Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Dari Nol di Masa Pandemi

Masa pandemi ini tidak sedikit usaha yang gulung tikar ataupun stag. Dengan perubahan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja maupun jual beli tentu kita juga harus beradaptasi agar bisa bertahan dalam bisnis. Tidak sedikit pula yang memulai bisnis dari nol karena tuntutan ekonomi


Cara Memulai Bisnis Dari Nol di Masa Pandemi


 

Memulai bisnis dari nol tidak selamanya mudah. Kita harus memulai bisnis baru dengan segmen calon konsumen baru.  Nasihat penting yang saya terima untuk memulai bisnis adalah apakah produk yang akan saya ual memiliki market? Memulai bisnis memang tidak boleh asal-asalan, paling tidak kalau kita tau bahwa produk yang akan kita pasarkan ini ada peminatnya maka kita bisa mengambil langkah selanjutnya.

 

Tentukan Pilihan Bisnis

 

Sudah kah kita memiliki produk yang diinginkan pasar? Jika jangkauan kita lokal, maka pastikan produk yang akan kita jual dibutuhkan atau diminati oleh orang sekitar kita. Lebih bagus lagi kalau produk kita dibutuhkan. Menjalankan bisnis tidak hanya menyesuaikan dengan hobi atau kesenangan kita.


Adakalanya hobi yang kita miliki tidak menjanjikan untuk dijadikan bisnis di suatu tempat. Anda bisa melihat di sekeliling dan sekitar, kiranya adakah produk yang bisa anda buat atau jual dan dibutuhkan oleh calon konsumen? Jika pangsa pasar anda global atau daring, menekuni hobi tidak ada salahnya selagi itu bisa menjadi sumber penghasilan. Karena disini yang kita cari adalah pendapatan.

 

Perencanaan

 

Jika sudah menemukan ide bisnis yang cocok. segera matangkan dengan mempersiapkan cara pemasaran produk. Ketahui juga nilai lebih dari produk yang akan Anda pasarkan, sehingga tidak hanya mengikuti maunya pasar. Yang tidak kalah penting, pari suplyer yang bisa anda percaya. Periksa apakah calon produk anda bisa diinovasikan. Inovasi Produk menjadi penting jika sewaktu-waktu pasar sedang lesu. Tentu kita tidak bisa menutup mata karena yang mananya bisnis tentu memiliki tantangan masing-masing.

 

Branding

 

Mengetahui kelebihan dari produk sendiri sangatlah penting. Nilai lebih dari produk anda bisa menjadi daya tarik calon konsumen untuk jatuh cinta pada produk anda. Selain nilai lebih dari sebuah produk, branding juga bisa dilakukan dengan membangun citra baik pada perusahaan. Ada kalanya sebuah produk biasa saja, namun karena citra perusahaan tersebut baik akhirnya produk tersebut laku keras.

 

Untuk sebuah produk baru, branding bisa dimulai dari tempat sekitar. Contoh sederhana, apa sih alasan yang mendorong anda untuk membeli sebuah produk?  Sebagian besar orang membeli produk karena rekomendasi, entah rekomendasi teman atau karena melihat pengalaman orang lain merasa puas dengan produk tersebut. Karenanya nilai lebih satu produk juga menjadi hal penting.

 

Eksekusi dan Evaluasi

 

Cara Memulai Bisnis Dari Nol di Masa Pandemi



bila dirasa persiapan sudah cukup, segera eksekusi bisnis agar tidak hanya berjalan di angan-angan. Dalam tahap produksi, Anda bisa pantau dan koreksi apa-apa saja yang menjadi kekurangan. Pemantuan bisa dilakukan dari awal hinga jalan 3 bulan perjalanan bisnis. Tentunya seama 3 bulan tersebut kita bisa memantau sembari mengoreksi apakah ada yang kurang dalam hal produksi, promosi ataupun pemasarannya.

 

Promosi dan Ekspansi

 

Mengelola bisnis di masa pandemi menjadi hal baru dan berbeda dari pemasaran dengan cara konvensional. Melalui daring kita tidak bertemu dengan calon pelanggan secara langsung melainkan dari pandangan mata. Pelanggan yang mendekat bisa saja hanya coba-coba, namun sebelum itu calon pembeli akan melihat seperti apa cara promosi yang kita lakukan dan bagaimana pendekatannya. Jika mereka tertarik dengan konten yang kita suguhkan, bukan tidak mungkin calon pelanggan akan menjatuhkan pilihannya kepada produk yang kita tawarkan.

 

Cara Memulai Bisnis Dari Nol di Masa Pandemi



Dalam berjualan melalui online, anda bisa memaksimalkan digital marketing seperti berjualan di platform sosial media, marketplace, YouTube, atau Website dengan teknik SEO. Anda bisa memulai dari hal yang dekat dengan anda, misalnya dengan platform sosial media atau marketplace. Jika sudah memiliki alokasi dana untuk promosi, tidak ada salahnya menggunakan jasa digital marketing untuk memaksimalkan bisnis anda.

 

Demikian cara memulai bisnis dari nol. Kita bisa memaksimalkan dari apa yang ada di sekitar kita. Jika dirasa sudah saatnya untuk menggandeng pihak lain untuk promosi bisnis tidak ada salahnya. Yang terpenting tetap pantau dan evaluasi bisnis anda sehingga tau mana yang perlu diperbaiki dan mana yang harus dipertahankan. Jangan sungkan untuk selalu belajar dari manapun dan siapapun.


Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Dari Nol di Masa Pandemi"