Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memiliki Rumah Impian

Memiliki rumah impian tentu harapan semua orang, Bahkan tidak sedikit adalah muda-mudi yang belum berumah tangga. Menyiapkan tabungan untuk memiliki rumah impian sejak dini memang  penting. Apalagi dengan harga tanah yang semakin tahun semakin naik. Maka dari itu menabung bisa menjadi langkah awal untuk memiliki rumah impian.

 

5 Tips Memiliki Rumah Impian


Apa sih kriteria rumah impian buat Anda? Saya dulu sering kali mendambakan rumah yang memiliki space khusus untuk perpustakaan dan rumah yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga.

 

Untuk yang sudah berumah tangga, memiliki rumah impian tentu menjadi dambaan. Dan rumah merupakan kebutuhan penting untuk banyak orang. Bahkan kadang jika belum bisa memiliki rumah impian, memilih kontrakan atau kost pun anak dipilih dengan baik agar nyaman saat menempatinya.

 

Beberapa upaya pun sering kali dilakukan untuk bisa memiliki rumah yang layak untuk keluarga. Berikut ini bisa anda coba untuk memilih impian memiliki rumah yang di idam-idamkan.

 

Mengalokasikan Dana Khusus Untuk Memiliki Rumah

 

Menabung adalah cara paling umum untuk anda memiliki rumah impian. Untuk memiliki rumah tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu perencanaan keuangan perlu dilakukan dengan segera. Sortir pengeluaran yang tidak perlu dan alokasikan dana untuk disimpan pada rekening khusus. Tabungan khusus ini bisa membantu anda mencapai impian untuk memiliki rumah impian.

 

Sekarang ini saya pun sedang menghemat pengeluaran untuk mempersiapkan persalinan dengan menyiapkan rekening yang terpisah dari rekening kebutuhan harian , hal ini akan sangat membantu dalam mengelola keuangan.

 

Menyesuaikan Gaya hidup

 

Mengenali gaya hidup diri sendiri itu penting. Pastikan kalau pendapatan lebih besar dari pengeluaran. Kemudian sesuaikan gaya hidup untuk menghemat pengeluaran.

 

5 Tips Memiliki Rumah Impian


Sering kali kita melihat barang diskon pasti bawaannya pengen beli selagi murah, namun apakah itu mendesak dan dibutuhkan? Berpikir panjang sebelum membeli barang-barang diperlukan agar tidak tersesat dalam gaya hidup hedonisme.

 

Berinvestasi

 

Berinvestasi sesuai dengan kemampuan. Tidak apa sedikit-sedikit yang penting kita pelajari dulu aman tidaknya. Investasi yang stabil saat ini adalah emas batangan. Memang naiknya tidak signifikan , namun jika diperhatikan, harga emas selalu naik dan harganya stabil. Investasi emas bisa anda ambil baik jangka panjang maupun jangka pendek.

 

Investasi emas sebaiknya anda cek terlebih dahulu apakan penyedia investasi tersebut bisa dipercaya atau tidak. Sekarang ini banyak penyedia investasi baik online maupun online. Maka dari itu mencari tahu kredibilitasnya adalah langkah awal untuk anda berinvestasi emas.

 

Memilih KPR

 

Memilih KPR bisa anda lakukan dengan seksama. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan mengetahui besaran bunga, syarat pengajuan, biaya kredit bulanan, uang muka, dan berapa lama proses yang dibutuhkan. Yang terpenting lagi anda perlu mengunjungi beberapa bank agar anda tidak salah pilih.

 

Memilih KPR tidak bisa ujug-ujug langsung pilih. Anda perlu memahami kondisi finansial nada saat ini. Pastikan cicilan tidak memberatkan anda. JIka rasio hutang anda melebihi dari 50 persen penghasilan bulanan, tandanya nilai hutang anda tidak sehat. Nilai hutang yang ideal maksimal adalah 35 persen dari penghasilan anda.

 

Yang tidak kalah penting adalah suku bunga KPR. Paham terlebih dahulu agar anda tidak terjebak dengan bunga rendah yang ditawarkan. Partikan dulu bunga KPR nya seperti apa, FIX atau floating. Kalau fix berarti nilai suku bunga di patok tetap pada jangka tertentu sepanjang masa kredit. Kalau floating, maka kemungkinan bunga akan meningkat atau turun sesuai aturan suku bunga acuan Bank Indonesia.

 

Memilih Kawasan Tempat Tinggal

 

Memilih calon tempat tinggal juga menjadi hal penting. dalam berkeluarga tentu kita ingin memberikan fasilitas yang terbaik untuk keluarga. Keterjangkauan fasilitas publik seperti sekolah, pasar, tempat ibadah, fasilitas publik dan fasilitas kesehatan juga perlu diperhatikan.

 

Kawasan perkotaan seperti jabodetabek menjadi tempat favorit karena di sana dekat dengan banyak fasilitas publik. Salah satunya adalah Adhi City Sentul Bogor Jawa barat.

 

5 Tips Memiliki Rumah Impian


Adhi City Sentul menawarkan pengalaman penuh estetika alam di dalam dan di luar rumah. Desain rumah nya pun multifungsional untuk keseharian. Adhi City Sentul juga dekat dengan tempat wisata dan wisata alam. Taman Wisata Alam Gunung Pancar hanya 30 menit. Begitu juga dengan objek wisata Goa Agung Garunggang yang berada di Desa Karang Tengah.

 

Untuk transportasi, hanya 400 meter anda sudah sampai di Stasiun LRT. Dekat pula dengan gerbang tol Sentul , Gerbang tol sentul selatan 1 dan tol jagorawi. Dengan dekatnya fasilitas transportasi publik, tentu akses ke tempat wisata juga makin mudah


Memiliki hunian impian memang menjadi impian semua orang. Maka dari itu mempersiapkan diri sejak dini sangat penting. Rencanakan hunian impian sejak awal. Perencanaan yang baik bisa dengan memangkas pengeluaran yang tidak penting. Semoga yang sedang berusaha memiliki rumah impian bisa segera tercapai.

1 komentar untuk "5 Tips Memiliki Rumah Impian"

  1. Rumah impian ini ibarat cari jodoh ya kalau tepat akan nyaman dan bahagia, tapi kalau salah pilih enggak tenang karena lingkungannya juga bikin serem, pernah mengalami soalnya rumah kontrakan ternyata dekat sarang maling motor.

    BalasHapus