Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Startup Studio Kominfo


Mengenal Startup Studio Kominfo - Kabar baik, Kominfo kembali membuka program Startup Studio Indonesia batch yang kedua. Buat kamu yang belum ikutan, segera daftarkan dirimu pada Mei ini sampai dengan Juli 2012 mendatang ya!


 

startup indonesia startup studio kominfo pt startup digital indonesia komunitas startup indonesia program startup indonesia 1000startupdigital



Karena yang terpilih akan mendapatkan inkubasi program selama tiga bulan ke depan, nantinya para pendiri startup yang sudah terpilih ini akan diberikan coaching berkelanjutan selama 12 bulan, oleh Startup Studio Indonesia Alumni Brainstorming. Hal tersebut memiliki tujuan memastikan adanya dukungan penuh, evaluasi menyeluruh, dan monitoring total yang berkelanjutan kepada semua peserta.

 

 

Startup Studio Indonesia Adalah


 

Program startup Indonesia, adalah program yang diadakan Kominfo di tengah persaingan perkembangan ekosistem startup yang pesat. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, memfasilitasi startup digital yang sudah melampaui tahap product-market fit dan memiliki founder yang potensial.

 

Kemkominfo memahami betul, bagaimana para founder harus menaklukan tantangan dari mulai startup sampai mendapatkan sumber daya (talenta digital), serta pengembangan startup nya. Kemkominfo ingin memberikan solusi, yang dibutuhkan dalam mengembangkan startup  yang sedang dibangun tersebut.

 

Startup Studio Kominfo mengemban visi dan misi sebagai berikut:

 

Visi yang ingin dicapai adalah menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya untuk diakses oleh para founder startup dalam berinovasi dalam mendorong transformasi digital Indonesia.

 

Untuk Misinya sendiri Kemkominfo ingin memfasilitasi akselerasi dari starttup berkualitas dengan menyediakan sumber daya dan jejaring untuk mengembangkan skala usahanya.

 

Nah selanjutnya Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia akan fokus pada pemberdayaan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, strategi pengembangan produk untuk mencapai product-market-fit, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill. Luar biasa bukan? Nggak tanggung-tanggung, semuanya dibekali dengan penuh dukungan.

 

 

Coach Startup Studio Indonesia

 

Siapa yang akan memandu para peserta terpilih yang berhasil masuk kebabak selanjutnya? Ini dia coach yang akan mengisi 15 early-stage terpilih :

 

 

  • Grady Laksmono (CoFounder MOKA POS), Melisa Irene (Partner East Ventures),
  • Jonathan Sudharta (Co-founder & CEO Halodoc),
  • John Marco Rasjid (Co-founder & CEO Sociolla),
  • Amanda Cole (Co-founder & CEO Sayurbox).
  • Andrianus Hitijahubessy (Founder at JULO)
  • Arip Tirta (Co-FOunder & President at Evermos)
  • Andrias Fendri (Senior Product Designer at Gojek)
  • Aviandri Rivai (VP Product at Mekari)
  • Benedicto Haryono (Co-Founder at KoinWorks)
  • Chrisanti Indiana (Co-FOunder & CMO at Sociolla)
  • dan masih banyak coach lainnya, yang mumpuni dibidangnya dan startup yang dibangun sudah menuai kesuksesan besar.

 

Sebelumnya batch satu sudah berjalan pada November tahun lalu, ada 668 early-stage startup yang mendaftar dan mengikuti program inkubasinya. Tetapi disaring menjadi 20 startup terpilih saja untuk mengikuti coaching dan mentoring dengan para mentornya.

 

Semuel Abrijani Pangerapan sebgai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengemukakan bahwa kegiatan Startup Studio Indonesia Batch pertama yang sudah diamati ini mempunyai perkembangan dari para early-stage startup binaan, dari pertumbuhan month-to-month traction, dan tawaran investasi yang menggiurkan.

 

Sampai-sampai terjadi sebuah kolaborasi bisnis, baik antar para startup binaan, maupun dengan lembaga pemerintah yang membuka peluang kesempatan sangat lebar.

 

"Harapannya program Startup Studio Indonesia ini dapat menjadi wadah pengembangan kewirausahaan dan talenta digital di industri startup, serta menjadi wadah kolaborasi membangun industri startup nasional yang tangguh,” jelas Semuel dengan gamblang dalam keterangan resmi, Rabu (28/4).

 

Buat kamu yang memang memiliki impian membangun startup impian, bisa banget nih ikutan startup studio kominfo ini agar mendapatkan bekal membangun dan memberdayakan, serta bekerja dengan ekstra keras untuk menuai hasilnya nanti. Karena jika kurangnya wawasan maupun kewirausahaan mustahil mimpi akan terwujud. Langkah Kominfo yang mempunyai tujuannya untuk memajukan ekosistem startup Indonesia, dengan penyediaan fasilitas akses bagi early-stage startup untuk mengembangkan potensi bisnisnya ini patut diacungi jempol dan didukung sepenuhnya.

5 komentar untuk "Mengenal Startup Studio Kominfo"

  1. wah kominfo sekarang mulai melirik start up juga ya :) semoga semakin banyak penggiat start up yang bisa memanfaatkan sarana baru ini ya

    BalasHapus
  2. Wah program dari Kominfo ini bagus dan sangat menarik ya. Semoga program ini berjalan sesuai harapan ya.

    BalasHapus
  3. Nice banget kominfo memberi wadah supaya makin banyak start-up berdiri di Indonesia. Suatu langkah yg patut diapresiasi untuk membantu mengentaskan pengangguran. Semoga makin banyak menciptakan bibit pengusaha muda baru.

    BalasHapus
  4. Baru tau Kominfo juga ada program untuk start up, jadi hal yang baik ditengah pandemi seperti ini untuk tetap optimis ya. Semoga lahir start up baru yang penuh inovasi.

    BalasHapus
  5. Keren juga ya program seperti ini yang membantu start up untuk bisa berkembang lebih baik.

    BalasHapus