Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayur Kecipir dan Manfaat Kecipir untuk Kesehatan


Sayur Kecipir dan Manfaat Kecipir untuk Kesehatan - Ada yang suka dengan sayur kecipir? Awalnya saya tidak suka jenis sayur ini, karena bentuknya yang aneh. Suatu ketika ibuk memasak sayur kecipir ini di buat pecel, karena kecipirnya sudah dicampur dengan sayur yang lain otomatis saya makan dong. Meski aslinya bisa sih dipisahkan, cuma ya mubazir terbuang begitu. Eh ... pas makan, ternyata ya lumayan. Tidak seseram bayangan saya sebelumnya.

 

sayur kecipir manfaat daun kecipir cara memasak kecipir manfaat kecipir lalapan kecipir rebus kecipir
Sayur Kecipir dan Manfaat Kecipir untuk Kesehatan



Sayur kecipir dalam bahasa Inggris disebut dengan winged beans, inilah mengapa saya bilang agak aneh. Karena bentuknya yang panjang, dan seperti memiliki sayap-sayap di seluruh bagian panjangannya. Di dalam sayur kecipir ada isiannya, seperti biji tapi tidak begitu besar dan empuk.

 

Kecipir termasuk sayur dalam jenis polong-polongan, bisa dilah untuk lalapan, direbus, ata dioseng. Rasanya agak manis, renyah ketika digigit.

 

 

Cara Memasak Kecipir Agar Tidak Langu

 

 

Ada orang yang tidak suka dengan sayur kecipir ini karena baunya yang langu, kalau saya sendiri justru tidak masalah dengan bau langu tersebut.

 

Tetapi buat teman-teman yang ingin mencoba mengolah dan penasaran sayur kecipir, untuk menghilangkan bau langu tersebut sangat mudah. Jadi ketika memasak kecipir, teman-teman tambahkan sedikit garam. Untuk tips warna hijaunya tetap cantik masukan sedikit minyak pada air rebusan tersebut. Bila suka tekstur yang lembek rebus agak lamaan, tapi kalau suka tekstur yang renyah cukup rebus sepuluh menit saja.

 

 

Manfaat Daun Kecipir untuk Kesehatan

 

 

Membantu Mencegah Diabetes

Kandungan dalam kecipir seperti vitamin D dan kalsium mamp mencegah timbulnya diabetes dalam tubuh. Bagi penderita diabetes seperti emak mertua saya yang udah parah, disarankan rajin mengonsumsi kecipir karena bisa mengatur kadar gula darah dan sekresi insulin tetap aman.

 

Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas yang setiap saat bisa menyerang siapa saja, bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang kecipir. Ada vitamin A dan C dalam kecipir, yang bisa melindungi kulit dan membran sel terkena kerusakan.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kecipir mengandung vitamin C dan A yang memiliki peran dalam melindungi tubuh. Dengan rajin mengonsumsi kecipir, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menahan tubuh dari serangan penyakit

 

Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Kandungan sintesis serotonin dalam kecipir bisa membantu mengurangi sakit kepala, migrain, dan stres. Kecipir juga termasuk makanan yang kaya triptoofan.

 

Membantu Menurutnkan Berat Badan

Kalori rendah dalam kacang kecipir, bisa membantu menurunkan berat badan seseorang. Untuk yang sedang diet nih bisa banget rajin konsumsi kecipir, soalnya membuat kenyang lebih lama.

 

Mengatasi Sakit Asma

Emak mertua saya penderita asma, dan untungnya pak mertua juga suka mengonsumsi kecipir. Jadilah asma atau sesak napas emak, dapat dicegah dengan baik. Lebih mendingan daripada sebelumnya. Kandungan magnesium yang tinggi dalam kecipir inilah, yang membant menormalkan pernapasan.

 

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Elastisitas kulit seseorang lambat laun bisa memudar namun dengan rajin mengonsumsi kecipir kerusakan dari dalam atau luar bisa diminimalisir. Terutama timbulnya kerutan dan kendur. Kandungan vitamin C dalam kecipir, membuat kulit terlindungi

 

Mengatasi Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi dalam tubuh, bisa diatasi dengan seringnya mengonsumsi kecipir. Jadi jika dirasa kebutuhan nutrisi melemah, konsumsi saja kecipir.

 

Meningaktkan Kesehatan Tulang

Kalsium dalam kecipir bisa bermanfaat untuk tulang, karena memberikan nutrisi yang baik untuk tulang. Osteoporosis di kemudian hari bisa dicegah nih dengan mengonsumsi kecipir pun bisa menjaga kesehatan kuku dan gigi.

 

Membantu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Ada serat yang tinggi dalam kecipir, yang nggak hanya bisa menurunkan berat badan seseorang, tapi juga bisa mengatur pencernaan dengan baik. Dengan rajin mengonsumsi kecipir, sembelit yang biasa mengganggu bisa dicegah

 

Membantu Meningkatkan Energi

Ada kandungan fosfor dalam kecipir yang bisa membantu memberikan energi, misalnya nih seseorang kelelahan, dengan mengonsumsi kecipir energi tersebut bisa pulih.

 

Sayangnya saya lupa memotret tadi kecipir buatan saya yang sudah saya olah disambel, rencana mau dibuat urab tapi di  rumah tidak ada kepala parut. Namun rasanya tetap enak banget, apalagi dengan nasi hangat dan perut yang lapar. Allhamdulillah, bersyukur masih bisa makan dengan lauk pauk yang nikmat. Jadi semoga Sayur Kecipir dan Manfaat Kecipir ini bisa membuatmu rajin makan sayur, ya. InsyaAllah kapan-kapan mau menuliskan cara memasak kecipir. Terima kasih sudah berkunjung, salam.

Posting Komentar untuk "Sayur Kecipir dan Manfaat Kecipir untuk Kesehatan"