hehehe ... jadi ngiler deh!

 

So, buat teman-teman yang kepengen nyari kepala manyung terdekat di Kendal, ini bisa jadi rekomendasi. InsyaAllah nggak kecewa, serius! Enak soalnya. Untuk alamatnya sendiri saya hanya bisa kasih ancer-ancer, pas nyari di map Google nggak nemu.


kuliner khas kendal resto kendal rumah makan di weleri kendal
Special Mangut Ndas Manyung & Belut

Jadi ancer-ancer untuk mampir, selain clue yang difoto spanduknya adalah Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kendal. Kurang lebih kalau nggak depannya ya sampingnya, dekat dengan cucian motor. Di tengah-tengah situ, nggak besar kok warungnya dan di situ juga ada beberapa warung makan yang lain juga. Tepatnya di Jl. Tentara Pelajar, Tunggulrejo, Kecamatan Kendal.

 

Selamat mencoba kuliner khas Kendal Ndas Kepala Manyung. Salam.

Posting Komentar untuk "Kuliner Khas Kendal Kepala Manyung dan Belut di Jl. Tentara Pelajar"