Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aman Bagi Kulit Bayi, Ini Dia Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit


Aman Bagi Kulit Bayi, Ini Dia Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit - Kulit bayi yang masih sangat sensitif dan rentan menjadikannya mudah mengalami iritasi, salah satunya adalah ruam popok. Itulah sebabnya di rumah Mama sebaiknya selalu menyediakan krim atau salep ruam yang mengandung bahan alami seperti vitamin B5 atau yang disebut sebagai dekspanthenol. Menariknya, ternyata vitamin B5 bukan hanya digunakan dalam produk perawatan kulit bayi saja. Kandungan ini juga umum ditemukan di berbagai produk skincare anak-anak hingga dewasa karena dikenal memiliki sejumlah kelebihan.


manfaat vitamin b5 untuk wajah sumber vitamin b5 vitamin b5 untuk kulit
Aman Bagi Kulit Bayi, Ini Dia Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit



Secara ilmiah, manfaat vitamin B5 untuk kulit memang beragam. Dan karena merupakan bagian dari keluarga vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh, artinya penggunaan kandungan tersebut aman bagi kulit bahkan untuk kulit bayi yang begitu lembut. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan vitamin B5 yang membuatnya menjadi komposisi wajib dalam produk perawatan kulit buah hati.


Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit



manfaat vitamin b5 untuk wajah sumber vitamin b5 vitamin b5 untuk kulit
Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit


Meredakan kemerahan dan peradangan


Kemerahan dan peradangan atau inflamasi pada kulit menjadi gejala utama yang muncul saat mengalami iritasi kulit, termasuk ruam popok. Meskipun bukan gejala yang berbahaya namun kemerahan dan inflamasi tersebut dapat mengarah pada infeksi lebih lanjut jika dibiarkan dalam waktu lama. Vitamin B5 dengan kandungan anti inflamasi-nya memiliki kemampuan untuk menenangkan iritasi tersebut sehingga kemerahan dan rasa perih yang timbul berangsur mereda. [1]


Mempercepat penyembuhan luka


Iritasi kulit tidak jarang dibarengi dengan luka lecet, apalagi jika sudah lama terjadi. Luka ini tentunya terasa nyeri dan juga perih sehingga mengganggu kenyamanan terutama pada buah hati yang terkena ruam popok. Selain memberikan efek anti peradangan, vitamin B5 juga bekerja dengan merangsang produksi kolagen sehingga luka cepat menutup dan kulit yang mengalami iritasi kemerahan dapat kembali mulus, halus dan kenyal. [1,2]


Menjaga kelembaban kulit


Kulit yang lembab menjadi kunci penyembuhan iritasi kulit yang ditandai dengan area kulit memerah, kering hingga mengelupas. Vitamin B5 bersifat humectant yakni menyerap lebih banyak air dalam sel kulit kemudian menguncinya sehingga kulit terhidrasi dengan lebih baik. Saat kulit berada dalam kondisi lembab, kekeringan dan pengelupasan kulit akibat iritasi dapat dicegah. Apalagi vitamin ini juga membantu memperkuat skin barrier –lapisan kulit terluar dan paling kuat yang berfungsi melindungi lapisan kulit dari iritasi—yang menjadikan kulit lebih tahan terhadap gesekan dan perubahan lingkungan. [1,2,3]


manfaat vitamin b5 untuk wajah sumber vitamin b5 vitamin b5 untuk kulit
vitamin b5 untuk kulit



Kaya Antioksidan


Bukan hanya orang dewasa saja yang rentan terkena efek buruk lingkungan, anak-anak bahkan bayi juga memiliki kemungkinan yang sama. Itulah sebabnya penting untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin B5 yang memiliki efek antioksidan yang merangsang produksi glutathione. Komponen tersebut berfungsi menangkal radikal bebas yang membuat kulit kusam dan mudah iritasi. [1]


Menjaga keremajaan kulit


Kulit bayi yang masih kaya akan kolagen dan berbagai komponen penting lainnya terasa begitu lembut dan kenyal saat disentuh. Orang dewasapun bisa memiliki baby skin seperti itu dengan bantuan vitamin B5 yang merangsang pembentukan fibroblas di lapisan tengah kulit sebagai titik mula penuaan. Ditambah dengan kemampuannya memaksimalkan produksi kolagen, glikan dan elastin, sel-sel kulit akan senantiasa segar, terhidrasi dan sehat. Pesona kulit lembut bercahaya pun dapat terpancar tanpa pandang usia [1].


Semua manfaat vitamin B5 untuk kulit tersebut dapat dirasakan terutama oleh si Kecil dengan rutin mengaplikasikan Bepanthen yang mengandung emollient dan pro vitamin B5. Gunakanlah setiap habis mengganti popok supaya kulit lembutnya senantiasa terjaga dan terhindar dari ruam kemerahan yang menyakitkan. Aamiin.


Semoga artikelnya bermanfaat. Salam.


Website pendukung artikel

  1. Dr. Vindhya L Veerula, Benefit of Vitamin B5 for Your Skin, Stylecrazy, 1 Maret 2022. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-vitamin-b5-for-your-skin/

  2. Hana Ibraheem, Vitamin B5 in Skincare, Stylist. DIakses pada 21 April 2022 dari https://www.stylist.co.uk/beauty/skincare/vitamin-b5-pantothenic-acid-skincare-benefits/458180 

  3. Dendy Engleman, Pantothenic Acid for Skin, Byrdie, 17 Oktober 2021. DIakses pada 21 April 2022 dari  https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218 


14 komentar untuk "Aman Bagi Kulit Bayi, Ini Dia Manfaat Vitamin B5 untuk Kulit"

  1. Dennise Sihombing10 Juni 2022 13.02

    Ternyata oh ternyata banyak sekali ya manfaat yang didapatkan dari vitamin B5 untuk kulit bayi. Untuk ibu muda yang punya bayi wajib sediakan nih ya kak

    BalasHapus
  2. Masalah kulit anak jangan disepelekan. Pengalaman saya gara gara abai gitu eh anak jadi memiliki luka dan sembuh lama. Saat itu emang belum ada Bepanthen sih. Nah pengalaman tidak mengenakan ini semoga gak dialami yg lain. Nyetok Bepanthen itu lebih baik pokoknya

    BalasHapus
  3. Kalau untuk urusan kulit aku lebih sering dengar vitamin E. Ternyata Vitamin B5 atau disebut dekspanthenol pun tak kalah penting dan penuh manfaat ya. Untuk krim bayi, anak2 dan orang dewasa tentu ada kandungan vitamin B5-nya. Bisa menghidari ruam popok juga ternyata ya. TFS mbak.

    BalasHapus
  4. Bayi kulitnya masih sangat lembut dan sensitif ya, dan ternyata butuh vitamin B5 agar kulitnya terawat dan tidak iritasi,apalagi di area kulit yang menggunakan popok. Para bunda nggak perlu bingung krn ada Bepanthen yang dapat dioleskan ke kulit bayi. Siip.

    BalasHapus
  5. kayanya saya butuh Bepanthen juga nih, karena selama ini menggunakan baby oil untuk kulit yang sensitif
    Ternyata ada yang lebih tepat, yaitu Bepanthen yang mengandung B5

    BalasHapus
  6. Banyak banget ya ternyata manfaat vitamin B5 ini untuk kulit, saya baru ngeh juga nih.
    Aman pula buat si kecil.
    Saya pernah tau nih Bepanthen, bagus banget ya mencegah ruam popok

    BalasHapus
  7. Sebagus itu ya manfaat vitamin B5 bagi kulit. Btw, Bepanthen ini bisa untuk orang dewasa juga kan ya?

    BalasHapus
  8. Dari dulu yang saya tahu cuma merk bepanthen untuk menghilangkan ruam popok pada bayi. Dulu saya juga pakai merk itu juga, Mbak. Kalau sekarang masih pake, tapi kalau ada luka gores dipakainya. 2 hari sembuh pakai bepanthen

    BalasHapus
  9. Wah iya ini, ruam popok jadi PR untuk para mama muda macam saya begini. Pas awal-awal dulu suka panik kalau anak kena ruam popok sekaligus sedih karena pasti nggak nyaman dan perih.

    BalasHapus
  10. Baik sekali membaca artikel vitamin B5 dan manfaanya, diperlukan bagi kesehatan dan perlu memperhatikan penggunaannya.

    BalasHapus
  11. Makanya ya. Beberapa skincare yang kukenal juga menyertakan vitamin B5 dalam kandungannya. Ternyata emang manfaatnya bagus untuk kulit kita.

    BalasHapus
  12. Secara alami sebenarnya kulit bayi sudah lembap kok... Cuman beberpa yang sensitif memang butuh skin care khusus. Vit B5 ini salah satunya...

    BalasHapus
  13. Gak nyangka juga vitamin B5 sebanyak itu manfaat baiknya, selama ini cuma liat ingredient di produk skincare terutama buat bayi. Thanks informasi lengkapnya

    BalasHapus
  14. Vitamin B5 ini banyak ya mnafaatnya untuk kulit dan bisa di oles lagi ya ..apalagi kulit bayi kan masih lembut jadinya aman ya kak

    BalasHapus