Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skill yang Dibutuhkan dalam Bisnis dan Cara Mengasahnya

Masa pandemi menjadi momen dalam masuknya ekonomi digital. Hal ini terjadi hampir seluruh belahan bumi ini. Mandemi melumpuhkan kegiatan berbisnis secara konvensional. Orang-orang menghindari kegiatan yang memerlukan kontak langsung untuk menguangi terjadinya penyaran virun covid 19. Maka tidak sedikit yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan dengan belajar bisnis online.


D:\Documents\Downloads\tips bisis.png

 

Mahir bisnis bukan bakat, namun bisa diasah dengan belajar dari orang yang tepat serta dengan usaha keras. Insya Allah tujuan dalam berbisnis bisa tercapai. Mengasah skill bisnis sangat diperlukan. Dan beberapa hal ini bisa kita tingkatkan untuk memberikan dampak positif pada bisnis yang sedang kita jalani.

 

Keterampilan bisnis yang perlu kita kembangkan diantaranya meliputi keterampilan manajemen tim, kepemimpinan serta komunikasi. Keterampilan bisnis tidak selalu harus dimiliki semuanya, Ada kalanya kita memerlukan orang yang memiliki keterampilan bisnis yang tidak kita miliki. Namun dengan mengetahuinya, kita bisa memahami apa yang diperlukan.

 

Keterampilan bisnis meliputi :


Keterampilan manajemen waktu

Kemampuan analisis

Keterampilan  membangun tim

Keterampilan memecahkan masalah

Keterampilan negosiasi

Keterampilan penjualan dan pemasaran

Keterampilan manajemen keuangan

 

Keterampilan tersebut akan dibutuhkan pada bidang pekerjaan masing-masing. Maka kita perlu mengmebangkan kemampuan mana yang bisa kita tingkatkan. yang cocok dengan bisnis atau pekerjaan yang kita jalankan.

 

Seberapa Penting Skill Bisnis itu?

 

Skill bisnis menjadi dasar untuk kita bisa menjalankan bisnis dan mengelolanya hingga sukses. Keterampilan ini memberikan anda kemampuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan karyawan anda.

 

Dari segi karyawan, keterampilan bisnis bisa memberikan anda kelebihan dan membantu anda maju dalam karir Anda saat ini. Dengan skill bisnis yang anda miliki, banyak manfaat yang bisa didapatkan.

 

Pengelolaan bisnis yang baik bisa memberikan hasil yang berkualitas pada produksi serta membuat standar pelayanan menjadi lebih baik. Jika skill manajemen keuangan mungkin bisa diaplikasikan kepada pengelolaan keuangan hingga perencanaan yang matang dalam kebijakan keuangan.

 

Manfaat Memiliki Skill Bisnis


D:\Documents\Downloads\manfaat skill bisnis.png

 

Tim dan Manajemen

 

Memiliki tim tanpa manajemen tentu tidak sehat untuk bisnis anda. Pengelolaan tim sebaiknya tepat dan bisa efisien. dengan mengetahui cara mengelola tim yang tepat, tentunya kinerja karyawan bisa menjadi lebih baik.

 

Semakin baik mengelola tim, maka akan semakin harmonis dalam bekerja maupun dalam mencapai tujuan bisnis.

 

Komunikasi

 

Komunikasi penting sekali dalam mengelola bisnis. Bahkan dalam pemasaran, komunikasi diperlukan untuk bisa menarik hati calon pelanggan adan mau dengan produk yang perusahaan tawarkan. 

 

Pemilik bisnis maupun pengelola bisnis harus mampu berkomunikasi dengan baik terhadap karyawan sehingga tujuan utama perusahaan bisa diterapkan dalam kinerja karyawan.

 

Delegasi

 

Dalam bisnis tentu ada kalanya pengelola bisnis harus bisa mendistribusikan secara efektif baik kepada karyawan maupun kepada tim. Pendelegasian yang efektif berarti tercapainya keseimbangan antara kebebasan dan tanggung jawab. Dengan pendelegasinan yang baik, kebebasan yang dilakukan oleh karyawan tetap pada koridornya tanpa lepas dari tanggung jawab yang telah diberikan.

 

Kepemimpinan

 

Skill kepemimpinan perlu dimiliki dalam berbisnis. Keterampilan ini menjadi kunci dalam mengelola bisnis. Pemimpin perlu memahami cara menawarkan tugas kepada karyawan. Hal ini diperlukan ketika Anda ingin memberikan visi dan misi serta tujuan yang ingin dicapai Anda dalam berbisnis. brainstorming perlu dilakukan untuk menyelaraskan pemikiran mengenai tujuan perusahaan

 

Manajemen Keuangan

 

Jika anda memiliki bisnis sekaligus menangani pengelolaan keuangan, Skill dalam manajemen keuangan sangat penting. Karena selain harus menjadi pemimpin, Anda harus bisa mengatur keuangan baik dalam produksi maupun pengelolaan kebutuhan belanja perusahaan secara efektif.

 

Belajar Bisnis Online

 

Dengan banyak hal yang perlu dimiliki dan di kembangan untuk bisnis. Anda perlu meningkatkan kemampuan untuk mendukung pekerjaan anda saat ini. Di masa pandemi ini anda bisa belajar dari banyak hal. Belajar bisnis online bisa menjadi pilihan terbaik saat ini. 

 

Kursus pembelajaran online atau pengembangan diri ini bisa kamu pelajari dengan lebih mendalam. Penyedia layanan belajar bisnis online biasanya menyediakan banyak pilihan yang bisa Anda ambil untuk meningkatkan skill maupun menambah wawasan tentang pengetahuan baru. Bahkan seperti Artificial Intelligence, Blockchain hingga Algorithm and Programing juga bisa Anda pelajari melalui online. 

 

D:\Documents\Downloads\bisnis.png


Salah satu platform belajar bisnis online yang menyediakan banyak pilihan ini adalah GreatNusa.com Di sana Anda bisa memilih kursus populer atau yang lebih spesifik.

 

Kategori yang ditawarkan untuk pembelajaran antara lain :


Webinar

Bisnis Manajemen

Pengembangan Diri

Teknik

Teknologi dan Software

Ekonomi

Penelitian dan Statistika

Desain dan Seni

 

GreatNusa merupakan portal pembelajaran daring yang menawarkan materi pembelajaran dengan praktis, berkualitas dengan praktisi profesional berpengalaman.  Karena dengan SDM unggul, Indonesia akan menjadi lebih maju. 


Untuk kategori bisnis, GreatNusa memberikan tahapan pembelajaran dari bisnis dasar, bisnis digital, manajemen pemasaran dan penjualan, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasional, kewirausahaan dan manajemen proyek. Jadi Anda bisa meningkatkan skil dari dasar.

 

Meningkatkan skill merupakan upaya untuk menjadi lebih baik. Insya Allah dengan usaha yang tekun dan keputusan yang tepat, bisnis akan menjadi lebih baik. Semoga tulisan ini bermanfaat.


1 komentar untuk "Skill yang Dibutuhkan dalam Bisnis dan Cara Mengasahnya"

  1. Wow! Tulisannya keren banget kk 🤩 bener banget nih. Skill semacam ini kita wajib punya!

    BalasHapus