Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Rekomendasi TopKarir

 Saat ini mencari pekerjaan memang susah susah gampang. Hal tersebut dikarenakan perbandingan yang tidak sesuai antara jumlah pelamar kerja dengan lowongan yang dibutuhkan perusahaan.


Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Rekomendasi TopKarir
Design by DCStudio - Freepik


 

Namun, disisi lain di era modern seperti saat ini untuk melamar kerja bisa dikatakan cukup terbantu dengan teknologi sehingga membuat segala prosesnya menjadi lebih mudah.

 

Saat ini segala proses perekrutan dari mulai pendaftaran, tes tertulis, hingga tes wawancara sekalipun bisa dilakukan via daring atau dalam jaringan (online).

 

Tentu saja pemanfaatan teknologi yang lebih maju ini memberikan kemudahan tersendiri bagi para pelamar kerja. Para pelamar kerja di era sekarang bisa lebih mudah dalam mengirimkan berkas lamaran ke perusahaan-perusahaan yang terbilang jauh.

 

Selain lebih efisien dalam hal waktu, pemanfaatan teknologi ini juga tentunya bisa lebih menghemat tenaga. Cukup duduk di rumah, dan mengandalkan jaringan internet, Anda sudah bisa mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan dalam waktu yang bersamaan.

 

Portal Lowongan Kerja Modern

 

Tidak hanya dirasakan oleh para pelamar kerja saja, dengan adanya perkembangan dan pemanfaatan teknologi, membuat perusahaan juga lebih cepat dalam menyeleksi kandidatnya. Maka tidak heran, jika sekarang ini proses secara online lebih diminati.

 

Dalam proses melamar pekerjaan, seorang pelamar kerja tentu membutuhkan dokumen-dokumen penunjang. Dokumen-dokumen ini dibutuhkan di setiap kondisi lowongan pekerjaan, baik itu yang diselenggarakan secara online maupun yang datang langsung ke perusahaan.

Beberapa dokumen penunjang yang biasanya dibutuhkan ketika melamar pekerjaan yakni, CV, foto, sertifikat, surat lamaran, dan dokumen lain sesuai syarat yang telah ditetapkan perusahaan.

 

Salah satu dokumen yang paling umum digunakan dan dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan yakni CV (Curriculum Vitae) atau yang juga berarti daftar riwayat hidup.

 

Apa Itu CV (Curriculum Vitae)

 

CV merupakan dokumen penting yang berisi riwayat atau sejarah penting mengenai akademis dan profesionalitas seseorang. Oleh karena itu, peran CV sangat penting untuk menjadi pertimbangan perusahaan untuk merekrut calon karyawan.

 

Karena termasuk dalam dalam salah satu dokumen penting, CV tidak boleh dibuat dengan asal-asalan. Ada beberapa poin penting yang harus dicantumkan dalam pembuatan CV. Lalu bagaimana caranya dan apa saja poin penting tersebut?

 

Tutorial Membuat CV Ala Atta

 

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkat mengenai cara pembuatan CV yang baik dan benar rekomendasi dari salah satu pelatih di TopKarir:

 

Masukkan Data Pribadi

 

Maksud informasi pribadi disini bukan tentang informasi pribadi seperti status pernikahan maupun jumlah anak dan saudara. Namun, lebih ke informasi pribadi berupa nomor telepon, alamat email, serta alamat tempat tinggal Anda.

 

Masukkan Riwayat Pendidikan

 

Dalam menuliskan riwayat pendidikan, pastikan Anda menulis dengan urutan dari pendidikan yang terbaru hingga pendidikan yang sudah cukup lama, dan ingat, riwayat yang ditulis hanya pendidikan dalam 5 tahun terakhir.

 

Masukkan Pengalaman, Penghargaan dan Pencapaian

 

Jika Anda memiliki pengalaman kerja berupa magang, atau pernah berhasil mencapai sesuatu hingga meraih penghargaan, Anda bisa mencantumkannya di dalam CV Anda.

 

Keterampilan dan Kualifikasi Sesuai

 

Di dalam CV, Anda wajib mencantumkan keterampilan yang sesuai dengan syarat lowongan yang Anda lamar. Sehingga nantinya perusahaan bisa lebih mempertimbangkan untuk merekrut Anda.

 

Nah, itu dia beberapa poin penting yang ada di review videotraining Atta dari TopKarir. Ketika sudah selesai, jangan lupa untuk memeriksanya kembali, untuk menghindari kesalahan atau kekurangan dalam tulisan informasi yang Anda cantumkan.

 

2 komentar untuk "Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Rekomendasi TopKarir"

  1. Zaman dulu masih pakai tulis tangan, melamar pekerjaan hehe... sekarang apakah masih berlaku gak ya?

    BalasHapus
  2. Jadi ingat masa-masa aku melamat kerjaan secara manual dan antri panjang sekali, sekarang semua lebih mudah ya

    BalasHapus